Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 19, 2020

8 Prinsip Pengembangan KTSP Yang Perlu Diketahui

Gambar
KTSP merupakan salah satu kurikulum yang pernah dipakai dalam pengelolaan pendidikan Nasional. Meskipun saat ini, KTSP sudah digantikan dengan kurikulum 2013, namun jejak pengembangan KTSP tetap menjadi referensi pengembangan kurtilas. Prinsip Pengembangan KTSPKTSP pada tingkat dasar dan menengah yang dikembangkan oleh sekolah dan Komite Sekolah didasarkan pada kompetensi alumni kompetensi dan standar konten dan penyusunan kurikulum instruksi yang dibuat oleh badan standar Pendidikan Nasional (BSNP ) dengan mendengarkan prinsip pengembangan KTSP ini adalah: 1. Prinsip yang berorientasi pada tujuanPengembangan kurikulum ditunjukkan untuk mencapai tujuan tertentu, yang merupakan titik awal dari tujuan pendidikan nasional. Tujuan kurikulum adalah deskripsi dan upaya untuk mencapai tujuan unit tertentu dan tingkat pendidikan yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk selanjutnya menimbulkan perubahan perilaku siswa 2. Prinsip relevansi Kesesuaian antara tujuan yang ingin …

Supremasi Hukum: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Prinsip

Gambar
Supremasi hukum adalah kegiatan menyelaraskan nilai-nilai yang diatur dalam prinsip atau pandangan yang mantap dan bermanifestasi dari sikap bukan sebagai rangkaian terjemahan nilai-nilai tahap akhir untuk menciptakan, melestarikan, dan memelihara kedamaian dalam pergaulan hidup berbangsa dan bernegara.
A. Pengertian Supremasi HukumSupremasi Hukum merupakan upaya untuk menjamin realisasi keadilan. Keadilan harus diposisikan secara netral, artinya setiap orang memiliki posisi dan perlakuan hukum yang sama tanpa adanya perbedaan. Hal semacam ini dimuat dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 1, yang berbunyi "semua warga negara berada pada posisi yang sama dalam hukum dan pemerintahan dan wajid menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan tanpa pengecualian".
Supremasi hukum juga dikenal sebagai pemerintahan oleh manusia sebab hukum itu tidak diatur oleh dirinya sendiri. Hukum itu hanya metode atau dasar dan semua fasilitas atau alat, tetapi harus ada orang yang bergerak dan melakukannya secar…

Supervisi Pendidikan: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Prinsip Dasar

Gambar
A. Pengertian Supervisi PendidikanDilihat dari sudut etimologi supervisi berasal dari kata super dan vision yang masing-masing kata itu berarti atas dan penglihatan. Jadi supervisi pendidikan dapat diartikan sebagai penglihatan dari atas. Melihat dalam hubungannya dengan masalah supervisi dapat diartikan dengan menilik, mengontrol, atau mengawasi. Supervisi ialah pembinaan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar-mengajar yang lebih baik. Orang yang melakukan supervisi disebut dengan supervisor. 
Dalam Dictionary of  Education, Good Carter  memberikan pengertian bahwa supervisi adalah usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas-petugas lainnya dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru, merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran, metode, dan evaluasi pengajaran.  Konsep supervisi modern dirumuskan oleh Ki…

Makna Baik dan Buruk Menurut Aliran Filsafat

Gambar
Makna Baik dan Buruk Menurut Aliran FilsafatBaik dan Buruk merupakan dua istilah kehidupan manusia yang senantiasa mengiringi perbuatannya. Baik bermakna positif sedangkan buruk diistilahkan untuk perbuatan yang negatif. Untuk memahami makna baik dan buruk secara jelas, maka dalam tulisan ini dijelaskan berdasarkan pandangan aliran filsafat. A. Baik dan Buruk Menurut Aliran SosialismeAliran Filsafat Sosialisme berpandangan bahwa baik buruk ditetapkan berdasarkan adat istiadat yang berlaku pada masyarakat tertentu.mereka yang mematuhi dan melaksanakan adat dan istiadat yang berlaku pada masyarat tersebut akan dianggap baik sebaliknya mereka yang mengacuhkan dan melanggar adat istidat akan dipandang hina dan buruk.
Aliran sosialime memandang adat sebagai urkuran baik buruknya seseorang dalam kehidupan sehingga adat dijadikan sebagai hukum untuk mengadili penyimpangan yang dianggap bertentangan dengan adat yang berlaku.
Pada setiap bangsa tentu memiliki adat istidat tersendiri terutama terk…

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran

Gambar
Kelebihan dan Kekurangan Metode PembelajaranMetode pembelajaran yang diterapkan guru di kelas pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terkait kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran tersebut, dijelaskan sebagai berikut. 1. Metode CeramahMetode ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya cara yang paling ekonomis untuk menyampaikan suatu informasi, dan paling efektif dalam mengatasi langkanya bahan rujukan atau literatu sesuai dengan jangkauan daya beli dan pemahaman siswa.

a. Kelebihan Metode Ceramah Guru mudah menguasai situasi dan kondisi kelas.Guru mudah menerangkan bahan-bahan pelajaran berkuantitas banyak.Dapat diikuti oleh anak didik dalam jumlah yang besar.Tergolong mudah dalam pelaksanaan. b. Kekurangan Metode Ceramah Menjadikan peserta didik menjadi pasif.Mengandung unsur paksaan kepada peserta didik.Mengandung daya kritis kepada peserta didik.Anak didik yang lebih tanggap dari segi visual akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap segi auditifnya …

Syarat dan Prosedur Sertifikasi Guru PNS dan Non-PNS Tahun Ini

Gambar
Sertifikasi guru berkaitan dengan status Guru baik PNS maupun Non-PNS sebagai tenaga professional dijelaskan dalam UU No.14 Tahun 2005 Terkait Guru dan Dosen. Sebagai tenaga professional, guru mengemban amanah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, dan penilai terhadap siswanya. Tugas tersebut berada pada lembaga pendidikan formal baik pada jenjang anak usia dini, pendidikan dasar, maupun pendidikan menengah.

Kualifikasi akademik adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seorang guru PNS dan Non-PNS secara profesional   minimal strata 1 atau Diploma Empat. Selain itu, kompotensi pedagogik, prosfesional, sosial, dan kepribadian juga harus dimiliki oleh seorang guru professional baik PNS dan Non-PNS. Syarat lainnya yang harus dipenuhi seorang guru sehinggan dapat dikatakan professional, yaitu memiliki sertifikat, Rohani dan jasmaninya sehat, serta mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang diharapkan.
A. Pengertian Sertifikasi GuruSertifikasi guru adalah program p…

Pengertian dan Kaidah-Kaidah Qawaid al-Tafsir

Gambar
A. Pengertian Qawaid al-TafsirMenurut bahasa Qawa’id artinya kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip dasar tafsir. Sedangkan yang dimaksud Qawaid Tafsir dalam hal ini ialah kaidah-kaidah yang diperlukan oleh para mufasir dalam memahami ayat-ayat Alquran. Kaidah-kaidah yang diperlukan para mufasir dalam memahami Alquran meliputi penghayatan uslub-uslubnya, pemahaman asal-asalnya, penguasaan rahasia-rahasianya dan kaidah-kaidah kebahasaan. Kaidah-kaidah tafsir dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah qawā’id al-tafsīr terdiri dari dua kata, yaitu qawā’id dan al-tafsīr. Kata قواعد merupakan bentuk jamak dari قاعدة yang berarti dasar, prinsip, asas, pondasi. Sebagaimana dalam QS al-Baqarah : 127
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail.
Secara istilah didefinisikan dengan undang-undang, sumber, dasar yang digunakan secara umum yang mencakup semua yang partikular.
Adapun kata التَّفْسِيْرُ secara bahasa merupakan bentuk mashdar dari kata kerja فَسَّ…