Skip to main content

Virus Corona Hanya Satu Diantara Penyebab Kematian

Mati adalah perkara yang akan dialami oleh setiap mahluk bernyawa termasuk manusia. Hal tersebut mutlak terjadi dan tidak akan dapat dihindari oleh siapa pun. Terdapat banyak ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang hal tersebut. 

Kematian yang dialami oleh manusia disebabkan oleh banyak hal tidak memandang usia, tempat, dan waktu. Kematian ibarat pintu yang mana semua manusia akan memasukinya. Dengan demikian, mempersiapkan diri untuk menghadapi perkara tersebut adalah hal yang paling penting diantara urusan dunia lainnya.
Virus Corona Penyebab Kematian

Ketakutan manusia terhadap berbagai bencana yang muncul akhir-akhir ini seharusnya tidak lebih besar daripada kekhawatiran ketika manusia telah menghadap kepada tuhannya. Bekal takwa seharusnya menjadi perhatian serius yang perlu dipersiapkan  sejak dini dari masing-masing pribadi muslim yang mengaku beriman kepada ketetapan Allah.

Perlu diingat bahwa apa yang terjadi pada diri setiap makhluk pada prinsipnya telah ditetapkan sang pencipta sejak zaman azali yaitu masa ketika belum ada sesuatu selain maha pencipta. Keyakinan tersebut harus terpatri dalam hati sanubari setiap mukmin yang menandakan kekuatan aqidahnya dalam beragama.

Virus Corona Hanya Satu Diantara Penyebab Kematian

Saat ini, terjadi peristiwa besar yang hampir terdapat pada semua Negara di belahan dunia dan telah menjadi perhatian dunia internasional. Virus Corona seakan menjadi hantu pencabut nyawa yang menjadi terror manakutkan bagi setiap orang yang mendengarnya.
Virus Corona yang diberitakan dengan istilah Covid-19 telah masuk ke Indonesia dan mulai menyebar ke beberapa provinsi menjadikan pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan pembatasan berbagai aktivitas di luar rumah dengan tujuan untuk menjaga keberlangsungan hidup warganya. Kebijakan tersebut harus disambut baik oleh setiap masyarakat sebagai bentuk ketaatan terhadap pemimpin.

Namun demikian, sebagai seorang muslim yang telah mengakar pada dirinya aqidah islamiah yang kokoh, tidak menjadikan isu Corona sebagai alasan untuk tidak meningkatkan kualitas diri sebagai hamba sang pencipta. Sebagai seorang muslim, peristiwa tersebut akan dijadikan sebagai ujian kualitas iman yang dimilikinya. Perlu diingat, bahwa segala sesuatu hanyalah sebab dari akibat yang lain termasuk perkara kematian.

Virus Corona hanyalah satu diantara banyak penyebab kematian yang setiap saat menyertai langkah dan menemani tidur kita. Penting untuk waspada terkait peristiwa ini, tetapi juga harus diingat bahwa sebelum Corona menyebar ke sudut-sudut dunia, sudah banyak jasad manusia berpisah dengan rohnya.

Baca Juga: Dampak Virus Corona Terhadap Pendidikan di Indonesia

Corona mungkin belum dekat denganmu, tetapi perhatikan detak jantungmu, paru-parumu, tekanan darahmu, rem mobil dan motormu, itu semua tidak lebih aman dari virus tersebut yang menjadi hiperbola bagi para pencari dollar.

Mengokohkan iman dan bertawakkal kepada sang khalik adalah sikap yang penting dilakukan oleh kita sebagai muslim. Setelah usaha dilakukan secara maksimal, serahkanlah segalanya kepada Allah karena ketetapan tersebut berlaku pada setiap hamba-Nya. 

Sebagai satu diantara penyabab kematian, wabah tersebut menjadikan kematian kita mulia disisi-Nya. Dalam hadis Rasulullah SAW. yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, disebutkan salah satu kategori orang yang mati syahid adalah mati karena Ath-Tha'un atau wabah. (AZ)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar