Skip to main content

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan Manusia

Semenjak manusia dan mahluk hidup lainnya mendiami bumi, mereka bergantung pada alam secara bebas untuk bertahan hidup. Kebutuhan mahluk hidup tersebut mencakup air, tanah, bebatuan, hutan, hewan, bahan bakar fosil dan mineral. Semua hal tersebut merupakan sumber daya alam yang menjadi sumber kehidupan di bumi.

A. Pengertian Sumber Daya Alam 

Sumber daya alam adalah bahan yang disediakan oleh bumi yang dapat digunakan manusia untuk menciptakan segala sesuatu yang bermanfaat bagi kebutuhannya.
Sumber daya alam adalah bahan baku bermanfaat yang diperoleh dari bumi  secara alami, yang berarti bahwa manusia tidak dapat menciptakan sumber daya alam. Sebaliknya, kita menggunakan dan memodifikasi sumber daya alam dengan cara yang bermanfaat bagi kita yang bahannya berasal dari alam. 
Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan Manusia
Sumber daya alam saling mempengaruhi antara satu sama lain. Jika salah satu dari ekosistem tersebut mengalami perubahan, maka kondisi kehidupan mahluk hidup yang lain juga akan ikut terpengaruh. Misalnya, jika air berkurang pada suatu wilayah, maka tumbuhan, tanah, hewan dan bahkan udara di daerah tersebut akan terpengaruh secara negatif.
Sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya, manusia bergantung langsung pada hutan untuk sumber makanan, kesehatan, rekreasi dan peningkatan kenyamanan hidup. Selain itu, hutan bermanfaat secara tidak langsung terhadap kehidupan mahluk hidup seperti pengendali iklim, pengendalian banjir, perlindungan badai dan menjaga tanah agar tidak longsor.
Untuk memproduksi segala sesuatu, sumber daya alam merupakan sumber utamanya.Sebagai contoh, kita dapat menggunakan pohon dari hutan untuk menghasilkan kayu. Kayu tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi mebel, kertas dan lain sebagainya. 


Sumber daya alam mencakup seluruh jenis benda yang terdapat di bumi ini seperti benda padat, cair, dan gas, organik atau anorganik, metalik atau non-logam, dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sehingga pada dasarnya, segala sesuatu yang dimanfaatkan dalam kehidupan berasal dari sumber daya alam. Seperi bahan rumah yang ditempati, makanan yang kita konsumsi, dan pakaian yang digunakan semuanya bersumber dari alam. 

B. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Secara umum sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu sumber daya terbarukan dan tidak terbarukan. 

1. Sumber daya terbarukan

Sumber daya terbarukan adalah yang selalu tersedia atau dapat atau dipulihkan secara wajar, seperti tanah vegetatif. Hewan juga terbarukan karena dengan sedikit perawatan, mereka dapat mereproduksi untuk menggantikan hewan dewasa. Meskipun beberapa sumber daya terbarukan dapat tergantikan dengan yang baru, namun mereka mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga membuatnya tidak terbarukan atau punah.

Sumber daya alam terbarukan yang berasal dari makhluk hidup seperti pohon dan hewan, maka disebut sumber daya terbarukan organik. Sedangkan sumber daya terbarukan yang berasal dari benda yang tidak hidup seperti air, matahari dan angin, maka disebut sumber daya terbarukan anorganik.

2. Sumber daya alam tidak terbarukan

Sumber daya alam tidak terbarukan adalah mereka yang tidak dapat dengan mudah diganti setelah mereka hancur, seperti bahan bakar fosil. Mineral juga tidak terbarukan karena meskipun terbentuk secara alami dalam proses yang disebut siklus batu, akan tetapi proses tersebut dapat menghabiskan waktu sampai ribuan tahun sehingga  menjadikannya tidak terbarukan.
Beberapa hewan juga dapat dianggap tidak terbarukan, karena jika orang berburu untuk spesies tertentu tanpa memastikan reproduksinya, maka hewan tersebut akan punah. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa kita melindungi sumber daya alam yang semakin berkurang dan terancam punah.
Sumber daya alam tidak terbarukan yang berasal dari benda mati dapat disebut sebagai sumber daya anorganik. Seperti, mineral, angin, tanah, dan batuan. Sedangkan sumber daya tidak terbarukan yang berasal dari makhluk hidup seperti bahan bakar fosil, disebut sumber daya alam tidak terbarukan organik.


Sementara itu, Sumber daya alam anorganik dapat berupa logam atau non-logam. Logam adalah benda yang sifatnya lebih keras, mengkilap, dan dapat meleleh untuk membentuk produk baru. Contohnya besi, tembaga dan timah. Sedangkan non-logam tidak memiliki logam di dalamnya, sifatnya lebih lembut dan tidak bersinar seperti tanah liat dan batu bara.

C. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan Manusia

Perekonomian dunia menghabiskan sekitar enam puluh milyar ton sumber daya alam setiap tahun untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh manusia. Setidaknya, terdapat tiga bentuk pemanfaatan sumber daya alam bagi kehidupan manusia, yaitu makanan dan minuman, perumahan dan infrastruktur, serta mobilitas.

1. Makanan dan minuman

Pemanfaatan sumber daya alam dalam bentuk makanan dan minuman mencakup produk pertanian, perkebunan, dan peternakan seperti, biji-bijian dan kacang-kacangan, obat-obatan, tumbuh-tumbuhan dan tanaman. Semua hal tersebut berasal dari bahan baku yang berasal dari sumber daya alam.

2. Mobilitas

Pemanfaat tersebut mencakup seluruh alat transfortasi dan pemanfaat teknologi lainnya seperti mobil, kereta api, kapal air, pesawat terbang, termasuk semua bahan bakar yang digunakan. Mobilitas kehidupan manusia sepenuhnya bergantung pada sumber daya alam yang tersedia. Coba direnungkan bersama, andaikan sumber daya yang tersedia telah habis, sementara kita tidak mampu menciptkan inovasi baru sebagai penggantinya, maka tentu yang terjadi adalah terjadi kelumpuhan dari segala aspek khidupan manusia. 

3. Pembuatan Rumah dan Infrastruktur

Bahan baku rumah rumah dan infrastruktur seperti  tempat umum, jalan dan membangun yang terdapat di sekitar kita semuanya berasal dari sumber daya alam. Kayu dan batu yang dipakai untuk membangun rumah dan jalan serta bangunan-bangunan yang megah bergantung pada ketersediaan alam. Jika manusia tidak mampu menjaga keseimbangan pemanfaatan sumber daya tersebut, maka lambat laun akan mengalami kesulitan untuk memdapatkannya. 


Dari tiga bentuk pemanfaatan sumber daya alam tersebut, makanan dan minuman menjadi yang paling besar, karena setiap hari manusia perlu makan dan munum, sementara yang lainnya bisa tertunda untuk beberapa waktu yang memungkinkan. Peran sumber daya alam dalam mendukung kehidupan manusia di bumi sangat penting dan kita harus memastikan untuk melindungi lingkungan demi keberlangsungan hidup kita sendiri.

D. Ancaman Terhadap Sumber Daya Alam

Tidak dapat dipastikan bahwa sumber daya alam yang tersedia saat ini, selamanya aka nada untuk dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut tidak terlepas dari beberapa ancaman terhadap sumber daya tersebut. Adapun ancaman terhadap sumber daya alam, yaitu:

1. Kelebihan populasi

Ancaman ini merupakan hal yang paling signifikan yang dihadapi sumber daya alam. Populasi dunia meningkat secara cepat dari waktu ke waktu. Bayi yang lahir pada setiap waktu akan menjadikan ketergantungan manusia terhadap alam akan bertambah besar. Hal tersebut dapat dilihat pada beberapa aspek, yaitu:
  1. Kebutuhan konsumsi meningkat 
  2. Lebih banyak kebutuhan bahan baku bangunan
  3. Lebih banyak tanah yang akan digunakan untuk perumahan
  4. Penerapan bahan kimia pertanian bertambah untuk meningkatkan produksi pangan
  5. Banyak hutan atau tanah vegetatif akan dikonversi ke pemukiman untuk orang, jalan dan peternakan

Semua usaha manusia tersebut akan berdampak pada ketersediaan sumber daya alam yang ada. Manusia harus mampu menemukan cara baru agar ketergantungan mereka terhadap alam dapat berkurang, jika tidak maka keharmonisa hidup nantinya akan sulit dibangun karena masing-masing orang butuh makan.

2. Perubahan iklim

Perubahan iklim sebagai akibat dari antropogenik yang berlebihan karbon dioksida akan mempengaruhi keanekaragaman hayati dan sumber daya alam abiotik lainnya. Spesies yang telah menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka mungkin akan punah dan orang-orang harus pindah ke tempat yang lebih aman untuk bertahan hidup.

3. Pencemaran lingkungan

Polusi tanah, air dan udara akan mempengaruhi kesehatan lingkungan secara langsung di mana hal tersebut terjadi. Polusi mempengaruhi bahan kimia dari tanah, batu, air laut, air tawar dan bawah tanah, serta fenomena alam lainnya. Kondisi tersebut adalah faktor penyebab terjadinya beberapa bencana pada daerah tertentu, seperti banjir, longsor, demam berdarah, dan sebagainya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar