Skip to main content

Mengenal Penyakit Kanker Pada Seseorang

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Meskipun penyakit tersebut seakan hilang dari permukaan karena penyebaran penyakit baru yang disebabkan oleh virus corona. Secara umum, kanker diderita oleh orang dewasa, namun dalam perkembangannya, kanker juga telah didiagnosis pada anak kecil meskipun jika hal itu terjadi pada anak, dapat diobati dan disembuhkan dengan cepat.
Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa penjelasan dasar tentang kanker, bagaimana berkembang, apa saja tanda dan gejalanya, dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko dari penyakit tersebut.

Apa Itu Kanker?

Kanker adalah sebuah penyakit pada sel-sel mati yang menumpuk menjadi tumor dan bahkan mempengaruhi semua organ tubuh lainnya. Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata terdapat banyak kanker yang dapat diderita oleh setiap orang.


Organ dalam tubuh kita terdiri dari sel yang dihasilkan oleh penyalinan dan membelah sendiri untuk menghasilkan dua sel baru yang disebut dengan  siklus sel. Siklus ini dikontrol ketat dan hanya terjadi jika tubuh perlu mengganti sel yang telah rusak atau mati. Ketika sel tersebut terus membelah bahkan ketika tubuh tidak membutuhkannya, maka akan menyebabkan penumpukan yang dapat menyebabkan tumor sebagai gejala awal terjadinya kanker.
Mengenal Penyakit Kanker Pada Seseorang

Kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh berawal dari sel dalam tumor ganas memiliki kemampuan untuk menyerang jaringan dan organ, sehingga dapat menyebarkan penyakit. Hal tersebut juga memungkinkan sel kanker untuk melepaskan diri dari tumor dan memasuki aliran darah kemudian menyebarkan penyakit ke organ lain yang dikenal dengan istilah metastasis.

Apa Penyebab Kanker?

Orang-orang sering bertanya tentang Apa yang menyebabkan tumor? Kondisi apa yang menyebabkan kanker dengan mudah berkembang? Apa faktor dan risiko kanker? 
Pada dasarnya, tidak ada satu jawaban yang paling pas dengan kondisi setiap orang terkait pertanyaan tersebut. Akan tetapi, para ahli telah menjelaskan bahwakanker tidak menular, dan tidak disebabkan oleh kuman, seperti pada beberapa jenis penyakit lainnya. Dengan demikian, ketakutan tehadap kanker tidak perlu berlebihan seperti kekhawatiran kita terhadap penyakit virus corona yang dapat disebabkan oleh penularan dari orang lain. 
Penyebab kangker pada dasarnya berbeda-beda tergantung pada jenis kankernya. Sebagai contoh, kanker paru dapat disebabkan karena menghirup asap tembakau, atau bahan kimia beracun. Sementara hal tersebut tidak menjadi penyebab kanker serviks. Contoh lain, kulit yang terpapar sinar matahari langsung secara berlebihan dapat menyebabkan melanoma atau kanker kulit, tetapi hal tersebut tidak akan menyebabkan kanker paru. 
Dengan demikian, penyebab kanker dapat dilihat dari masing-masing jenis kankernya. Meskipun demikian, terdapat beberapa penyebab umum penyakit kanker pada seseorang, yaitu: 

1. Keturunan

Setiap orang mewarisi beberapa gen dari orang tua mereka. Jika seseorang mewarisi gen abnormal atau disebut mutasi, ada kemungkinan 10% hal tersebut akan menurun kepada generasi mereka, yang oleh para spesialis menyebutnya dengan kecenderungan genetik. Sebagai contoh, Gen kanker payudara merupakan predisposisi genetik yang apabila seorang wanita memiliki salah satu gen abnormal, maka resiko terkena kanker payudara lebih tinggi daripada wanita lainnya.

2. Asap Rokok dan Kendaraan

Asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 senyawa kimia. Dari jumlah tersebut lebih dari 250 bahan kimia ini diketahui berbahaya, dan setidaknya 69 diketahui menyebabkan kanker.  Sementara itu, asap kendaraan bermotor juga menjadi salah satu penyebab umum terjadinya kanker. Dengan demikian, menghindari asap perlu dilakukan oleh setiap orang dengan cara memakai masker setiap kali ke tempat umum sekaligus menghindari penyebaran virus corona.

3. Umur

Terkadang perubahan sel menjadi kanker membutuhkan waktu lama untuk berkembang. Harus ada sejumlah perubahan gen dalam sel sebelum berubah menjadi sel kanker. Perubahan tersebut dapat terjadi secara tidak sengaja ketika sel membelah diri. Hal tersebut juga bisa terjadi karena sel telah rusak oleh karsinogen dan yang diteruskan ke sel baru ketika sel itu membelah. Semakin lama seseorang hidup, semakin banyak waktu tersedia untuk terjadinya kesalahan genetik.

4. Kekebalan tubuh

Orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh beresiko lebih tinggi untuk dijangkiti beberapa jenis kanker. Contoh, orang dengan transplantasi organ, orang yang hidup dengan HIV atau AIDS atau bahkan orang dengan sindrom medis langka yang mempengaruhi kekebalan tubuh mereka. Beberapa jenis kanker seperti kanker serviks dan kanker lainnya dari daerah genital atau dubur, beberapa limfoma, kanker hati dan kanker lambung. Lymphomas disebabkan oleh virus karena sistem kekebalan tubuh yang rendah, virus menyerang sel dapat membelah tanpa kontrol dan memungkinkan untuk meningkatkan kesalahan genetik dan berkembang menjadi limfoma.

5. Infeksi bakteri

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki Helicobacter pylori, maka infeksi lambung mereka mengembangkan peradangan pada lapisan lambung yang meningkatkan risiko kanker perut. Infeksi tersebut dapat diobati dengan antibiotik, tetapi bila dibiarkan begitu lama dapat menyebabkan kerusakan pada banyak organ vital dan membuat sel di daerah yang rentan terhadap pembentukan kanker.

6. Kondisi Alam

Terdapat banyak hal di sekitar kita yang mungkin menjadi salah satu penyebab kanker yang dialami oleh seseorang. Seperti radiasi paparan sinar matahari, bahan kimia, asbes dan lain-lain. Beberapa di antaranya dapat dihindari seperti membersihkan bahan-bahan kimia yang ada di sekitar. Meskipun dalam kondisi tertentu, setiap orang tidak mungkin dapat menghindari radiasi sinar matahari.

7. Virus

Virus dapat menjadi pemicu tumbuhny beberapa jenis kanker yang tentu berbeda dengan infeksi. Virus disebut menjadi penyebab kanker karena dapat menyebabkan perubahan genetik dalam sel yang membuat mereka lebih mungkin terkena kanker.


Untuk mengurangi resiko terkena kanker, maka beberapa hal perlu dilakukan oleh setiap orang seperti, pola makan sehat, menghindari menghirup kimia, tidak merokok, menghindari seks bebas, perawatan diri dan senantiasa menjaga kebugaran fisik.

Jenis-Jenis Kanker yang Umum

Terdapat lebih dari 200 jenis kanker yang berbeda. Namun sebagian besar jenis kanker tidak dikenal oleh masyarakat awam. Terdapat beberap jenis kanker yang paling umum dialami oleh seseorang, yaitu:

1. Kanker Kemih

Kanker kandung kemih berkembang dari sel peralihan yang melapisi bagian dalam kandung kemih. Gejala awal yang umum adalah darah dalam urin. Dalam kebanyakan kasus, kanker terbatas pada lapisan dalam kandung kemih. Kanker kandung kemih yang masih normal relatif mudah diobati. Namun jika kanker telah menyebar ke lapisan otot dinding kandung kemih maka pengobatan lebih sulit.

2. Kanker Paru

Kanker paru terjadi pada jaringan paru yang biasanya dalam sel lapisan bagian udara yang dibagi menjadi dua yaitu kanker paru sel kecil dan besar dan inilah yang paling umum. Dalam beberapa kasus, asap rokok adalah penyebab yang paling umum.

3. Kanker Payudara

Jenis kanker Ini terbentuk dalam jaringan payudara, mempengaruhi saluran yaitu tabung yang membawa susu ke putting dan lobulus atau kelenjar yang membuat susu. Jenis kanker Ini sebagian besar dialami oleh perempuan.

4. Kanker Kulit

Terdapat dua jenis kanker kulit, yaitu melanoma ganas yang kurang umum tetapi lebih berbahaya dan kanker kulit non-melanoma yang sangat umum tetapi tidak begitu berbahaya. Hal tersebut dimulai dengan sel yang membuat pigmen melanin yang terbentuk pada kulit. 

5. Kanker Prostat

Jenis ini biasanya terjadi pada pria di atas 50 tahun dan risiko meningkat seiring bertambahnya usia. Ini berkembang di jaringan prostat atau kelenjar dalam sistem reproduksi pria yang terdapat di bawah kandung kemih dan di depan rektum.

6. Kanker Darah

Kanker darah berawal dari jaringan pembentukan darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah yang akan diproduksi dan memasuki aliran darah. 

Cara Mengobati Kanker

Ada empat cara standar pengobatan untuk kanker, yaitu pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi imunoterapi. Seorang Onkologi akan memberikan pasien dengan pilihan pengobatan kanker setelah diagnosis kanker. Mereka adalah para ahli dan dapat memberikan masukan yang baik, tetapi pada akhirnya, pasien harus memutuskan apa jenis perawatan yang mereka inginkan. 

1. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan obat yang bertujuan untuk menyembuhkan kanker atau meredakan gejala penyebab kanker. Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker atau menghentikannya membelah. Biasanya dokter akan mendiskusikan pilihan terbaik jika memutuskan untuk kemoterapi. Hal ini diberikan dalam banyak cara, seperti dengan suntikan, infus, infus terus menerus, tablet, atau sebagai salep untuk diterapkan pada kulit.

2. Radioterapi

Radioterapi adalah cara untuk mengobati atau mengelola kanker menggunakan radiasi. Cara pengobatan ini bekerja dengan merusak sel di daerah yang dirawat. Lebih dari setengah pasien kanker akan menerima radioterapi di beberapa titik dalam pengobatan mereka. 


Radioterapi dapat diberikan sebagai teletherapy atau juga dikenal sebagai radioterapi sinar eksternal. Ketika sinar radiasi ditujukan pada area yang akan diobati dari mesin yang terletak jauh dari pasien.

3. Immunoterapi

Imunoterapi juga terkadang disebut terapi biologik atau bioterapi. Ini adalah pengobatan yang menggunakan bagian tertentu dari sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit seperti kanker. Hal ini dapat dilakukan dalam beberapa cara, seperti merangsang sistem kekebalan tubuh kita sendiri untuk bekerja lebih keras atau lebih cerdas untuk menyerang sel kanker atau memberikan komponen sistem kekebalan tubuh sendiri, seperti protein yang merupakan sistem kekebalan tubuh buatan manusia, atau dengan melatih sistem kekebalan tubuh untuk menyerang beberapa bagian dari sel kanker secara khusus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar