Skip to main content

Masalah Jerawat Pada Pria: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Masalah jerawat menjadi musuh bersama bukan hanya di kalangan wanita akan tetapi juga pria. Hal tersebut karena akan mengurangi aura ketampanan yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri. Masalah jerawat seakan menjadi masalah umum yang dialami hampir setiap pria terutama bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah. 
Pengetahuan tentang masalah jerawat pada pria penting untuk dimiliki sehingga mereka dapat melakukan antisipasi dan pencegahan. Mereka harus memahami apa itu jerawat? Apa penyebab dan dampaknya, serta bagaimana cara mengatasinya.

Pengertian Jerawat

Jerawat adalah masalah yang terjadi pada kulit karena terjadinya produksi minyak yang berlebih yang berupa bintik merah. Jerawat terjadi pada bagian tubuh yang banyak  banyak terdapat kelenjar minyak seperti dibagian wajah dan leher, bagian punggung, serta pada bagian atas dada.
Masalah Jerawat Pada Pria: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Jenis masalah kulit ini berupa bintik-bintik merah dan dalam kasus yang lebih serius dapat berupa benjolan merah yang jika disentuh akan terasa sakit. Jerawat akan semakin menyebar jika produksi minyak pada area tersebut semakin banyak.

Penyebab Jerawat Pada Pria

Masalah jerawat yang dialami kaum pria dapat dipicu oleh aktivitas berlebihan di rumah yang menyebabkan kelebihan produksi minyak. Namun demikian, terdapat beberapa pria yang mengalami masalah kulit tersebut padahal mereka kebanyakan beraktivitas di dalam ruangan. Hal tersebut dapat terjadi karena masalah jerawat disebabkan oleh banyak faktor. 





Adapun penyebab jerawat pada pria, yaitu:

1. Terjadinya sumbatan pada pori karena sel kulit mati
2. Adanya bakteri yang menyebabkan peradangan
3. Produksi minyak berlebih sebagai pencegah kulit kering
4. Faktor keturunan
5. Adanya penyumbatan folikel yaitu penyebab komedo
6. Kelebihan aktivitas hormone yang seringkali dialami wanita saat haid
7. Penggunaan bahan kecantikan yang tidak sesuai dengan kulit
8. Pola hidup yang tidak teratur seperti tidur dan makan tidak tepat waktu.
9. Stress yang menyebabkan kebiasaan berubah yang memicu tingkat ketegangan semakin tinggi

Cara Mengatasi Masalah Jerawat Pada Pria

Kulit wajah yang terbebas dari jerawat menjadi kebanggaan tersendiri bagi pria yang membuatnya percaya diri tampil di depan banyak orang. Oleh karena itu, mengatasi kulit wajah dari serangan jerawat perlu dilakukan. Berikut beberapa cara mengatasi masalah jerawat pada pria, yaitu: 

1. Melindungi kulit dari sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari langsung pada kulit terutama pada bagian wajah akan menyebabkan produksi minyak berlebih untuk mengimbangi kekeringan pada kulit tersebut. Produksi minyak berlebih inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Oleh karena itu, cara agar produksi minya tidak berlebih sebagai penyebab jerawat yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari langsung.

2. Menghindari Stres

Salah satu pemicu munculnya jerawat pada kulit adalah ketidak seimbangan hormone yang disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah jerawat salah satunya dengan menjaga pikiran tetap tenang.

3. Menghindari Begadang

Penyebab timbulnya jerawat pada pria pada umumnya karena pola tidur yang tidak teratur. Begadang menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh kaum pria dengan berbagai macam alasan seperi berbain game, bercanda bersama teman, atau bahkan ngumpul-ngumpul tidak jelas. 





Jadi bagi kalian kaum pria yang ingin masalah kulit tersebut menjauh dari diri anda, maka mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut.

4. Senantiasa Menjaga Kebersihan

Adanya kulit mati menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Senantiasa menjaga kebersihan merupakan cara terbaik untuk mengatasi jerawat. Sebisa mungkin setelah melakukan aktivitas, kalian membersihkan kulit terutama pada area wajah dan punggung. Hal tersebut akan membebaskan kalian dari masalah jerawat.

5. Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Seperti diketahui bahwa tangan mengandung berbagai jenis bakteri apalagi jika kalian malas mencuci tangan secara rutin. Terlalu sering menyentuh wajah akan memicu munculnya jerawat yang disebabkan bakteri yang terdapat pada tangan. Dengan demikian, cara sederhana untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit terkhusus pada daerah wajah adalah tidak menyentuhnya terlalu sering.


Demikian penjelasan tentang masalah jerawat pada pria yang perlu diketahui agar dapat terhindar darinya. Sehingga kepercayaan diri kalian tidak terganggu hanya karena masalah kulit tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar