Skip to main content

Manfaat Menghafal Al-Qur’an yang Perlu Diketahui

Manfaat Menghafal Al-Qur’an-Menghafal Al-Qur’an adalah salah satu anjuran bagi setiap muslim untuk menjadikannya lebih dekat dengan Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menyimpan Al-Qur’an dalam ingatannya. Menghafal Al-Qur’an dapat dilakukan dengan berbagai metode tergantung dari metode apa paling cocok bagi mereka yang ingin menghafal Al-Qur’an.

Menghafal Al-Qur’an dapat dilakukan oleh setiap orang muslim baik di rumah maupun di tempat kerja. Pada prinsipnya, menghafal Al-Qur’an tidak dibatasi oleh ruang dan waktu tergantung dari mereka yang serius untuk menjadi Al-Qur’an sebagai sahabat yang senantiasa menyertainya.
Manfaat Menghafal Al-Qur’an

Selain itu, kegiatan menghafal Al-Qur’an dapat dilakukan oleh setiap orang muslim tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Memang benar bahwa menghafal Al-Qur’an bisa jadi lebih mudah bagi mereka yang masih berusia muda, akan tetapi menghafal Al-Qur’an juga dapat dilakukan oleh orang tua dan banyak sekali contoh orang tua mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik bahkan sampai mencapai 30 Juz.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membaca Al-Qur'an Metode Ummi

Waktu yang paling tepat untuk menghafal Al-Qur’an yaitu sesaat sebelum tidur dan ketika bangun dari tidur baik sebelum salat subuh maupun setelah salat subuh. Menghafal Al-Qur’an sebelum tidur malam akan menyimpan hafalan dalam ingatan di bawah alam sadar dan pengulangan setelah bangun akan merefres hafalan yang telah ada di alam bawah sadar kita. Selain itu, menghafal di waktu tersebut adalah kondisi dimana suasana lebih tenang terutama di waktu subuh. Perlu diketahui bahwa salah satu faktor keberhasilan seseorang dalam menghafal Al-Qur’an yaitu kondisi sekitar yang mendukung salah satunya adalah ketenangan dan terhindar dari gangguan.

Manfaat Menghafal Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an memberikan banyak manfaat bagi mereka yang menghafalnya. Pada tulisan kali ini ini, penulusi hanya menjelaskan beberapa manfaat menghafal Al-Qur’an yang perlu kita pahami sebagai seorang muslim.

1. Ingatan Menjadi Kuat

Manfaat menghafal Al-Qur’an yang pertama adalah ingatan kita akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Perlu diketahui bahwa kegiatan menghafal Al-Qur’an akan merangsang otak kita untuk mengingat secara terstruktur ayat demi ayat dari Al-Qur’an yang kita hafal. Kegiatan tersebut akan memaksa otak kita bekerja dengan cepat dan terstruktur sehingga lama kelamaan otak kita terbiasa mengingat dan akan menjadi semakin kuat. 

2. Emosi Menjadi Stabil

Manfaat menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah menjadikan emosi kita lebih stabil. Kegiatan menghafal Al-Qur’an membutuhkan ketenangan emosi yang stabil agar ayat Al-Qur’an yang kita hafal mudah tersimpan dalam ingatan. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa ketenagan lingkungan menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan terbiasa pada lingkungan yang tenang tersebut secara langsung akan berpengaruh pada kondisi emosi kita.

3. Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Manfaat menghafal Al-Qur’an yang terakhir yang penulis jelaskan pada tulisan kali ini, yaitu mampu meningkatkan kecerdasan Spiritual kita. Al-Qur’an adalah kalam Allah swt yang menjadi rujukan pertama dan utama bagi seorang muslim dalam menjalani kehidupannya sebagai hamba tuhan. Menghafal Al-Qur’an akan menjadikan kita lebih dekat dengannya sehingga nilai-nilai spiritual secara langsung tertanam dalam diri kita. 

Baca Juga: Cara Membaca Al-Qur'an Metode Ummi

Salah satu faktor keberhasilan menghafal Al-Qur’an adalah terhindarnya diri kita dari segala bentuk perbuatan maksiat. Oleh karena itu, menghafal Al-Qur’an akan melatih diri kita untuk senantiasa memupuk perilaku takwa dan menjauhi segala bentuk sikap yang bertentangan dengan ajaran agama. Kebiasaan tersebut akan menjadikan nilai spiritual diri akan semakin meningkat dan kuat.

Demikian sedikit penjelasan dari penulis tentang manfaat menghafal Al-Qur’an yang perlu diketahui bagi kita sebagai seorang muslim. Dengan pemahaman tersebut, motivasi untuk menghafal Al-Qur’an akan tumbuh dan mengakar dalam diri kita. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar