Skip to main content

Pengertian Sehat Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Istilah sehat hampir setiap hari terdengar di telinga bahkan seringkali kita ucapkan. Namun pemahaman tentang arti sehat belum tentu dipahami oleh setiap orang. Terkadang istilah sehat dipahami ketika kita mendengar kata sakit yang merupakan antonim dari sehat.  Pada artikel kali ini, akan dijelaskan tentang pengertian sehat secara umum dan menurut pendapat para ahli.

Pengertian Sehat Secara Umum

Sehat adalah kondisi fisik dan mental yang baik sehingga seseorang mampu melakukan aktifitas secara produktif. Kesehatan seseorang ditandai dengan kemampuannya melakukan suatu pekerjaan. Sebaliknya, ketidak mampuan dalam melaksanakan pekerjaan atau aktifitas tertentu mengindikasikan bahwa kesehatannya sedang terganggu baik secara fisik maupun mental.
Pengertian Sehat


Arti sehat adalah integrasi antara mental dan fisik secara bersama-sama dan tidak dapat terpisahkan. Kesehatan fisik biasanya dipicu oleh kesehatan mental yang tidak stabil. Hal tersebut berkaitan dengan system saraf pada manusia yang saling berhubungan dalam satu tubuh. Demikian halnya kesehatan mental juga dipengaruhi oleh kesehatan fisik. Terkadang seseorang merasa prustasi dengan sesuatu yang harus diselesaikan namun karena kondisi fisiknya sedang terganggu sehingga tanggungjawabnya tersebut tidak dapat diselesaikan tepat waktu.






Dengan demikian, sehat adalah istilah yang mencerminkan dua sisi yang stabil pada seseorang yaitu fisik dan mental. Sehingga pemahaman secara umum bahwa sehat hanya berkaitan dengan kondisi fisik dapat diluruskan.

Pengertian Sehat Menurut Para Ahli

Arti sehat menurut pendapat para ahli pada dasarnya sama yang membedakan hanya pada aspek sasaran. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan tentang pengertian sehat menurut pendapat para ahli.


Majelis Ulama Indonesia mengartikan sehat sebagai ketahanan diri seseorang yang merupakan anugrah Allah swt yang harus disyukuri. Ketahanan diri tersebut mencakup aspek fisik, mental, dan sosial.



Pengertian sehat menurut white adalah kondisi baik seseorang ketika dilakukan pemeriksaan dan tidak memperlihatkan gejala-gejala sakit. Jadi, menurut white, seseorang dapat dikatakan sehat jika tidak terdapat keluhan saat diperiksa.



Paune mengemukakan arti sehat adalah kondisi diri yang memperlihatkan fungsinya bekerja secara efektif dari hasil perawatan diri baik secara psikososial maupun spirituall.

Neuman menjelaskan pemahaman sehat sebagai keseimbangan diri secara normal dan fleksibel pada ranah agama, sosial, budaya dan mental. Penjelasan tersebut mencakup seluruh aspek yang terdapat pada diri manusia. Jadi, sehat menurutnya adalah seimbangnya seluruh potensi manusia tersebut.

Sementara itu, Perkins menjelaskan arti sehat sebagai keseimbangan bentuk dan fungsi fisik serta hal-hal yang mempengaruhinya. Faktor yang mempengaruhi fisik termasuk mental, ekonomi, sosial, agama, dan budaya.





Dengan demikian, dapat disimpulkan pengertian sehat secara umum dan menurut para ahli yaitu kondisi seseorang secara fisik dan mental yang normal dan stabil serta tidak memperlihatkan gejala sakit ketika diperiksa.



Demikian penjelasan singkat tentang pengertian sehat sebagai informasi tambahan bagi kita bahwa ranah sehat secara teoritis begitu luas dan tidak terbatas pada aspek fisik saja. Dengan memahami arti sehat, maka kita akan lebih berhati-hati dalam membatasi penjelasan tentang istilah sehat dan sakit.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar