--> Skip to main content

Hal Penting Diketahui Tentang Virus Corona

Virus corona adalah jenis virus baru yang menyebabkan penyakit pernapasan dengan gejala demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas. Virus ini dapat menyebar dari satu orang kepada orang lain, terutama bagi mereka yang tidak menjaga kebersihan. Terdapat banyak hal yang perlu diketahui setiap orang tentang jenis virus ini yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Apa Itu COVID-19?

Virus corona adalah virus yang menyebabkan infeksi pada pernapasan yang ditandai dengan flu biasa yang berkembang menjadi penyakit yang lebih berbahaya sampai menyebabkan kematian. Virus tersebut pertama kali muncul di cina tepatnya kota wuhan pada bulan desember 2019 tahun lalu.
Hal Penting Diketahui Tentang Virus Corona

Sampai saat ini, virus corona telah menyebar ke beberapa Negara di dunia yang mengakibatkan dampak yang begitu besar bukan hanya dari sisi kesehatan, akan tetapi sudah masuk dalam ranah ekonomi dan kebijakan politik. Bahkan beberapa Negara melalukan lockdown dan membatasi seluruh aktivitas warganya di luar rumah.

Gejala Virus Corona

Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh mereka yang terinfeksi virus tersebut dapat terlihat pada kondisi fisik yang dialami. Gejala tersebut, yaitu:
  1. Demam
  2. Batuk, sakit tenggorokan dan kelelahan
  3. sesak napas

Jika hal tersebut dirasakan oleh seseorang, maka yang harus segera mereka lakukan adalah melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi apakah positif terjangkit COVID-19 atau tidak. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran kepada orang-orang terdekat.

Cara penyebaran Virus Corona

Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda virus tersebut akan segera berakhir. Bahkan korban covid-19 cenderung meningkat dari hari ke hari. Hal tersebut terjadi karena penyebaran virus corona sangat cepat melalui benda. Adapun cara penyebaran covid-19, yaitu:
  1. Kontak langsung dengan orang yang terinfeksi termasuk dalam jangka waktu 24 jam sebelum mereka memiliki gejala.
  2. Melalui percikan batuk dari orang yang terinfeksi.
  3. Menyentuh objek atau permukaan seperti pintu, kursi, kain dan lain-lain yang memiliki tetesan dari orang yang terinfeksi.
Dari jenis cara penyebaran virus tersebut, makasetiap orang harus berhati-hati ketika melakukan aktivitas di luar rumah karena tidak ada yang bisa memastikan setiap tempat yang ada di luar sana tidak terdapat tetesan virus corona.

Orang Paling Beresiko Terjangkit

Pada dasarnya setiap orang berpotensi terjangkit covid-19, akan tetapi beberapa orang yang memiliki peluang paling beresiko terjangkit virus tersebut, yaitu:
  1. Wisatawan yang baru kembali dari luar negeri
  2. Orang yang telah terkontak langsung dengan seseorang yang telah didiagnosis terjangkit COVID-19
  3. Masyarakat dalam fasilitas pemasyarakatan dan penahanan
  4. Orang yang berada pada suatu kelompok besar seperti perumahan
  5. Berusia 65 tahun ke atas
  6. Orang yang memiliki riwayat penyakit kronis
  7. Orang yang memiliki system kekebalan tubuh yang lemah 
  8. Terkait penyebaran virus Corona pada anak-anak dan bayi belum terdapat informasi yang jelas, akan tetapi dengan meilihat realitas pada masyarakat, anak-anak dan bayi berpeluang sedikit untuk terjangkit covid-19. 
Baca Juga: Dampak Virus Corona Terhadap Pendidikan di Indonesia

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Upaya pencegahan penyebaran covid-19 tersebut harus dilakukan oleh setiap orang untuk menghindari dampak yang lebih buruk. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut, yaitu:
  1. Tinggal di rumah kecuali jika ada keperluan mendesak
  2. Membatasi berbicara langsung dengan orang lain. 
  3. Menghindari semua perjalanan bersifat kelompok
  4. Tidak berkumpul pada satu tempat
  5. Membatasi kontak dengan orang yang beresiko tinggi terjangkit, seperti orang tua dan mereka yang memiliki penyakit kronis.
  6. Berolahraga di sekitar rumah saja
  7. Menjaga jarak dengan setiap orang  sekitar dua meter. 
  8. Menghindari semua tempat ramai seperti pasar dan lain-lain.
  9. Menghindari berjabat tangan 
  10. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  11. Mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air selama minimal 20 detik, terutama setelah menggunakan kamar kecil dan saat menyiapkan makanan
  12. Menggunakan Hand Sanitizer
  13. Mengenakan masker wajah setiap kali keluar rumah

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui setiap orang tentang covid-19. Dengan mengetahui hal tersebut, setidaknya kita dapat melakukan pencegahan dari saat ini melalui hal-hal yang kecil sehingga penyebaran virus corona dapat dibatasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar