Skip to main content

Manfaat Belajar Psikologi Kepribadian Manusia

Belajar psikologi adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan karena berkaitan dengan pemahaman kita tentang kejiwaan seseorang. Psikologi sendiri mengandung arti ilmu yang mempelajari jiwa dan kondisi mental manusia. Belajar psikologi dapat memberikan manfaat yang cukup berarti bagi diri sendiri dan orang lain.

Kepribadian manusia pada dasarnya berbeda antara satu dengan yang lain, sehingga peran psikologi dalam hal tersebut sangat dibutuhkan. Seperti diketahui bahwa untuk menciptakan hubungan yang dengan orang lain, maka kita harus mampu menciptakan suasana yang nyaman terhadap mereka. Dengan belajar psikologi, kita akan mampu memahami kondisi kejiwaan orang-orang disekita sehingga kita mampu menentukan sikap yang mereka terima dengan baik yang akan menciptakan kedamaian dalam bersosial.

Definisi Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian adalah ilmu yang mengkaji tentang pribadi yang melekat pada diri manusia melalui sikap dan tingkah laku dalam kehidupannya. Kepribadian manusia adalah salah satu kajian dalam belajar psikologi yang berkaitan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh setiap orang.


Definisi psikologi kepribadian menurut Pervin adalah ilmu tentang karakteristik seseorang secara total yang sifatnya umum dari manusia secara keseluruhan yang memicu kebiasaan tetap dalam merespon stimulus.
Manfaat Belajar Psikologi Kepribadian Manusia

Stern mendefiniskan psikologi kepribadian sebagai ilmu tentang kehidupan seseorang secara menyeluruh terkait usaha dan tujuan untuk mendapatkan pengalaman, bertahan hidup, dan membuka diri.

Hilgrad dan Marquis menjelaskan definisi psikologi kepribadian sebagai nilai sebagai referensi rangsangan sosial dan kemampuan menjadi diri yang meyakinkan dan menkjubkan bagi orang-orang disekitarnya.

Dari keseluruhan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa psikologi kepribadian adalah ilmu tentang keseluruhuan kondisi seseorang yang memicunya dalam melakukan perilaku tertentu seperti pengalaman, bertahan hidup, dan kecenderungan untuk mendapatkan penghormatan dari orang-orang di sekitarnya.

Manfaat Belajar Psikologi Kepribadian Manusia

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa psikologi kepribadian adalah ilmu tentang jiwa yang dapat dipahami dari perilakunya, maka mempelajari jenis psikologi ini memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat belajar psikologi kepribadian manusia, yaitu:

1. Dapat Berinteraksi Dengan Mudah Dengan Orang Lain

Belajar psikologi kepribadian akan memudahkan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan menciptakan suasana menyenangkan yang seirama dengan kepribadian orang lain tersebut. Dengan demikian, orang yang memahami psikologi kepribadian manusia tidak akan mengalami kesulitan berarti dalam berinteraksi dengan orang lain.

2. Mudah Beradaptasi Dalam Satu Kelompok Berbeda

Orang yang memahami psikologi kepribadian akan mudah dalam beradaptasi dengan orang lain yang berbeda dalam satu kelompok. Pemahaman tentang jenis-jenis kepribadian manusia akan memudahkannya dalam berinteraksi dengan orang tersebut sehingga kecil kemungkinan akan terjadi konflik dalam kelempok tersebut.

3. Memiliki Kepekaan Sosial

Belajar psikologi kepribadian akan menumbuhkan rasa kepekaan seseorang dalam bersosial. Kepekaan sosial sangat dibutuhkan dalam pergaulan masyarakat karena pada dasarnya manusia selain sebagai makhluk individual dia juga merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan dalam menjaga kelangsungan hidupnya.

4. Mampu Memahami Kondisi Orang Lain

Manfaat selanjutnya mempelajari psikologi kepribadian manusia adalah memahami kondisi orang lain akan mudah dilakukan. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi kehidupan masyarakt yang harmonis dan terhindar dari berbagai konflik. Terjadinya ketegangan sosial akibat dari kesalahpahaman diantara mereka yang berawal dari ketidaksepahaman antara masing-masing pribadi.


Demikian penjelasan tentang manfaat belajar psikologi kepribadian manusia yang sangat penting dipahami sebagai mahluk sosial dalam menjalin interaksi dengan orang lain. Semoga penjelasan ini memberikan informasi kepada kita tentang pentingnya belajar psikologi kepribadian manusia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar