Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 9, 2020

Makna Syahadatain Dalam Aqidah Islam

Gambar
Syahadat merupakan rukun islam yang pertama sekaligus mensahkan seoseorang sebagai muslim. Dalam aqidah islam, syahadatain merupakan pondasi dasar yang harus dupuk agar tetap subur dan berdiri kokoh. 
Pengertian SyahadatainSyahadatain adalah persaksian atau ikrar seorang muslim bahwasanya tidak ada tuhan melainkan Allah swt dan Nabi Muhammad saw adalah utusan-Nya. Syahadaitain menandakan seseorang beragama islam yang merupakan kunci seseorang bisa dikatakan muslim.
Pada prinsipnya, syahadatain mudah saja diucapkan oleh seseorang akan tetapi konsekuensi dari ikrar tersebut mengandung konsekuensi yang begitu besar. Seseorang yang sudah mengucapkan kalimat syhadat, berarti mereka bersedia menjalankan peraturan hidup yang telah digariskan oleh islam.

Seseorang yang telah mengucapkan syahadatain akan tetapi masih percaya kepada selain Allah, maka ia disebut musyrik. Sementara mereka yang telah berikrar dengan kalimat syahadat namun masih melaksanakan perbuatan maksyiat sementara ia tahu bahwa…

Kelebihan Berwirausaha Daripada Menjadi Karyawan

Gambar
Berwirausaha adalah pilihan banyak orang pada zaman yang serba modern saat ini. Pola pikir masyarakat mengalami pergeseran dari keinginan mereka menjadi pekerja atau karyawan pada sebuah perusahaan. Hal tersebut tidak terlepas dari presepsi masyarakat akan kelebihan menjadi seorang wirausahawan.

Wirausaha adalah kegiatan untuk mendapatkan pemasukan dengan mengelola barang sendiri dengan system manajemen sendiri. Sebaliknya, menjadi karyawan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh perusaan tempat mereka bekerja. Meskipun demikian, menjadi seorang wirausahawan ataupun karyawan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Kelebihan BerwirausahaPada artikel kali ini, akan dibahas tentang kelebihan berwirausaha daripada menjadi seorang karyawan yang perlu diketahui oleh setiap orang. Adapun kelebihan berwirausaha yang dimaksud, diantaranya:
1. Memiliki Kebebasan WaktuMenjadi seorang wirausahawaan adalah kebahagiaan tersendiri dibandingakan menjadi seorang karyawan pada se…

Syarat-Syarat Guru Profesional

Gambar
Guru adalah sebutan bagi orang mengajar secara formal pada sebuah lembaga pendidikan pada tingkatan usia dini sampai tingkatan menengah. Menjadi seorang guru pada prinsipnya adalah pilihan bagi mereka yang ingin mengabdikan hidupnya pada masyarat. 

Guru adalah sebuah profesi yang tidak semua orang bisa disebut sebagai guru yang menyandang predikat profesional. Tidak sedikit guru yang mengajar pada sebuah lembaga pendidikan meskipun mereka belum layak disebut profesional secara hukum.
Syarat Guru ProfesionalUntuk menjadi guru profesional, mereka harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh undang-undang tentang keguruan. Adapun syarat guru profesional berdasarkan Undang-Undang keguaruan No.14 Tahun 2005, yaitu:
1. Memiliki Kualifikasi AkademikSeorang guru dapat disebut guru profesional jika memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan profesinya sebagai seorang guru. Kualifikasi akademik yang dimaksud terkait dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran …

Program Puasa Sunnah SDIT Ikhtiar Makassar

Gambar
Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar adalah salah satu sekolah di Makassar yang sangat diminati masyarakat di Makassar. Tingginya minat masyarakat untuk mensekolahkan anaknya di SDIT Ikhtiar tidak terlepas dari beberapa program unggulan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Salah satu program unggulan yang terdapat di SDIT Ikhtiar Makassar adalah puasa sunnah sekaligus buka puasa bersama.
Puasa Sunnah SDIT Ikhtiar MakassarPuasa sunnah yang dilakukan oleh seluruh guru dan siswa SDIT Ikhtiar adalah salah satu program kesiswaan yang merupakan bagian dari program sadar ibadah yaitu salah satu QA (Quality Assurance) yang merupakan jaminan mutu SDIT Ikhtiar.

Puasa sunnah yang diprogramkan dua kali sebulan sekaligus buka puasa bersama sekali sebulam bertujuan untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam melaksanakan ibadah-ibdah sunnah khususnya ibadah puasa yang dikemas dalam program sadar puasa. Sementara itu, buka puasa bersama yang diadakan pada  puasa sunnah kedua bertujuan untuk men…

Kompotensi Pemimpin Lembaga Menurut Prof Sadly Abdul Djabbar, MPA

Gambar
Professor Sadly Abdul Djabbar, M.PA, adalah seorang pemimpin yang menjadi inspirasi banyak orang termasuk penulis. Tak sedikit amanah yang dibebankan kepada beliau meskipun usianya tidak lagi muda. Selain sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Ikhtiar Makassar, beliau  menjabat sebagai  Rektor Universitas Fajar Makassar. Hal tersebut tidak terlepas dari integritas moral yang beliau miliki.

Pemimpin dalam sebuah organisasi atau lembaga merupakan posisi yang diinginkan banyak orang dalam sebuah organisasi. Keberhasilan sebuah lembaga atau oragnisasi bergantung pada kemampuan pemimpin dalam menggerakkan jalannya organisasi atau lembaga tersebut.
Kompotensi Pemimpin Lembaga Pada kegiatan Rapat kerja Yayasan Ikhtiar yang dilaksanakan pada tangal 09 Februari yang bertempat di Aula Hotel Ramayana Makassar, Prof Sadly  selaku ketua dewan Pembina Yayasan Ikhtiar Makassar memaparkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin pada sebuah lembaga atau organisasi. Adapun kompetensi pemimpin y…

Sejarah Penerapan Demokrasi di Indonesia

Gambar
A. Sejarah Pelaksanaan Demokrasi di IndonesiaBerikut akan diuraikan Sejarah Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia yang terbagi menjadi beberapa periode yaitu: a. Pelaksanaan demokrasi di Indonesia  pada masa revolusi (1945-1950)Pada tahun 1945-1950 Belanda berencana kembali Indonesia. Secara otomatis bangsa Indonesia melakukan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaanya yang telah diproklamirkan. Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan demokrasi Indonesia pada saat itu belum berjalan baik. Revolusi fisik merupakan alasan utama sehingga hal itu belum bisa diterapkan meskipun terdapat keinginan kuat dari para pemimpin bangsa yang berlandaskan konstitusi yaitu UUD 1945.
Pada mulanya, pemerintahan Indonesia memperlihatkan terdapatnya sentralisasi kekuasaan pada divi presiden terkait lembaga-lembaga politik demokrasi belum terbentuk. Seperti MPR dan DPR belum dibentuk. Hal ini dapat dilihat pada pasal 4 Aturan Peralihan UUD 1945 tertulis “Sebelum MPR, DPR, dan DPA dibentuk menurut UUD in…