--> Skip to main content

Unsur-Unsur yang Terdapat Dalam Sejarah

Sejarah adalah ilmu tentang kejadian masa lalu yang masih berkaitan dengan kondisi saat ini. Sejarah merupakan sumber pengembangan ilmu pengetahuan pada setiap zaman. Sejarah memberikan gambaran tentang keadaan masa lampau sehingga kita bisa membandingkannya dengan keadaan hari ini sekaligus membangun konsep untuk masa yang akan datang.
Unsur Sejarah

Melalui sejarah seseorang dapat mengetahui latar belakang sebuah peristiwa sehingga pemahaman tentang peristiwa tersebut akan semakin dalam. Bukti sejarah adalah objek yang menjadi sumber informasi tentang peristiwa tersebut.

Unsur-Unsur Sejarah

Unsur sejarah adalah segala sesuatu yang menjadi pembahasan dalam ilmu sejarah. Unsur sejarah merupakan objek pembahasan dalam sejarah. Secara umum, unsur-unsur yang terdapat dalam sejarah dibagi menjadi tiga unsur, yaitu:

1. Pelaku Sejarah

Unsur pertama dalam sejarah adalah pelaku sebagai subjek yang menjalani peristiwa yang terjadi pada masa tersebut. Setiap peristiwa yang terjadi terdapat pelaku yang menjadi penggerak utama dalam peristiwa tersebut. Dengan demikian, pelaku sejarah adalah unsur yang paling utama dalam sejarah.

Baca Juga: Pengertian Sejarah Secara Umum dan Pendapat Para Tokoh

Manusia adalah pelaku sejarah yang menjadi objek kajian dalam sejarah mencakup seluruh data yang berkaitan dengannya seperti nama, tempat, tinggal, asal usul dan lain sebagainya yang menyangkut biografi orang tersebut.

2. Ruang/Tempat

Tempat adalah salah satu unsur yang terdapat dalam sejarah. Tempat berkaitan dengan lokasi kejadian atau peristiwa tersebut berlangsung. Lokasi kejadian peristiwa menjadi tempat sumber sejarah ditemukan sehingga tempat merupakan unsur yang juga harus terdapat pada sejarah.

3. Waktu

Selain pelaku dan tempat sejarah, waktu juga termasuk dalam unsur sejarah yang penting. Waktu menggambarkan kapan peristiwa tersebut terjadi. Waktu dalam sejarah menandakan sudah berapa lama peristiwa tersebut terjadi.

Baca Juga: Fungsi Sejarah dan Kegunaannya

Setiap kejadian sejarah dapat dapat dihami berdasarkan kurun waktu yang terjadi pada peristiwa. Salah satu yang membedakan objek sejarah adalah waktu kejadian sejarah tersebut. Dengan demikian, waktu dalam sejarah memberikan informasi tentang masa peristiwa tersebut terjadi.

Demikian penjelasan singkat tentang unsur-unsur yang terdapat dalam sejarah sebagai tambahan referensi bagi kita terkait pemahaman terhadap sejarah sebagai salah satu disiplin ilmu pengetahuan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar