Skip to main content

Pengertian Agama Secara Bahasa dan Istilah

Agama adalah salah satu identitas seseorang yang melekat pada dirinya. Bahkan, agama merupakan identitas yang paling kuat pengaruhnya bagi seseorang karena berkaitan dengan aqidah atau keyakinan. Meskipun demikian, masih banyak orang beragama belum memahami sebenarnya apa yang dimaksud dengan agama. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan pengertian agama secara bahasa dan istilah.

Pengertian Agama

Untuk memahami pengertian agama secara lengkap, maka kita harus melihatnya dari dua sudut pandang, yaitu dari segi bahasa dan istilah. Secara bahasa, agama merupakan gabungan dari dua suku kata, yaitu “a” dan  “gama”.  Kata “a” mengandung arti tidak dan “gama” berarti kacau. Kedua kata tersebut digabungkan menjadi satu kata sehingga membentuk kata “agama”, yang berarti tidak kacau.
Pengertian Agama

Pengertian agama secara bahasa tersebut bermakna aturan yang menjadi pedoman manusia sehingga hidupnya tidak menjadi kacau. Pengertian agama dari sudut pandang tersebut berasal dari bahasa sansekerta yang kemudian diadopsi menjadi bahasa Indonesia.

Baca Juga: Hubungan Antara Filsafat dan Agama

Sedangkan pengertian agama secara istilah adalah aturan dari tuhan sebagai pedoman hidup manusia dalam menjalin hubungan dengan tuhan, manusia, dan alam. Agama sebagai aturan dalam bertuhan terkait keimanan dan tata cara penyembahan kepada-Nya. Setiap ritual keagamaan harus berdasarkan tuntunan dari kitab suci sebagai sumber ajaran dalam beragama.

Sementara itu, agama yang kaitannya dengan sesama manusia yaitu tentang cara manusia bergaul dengan manusia lain. Hal tersebut juga berkaitan dengan aspek etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Agama menjadi rujukan utama dalam menetapkan perilaku yang pantas dilakukan dalam pergaulan manusia.

Selain itu, agama juga mengatur kehidupan manusia dengan alam. Agama mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa bersinergi dengan alam. Manusia dilarang untuk mengeksploitasi alam secara berlebihan tanpa ada usaha regenerasi demi keseimbangan alam tersebut. Sebagai contoh, dalam agama islam dijelaskan bahwa tidak akan terjadi kerusakan baik di darat maupun di laut kecuali akibat dari tangan manusia. Hal tersebut menggambarkan bahwa manusia harus senantiasa bersinergi dengan alam.

Baca Juga: Hubungan Antara Agama dan Budaya

Dengan demikian, definisi agama seperti yang dijelaskan tersebut di atas mengandung beberapa poin utama untuk dijadikan konsep pemahaman yang mendalam tentang pengertian agama. Poin tersebut, yaitu:
1. Agama bersumber dari tuhan
2. Agama mengatur keyakinan manusia tentang ketuhanan
3. Agama mengatur hubungan atara sesame manusia
4. Agama mengatur hubungan antara manusia dengan alam

Agama adalah identitas seseorang yang paling kuat dalam kehidupannya. Agama mununtun manusia untuk senantiasa berada pada jalur yang benar dan menghindari perilaku yang merusak diri dan orang lain. Konsekuensi agama menjadi tameng bagi manusia untuk senantiasa memperbaiki diri dan menjauhi segala bentuk kejahatan. Demikian pentingnya agama dalam kehidupan manusia.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian agama secara bahasa dan istilah sebagai referensi bagi kita semua dalam memahami makna agama dalam kehidupan manisia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar