Skip to main content

Kebaikan Berbagi Melalui Zakat Bersama Dompet Dhuafa

Berbagi kebaikan terhadap sesama adalah salah satu ajaran dalam islam yang mencerminkan kedudukan manusia sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Manusia akan mampu bertahan dan merasakan manisnya hidup jika kepedulian bersemayam dalam hati mereka. Salah satu bentuk kepedulian yang bisa dilakukan adalah berbagi kelebihan rezeki kepada sesama melalui zakat.

Apa Itu Zakat?

Sebagai seorang muslim, istilah “zakat” bukanlah hal asing terlintas ditelinga karena merupakan rukun islam ketiga sebagai kewajiban yang harus ditunaikan. Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim untuk mensucikan harta dan jiwa mereka. 

Baca Juga: Pengertian Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Zakat merupakan wadah bagi setiap ummat untuk menebar kebaikan dalam kehidupan seorang muslim terhadap sesama. Selain sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah ilahi, menunaikan zakat juga sebagai jalan bagi manusia untuk menyalurkan rasa kepedulian terhadap orang lain.
Kebaikan Berbagi Melalui Zakat Bersama Dompet Dhuafa

Menunaikan zakat adalah lambang seorang muslim dalam menampakkan pribadinya sebagai muslim sejati bahwa segala yang dimilikinya hanyalah titipan dari sang penguasa jagat. Sikap syukur akan senantiasa terbetik dalam qalbunya karena perasaan sadar bahwa masih banyak saudaranya yang lain yang belum seberuntung dirinya.

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah salah satu wadah bagi setiap orang terkhusus kepada umat islam yang ingin memetik kebaikan melalui harta yang dimilikinya. Dengan lahirnya Dompet Dhuafa sebagai perantara bagi umat untuk menyalurkan berbagai bentuk kebaikan seperti zakat, infaq, dan sadaqah, maka berbagai bentuk masalah sosial yang dipicu oleh kondisi ekonomi perlahan akan teratasi.

Dompet Dhuafa akan menjadi garda terdepan dalam mengurangi masalah kemiskinan pada masyarakat untuk bangsa Indonesia yang lebih kuat secara ekonomi dan mental. Tentu hal tersebut, tidak terlepas dari partisipasi masyarakat secara umum dan terkhusus kepada mereka yang memiliki kecukupan material untuk mendukung Dompet Dhuafa dalam berbagai hal seperti donasi zakat, infaq, dan sadaqah.

Memetik Kebaikan Berbagi Melalui Zakat Bersama Dompet Dhuafa

Bulan ramadhan merupakan momentum yang paling tepat untuk memetik kebaikan berbagi terhadap sesama. Secara ilahiah, kebaikan berbagi pada bulan ramadahan akan bernilai kali lipat dari bulan-bulan sebelum dan sesudahnya. Zakat fitrah yang hanya dapat ditunaikan pada bulan ramadhan akan memberikan nilai-nilai sosial yang tinggi terhadap diri dan orang lain.

Secara pribadi, menunaikan zakat akan mengugurkan kewajiban sebagai salah satu syariat dalam islam yang tentu akan menghilangkan beban tanggungjawab sebagai seorang muslim. Selain itu, zakat akan memberikan ketenangan batin bagi mereka yang menunaikan dan akan menjauhkannya dari keresahan hidup duniawi. Kebaikan berbagi melalui zakat akan dirasakan secara langsung oleh mereka yang menunaikannya.

Sementara itu, kebaikan berbagi melalui zakat terhadap orang lain akan mampu meringankan beban hidup yang mereka alami. Zakat juga dapat menjadi tali pengikat persaudaraan antara sesama yang akan menumbuhkan rasa kepedulian dan solidaritas.
Kebaikan berbagi melalui kewajiban zakat akan mudah dipetik bersama Dompet Dhuafa dalam kondisi saat ini dimana Covid-19 menjadi pertimbangan bagi kaum muslimin untuk menyalurkan zakatnya secara langsung. 

Dompet Dhuafa telah menyediakan pelayanan donasi zakat secara online melalui donasi.dompetdhuafa.org sehingga kaum muslimin tetap terjaga dari melanggar ketaatan terhadap pemimpin yang telah menganjurkan segala bentuk aktivitas termasuk keagamaan dilakukan di rumah.

Baca Juga: Hikmah Zakat Firah Secara Umum Serta Bagi Muzakki dan Mustahik

Selain itu, kebaikan berbagi bersama dompet dhuafa tidak hanya dirasakan secara batiniah, akan tetapi juga dapat mengembakan pemahaman kita terkait persoalan-persoalan zakat. Dompet dhuafa tidak hanya menjadi penyalur zakat, akan tetapi juga menjadi wadah edukasi terkait hal tersebut. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar