Skip to main content

Pengertian Media Pembelajaran Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Media pembelajaran memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pencapaian materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Media pembelajaran akan memudahkan siswa dalam menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian, setiap guru harus memahami apa yang dimaksud dengan media pembelajaran.
Pengertian Media Pembelajaran


Terkait pengertian media pembelajaran, maka para ahli memberikan defenisinnya masing-masing tanpa mengurangi maksud dari media pembelajaran tersebut diadakan. Untuk itu, mari kita lihat beberapa penjelasan tentang pengertian media pembelajaran baik secara umum maupun dari pendapat para ahli.

Pengertian Media Pembelajaran Secara Umum

Secara umum media pembelajaran dapat diartikan sebagai sarana yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaranagar siswa mampu memahami pelajaran dengan mudah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.





Media pembelajaran merupakan alat yang membantu guru untuk menstimulus motivasi belajar siswa sehingga potensi siswa dapat berkembang baik dari aspek kognitif, sikap dan keterampilannya. Melalui media pembelajaran situasi kelas yang membosankan dan menoton dapat teratasi.

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Adapun pengertian media pembelajaran dilihat dari pendapat para ahli, yaitu:

1. Blattner Doris

Blattner Doris berpendapat bahwa media pembelajaran adalah semua alat yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran. Menurutnya, kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh guru 50 persen dari apa yang mereka lihat. Dengan demikian, media pembelajaran memiliki dampak yang cukup besar terhadap kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran.

2. Santoso S. Hamidjojo

Santoso S. Hamidjojo menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah sarana yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang penerapannya melalui integrasi tujuan dan materi pembelajaran. Menurutnya, media pembelajaran yang digunakan oleh guru harus terintegrasi dengan materi yang memuat tujuan pembelajaran dari masing-masning bidang studi.

3. Flemming

Flemming berpendapat bahwa media pembelajaran adalah alat yang digunakan sebagai mediator antara guru dengan siswa sebagai pihak utama dalam proses pembelajaran. Menurutnya, mediator adalah sitilah untuk segala sesuatu yang berfungsi sebagai media peembelajaran.

4. Gerlach

Gerlach menjelaskan pengertian media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang memungkinkan peserta didik memperoleh pengetahuan, skill, dan perilaku.  Media pembelajaran tersebut meliputi orang, bahan, dan kegiatan.

5. Arif S. Sadirman

Arif S. Sadirman mengatakan bahwa media pembelajaran adalah semua bentuk fisik yang dapat dijadikan alat untuk menyampaikan pesan dan menstimulus peserta didik untuk belajar seperti video, buku, audio dan lain sebagainya.





Dari beberapa penjelasan tersebut baik secara umum maupun pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan pengertian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sarana untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa untuk memudahkan peserta didik dalam mencerna materi pembelajaran yang diberikan.



Demikian penjelasan tentang pengertian media pembelajaran secara umum dan menurut pendapat para ahli. Semoga memberikan informasi tambahan bagi kita bahawa media pembelajaran adalah sarana yang begitu penting diadakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar