Skip to main content

Memahami Masalah Obesitas Pada Anak

Obesitas adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh anak karena beberapa faktor yang terkadang tidak disadari. Meskipun obesitas tidak secara langsung berpengauh terhadap kesehatan, akan tetapi dapat menjadi pemicu utama komplikasi dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, kita semua harus memiliki perhatian terhadap masalah tersebut bukan hanya berkaitan dengan tubuh kita akan tetapi juga dengan orang lain.

A. Pengertian Obesitas

Obesitas adalah kelebihan berat badan yang disebabkan oleh lemak tubuh terlalu banyak yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Obesitas pada anak dapat menjadi pemicu masalah komplikasi kesehatan. Faktor genetika dan pola hidup menjadi penyebab utama obesitas terjadi pada seseorang.
Masalah Obesitas Pada Anak

Jika seseorang memiliki lebih dari 25% dari total berat badan adalah lemak, maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai obesitas. Untuk mengetahui bahwa seseorang termasuk obesitas, maka dapat diketahui melalui:

  1. Keseimbangan berat dan tinggi badan, yaitu jika seseorang memiliki berat badan lebih dibandingkan dengan tinggi badannya.
  2. Indeks massa tubuh adalah indeks sederhana terkait berat dan tinggi yang secara umum digunakan untuk mengklasifikasikan kelebihan berat badan dan obesitas pada orang dewasa. Hal ini didefinisikan sebagai berat badan seseorang pada kilogram dibagi dengan kuadrat ketinggiannya dalam meter (kg per m2).
  3. Dengan melihat lipatan kulit. Seorang profesional kesehatan dapat mengukur ketebalan daging bagian bawah lengan di atas siku dan atas bagian belakang tubuh. 


Hal ini tersebut penting untuk diketahui karena banyak orang tua dengan anak kelebihan berat badan tidak menganggap mereka sebagai obesitas. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari seribu orang tua anak usia empat sampai tujuh tahun menunjukkan bahwa hanya 14% dari mereka dengan menganggap bahwa anak mereka menderita obesitas.

B. Faktor Penyebab Obesitas Pada Anak

Secara umum, obesitas pada anak disebabkan oleh tiga faktor, yaitu: 

1. Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat

Penyebab utama obesitas pada anak adalah mengkonsumsi makanan tidak sehat yaitu terlalu banyak gula dan lemak sementara tidak cukup serat dan karbohidrat. Hal tersebut biasanya terjadi bagi orang yang terlalu sering membeli makanan dari toko cepat saji. Berberapa makanan cepat saji mengandung bahan yang berlebih seperti mentega, keju, dan minyak dan garam. 
Selain itu, beberapa orang tua juga sering memasak makanan yang mengandung banyak lemak sebagai pemicu obesitas seperti kue,burger, kentang goreng, es krim, pizza keju dan lain sebagainya. Terkadang makan terlalu banyak juga dapat membuat Anda gemuk bahkan jika itu makanan sehat.

2. Kurang Berolahraga

Obesitas pada anak juga dapat terjadi karena gaya hidup menetap dan kurang olahraga. Kebiasaan menetap seperti duduk di satu tempat sepanjang waktu, dan tidak melakukan aktifitas gerak meskipun hanya sebentar seperti menonton televise, bermain handphone, laptop dan lain-lain. 
Jika kebiasaan tersebut berlangsung lama dan terus-menerus, maka tidak terjadi pembakaran lemak dalam tubuh yang menjadi awal seorang anak menderita obesitas atau kelebihan berat badan. 

3. Mengkonsumsi Obat

Salah satu faktor penyebab seorang anak menderita obesitas yaitu karena penggunaan obat-obatan apalagi bagi mereka yang tidak cocok. Dalam beberapa kasus, penggunaan obat-obatan dapat memicu anak untuk mengkonsumsi makanan dalam skala besar tanpa mampu dikendalikan.
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak dan terus menerus apalagi kurang olahraga, maka anak akan mengalami obesitas secara cepat dan sulit dihindari. Dengan demikian, orang tua harus mampu mengambil keputusan yang bijak terhadap anak mereka jika ingin memberikan obat seperti obat nafsu makan dan lain sebagainya.

C. Cara Menghindari Obesitas Pada Anak

Tidak semua anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal tersebut karena beberapa orang tua memiliki perhatian yang cukup terhadap perkembangan fisik anaknya. Untuk itu, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari obesitas yaitu:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokterntentang cara menjaga tubuh tetap normal dan terhindar dari obesitas. Setiap saran dari dokter atau ahli gizi harus diterapkan secara disiplin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengkonsimsi makanan sehat

Tubuh seseorang membutuhkan berbagai jenis makanan untuk dapat berkembang dengan baik. Kombinasi makanan yang mengandung berbagai zat dan vitamin akan menjaga tubuh tetap stabil. Perpaduan makanan yang harus dikonsumsi yaitu buah, sayuran, makan berat seperti nasi, gandum, ikan dan lain-lain.
Merubah kebiasaan makan juga penting dilakukan untuk menghindari obestitas seperti kebiasaan mengemil dengan makanan ringan dapat diganti dengan buah segar dan sejenisnya. Mengatur jadawal makan yang berpola juga menjadi cara terbaik menghindari penyakit obesitas.

3. Rutin Olahraga

Berolahraga secara rutin akan membakar lemak yang menumpuk pada tubuh sehingga tubuh akan tetap normal dan terhindar dari kelebihan lemak dan berat badan. Melakukan aktivitas olahraga tidak perlu terlalu berat cukup dilakukan secara ringan namun teratur dan berkelanjutan.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Kanker Pada Seseorang

Selain menghindarkan seseorang dari obesitas, olahraga secara teratur juga dapat menjaga kesehatan tubuh sehingga berbagai jenis penyakit yang mengancam akan pergi jauh. Dengan demikian, luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur setiap hari.

4. Tidur yang cukup

Jika tubuh kukurangan tidur, maka berat tubuh akan bertambah apalagi jika diiringin dengan kebiasaan makan sebelum tidur. Hal tersebut menjadi penyebebab penumpukan lemak pada tubuh disebabkan tidak adanya aktivitas pembakaran yang cukup. Tidur yang cukup akan menjadikan tubuh terasa segar untuk melakukan berbagai aktivitas pembakat lemak.

5. Tumbuhkan Motivasi

Hal ini tidak berkaitan dengan material akan tetapi berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas secara disiplin tetang cara menjaga tubuh tetap normal agar terhindar dari penyakit obesitas.

Perlu diingat bahwa, kebanyakan anak penderita obesitas memiliki peluang lebih besar terhadap berbagai penyakit kronis yang dapat berdampak buruk terhdap dirinya seperi diabetes, jantung, dan lain-lain. Dengan demikian, setiap orang harus memperhatikan konsidisi tubuh mereka agar dapat terhindar dari masalah-masalah kesehatan tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar