Skip to main content

Pengertian Iman Dari Sudut Pandang Islam

Iman adalah istilah yang disandarkan kepada orang beragama terkait dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan agamanya tersebut. Iman menjadi dasar bagi orang tersebut untuk menjalankan apa yang diperintahkan dalam agama tersebut. 

Baca Juga: Mengenal 20 Sifat Wajib Allah Beserta Arti dan Penjelasannya

Pada artikel ini, kita tidak akan membahas tentang arti iman dari semua sudut pandang agama, akan tetapi hanya fokus membahas tentang pengertian iman dari sudut pandang islam saja.

Makna Iman Dalam Islam

Untuk memahami pengertian iman dalam islam, kita harus merujuk pada dua sumber definisi iman yaitu dari segi bahasa dan istilah. Secara bahasa iman merupakan akar kata dari amanu, yu’minu, imanan yang berarti percaya, tunduk, dan patuh. Jadi, pengertian iman secara bahasa adalah percaya terhadap segala sesuatu yang ditetapkan dalam islam tanpa ada keraguan sedikit pun.
Iman

Sedangkan pengertian iman dari segi istilah adalah keyakinan dalam hati dikuti dengan ucapan lisan dan dibuktikan dengan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Makna iman tersebut mengandung tiga poin utama, yaitu keyakinan, ucapan, dan perbuatan.

Baca Juga: Makna Syahadatain Dalam Aqidah Islam

Seorang muslim yang mengaku beriman harus terdapat keyakinan yang mendalam dalam hatinya tanpa terdapat keraguan. Keyakinan tersebut dinyatakan dalam bentuk lisan yang disebut “Syahadat”, yaitu pernyataan bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan-Nya. Ikrar tersebut sekaligus melambangkan seseorang sebagai muslim. Meskipun demikian, seseorang belum bisa dikatakan beriman dengan seutuhnya apabila belum membuktikan keimanannya tersebut dalam bentuk perbuatan.

Perbuatan adalah bukti nyata keimanan seorang muslim dan menghindarkannya dari sifat-sifat fasik. Fasik yaitu mengetahui kewajibannya sebagai seorang muslim namun ia tidak melaksanakannya dengan berbagai alasan. Seorang muslim yang belum melaksanakan perintah agama, maka pastinya belum memahami makna iman yang sesungguhnya.
Dalam islam, terdapat enam aspek yang menjadi objek keimanan seorang muslim yang dikenal dengan istilah rukun iman. Adapun rukun iman tersebut, yaitu:
1. Beriman kepada Allah
2. Beriman kepada malaikat
3. Beriman kepada kitab
4. Beriman kepada rasul
5. Beriman kepada  hari kiamat
6. Beriman kepada ketetapan Allah

Rukun iman tersebut merupakan prinsip dasar dalam islam yang harus dibenarkan dalam hati setiap muslim. Apabila terdapat keraguan meskipun hanya sedikit, maka identitasnya sebagai orang yang beriman akan ternodai meskipun secara administrasi ia adalah seorang muslim. Perkara iman adalah hal pokok yang harus senantiasa dijaga kemurniannya agar tetap menjadi mukmin sejati.

Baca Juga: Aqidah Islam Pengertian dan Sumbernya

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian iman menurut islam sehingga kita lebih memahami makna iman yang sesungguhnya. Iman adalah perkara hati sehingga orang lain tidak mampu mengetahuinya secara langsung, akan tetapi dapat dideteksi melalui implementasi iman dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan melaksanakan perintah agama baik yang bersifat umum atau perintah khusus yaitu ibadah yang sudah ditentukan pelaksanaannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar