Skip to main content

Lembaga Pendidikan Non Formal Pada Masyarakat

Pendidikan secara umum dapat dilihat pada tiga lingkungan yang saling mendukung  satu sama lain. Lembaga pendidikan tersebut yaitu, lembaga pendidikan formal, non formal, dan informal. Namun pada tulisan ini, penulis hanya menguraikan secara singkat tentang lembaga pendidikan non formal.

Pengertian Pendidikan Non Formal

Pendidikan Non Formal adalah pendidikan pada masyarakat yang diselenggaran di luar jalur pendidikan formal yang dilakukan secara terstruktur dan berjenjang sebagai pendukung terhadap pendidikan formal. Pendidikan non formal memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan pendidikan pada masyarakat. 

Baca Juga: Sekolah Sebagai Lembaga Pendidikan Formal

Pendidikan secara formal terkadang belum mampu memenuhi harapan masyarakat tentang perkembangan kognitif anaknya sehingga mereka butuh lembaga pendidikan non formal sebagai penopang.
Lembaga Pendidikan Non Formal

Lembaga pendidikan non formal memberikan kontribusi besar terhadap kesadaran masyarakat akan pendidikan. Terdapat banyak jenis pendidikan non formal yang terdapat pada masyarakat, seperti lembaga kursus, organisasi masyarakat, majelsis taklim, taman pendidikan Alquran dan lain sebagainya.

Fungsi Lembaga Pendidikan Non Formal

Fungsi lembaga pendidikan non formal yaitu sebagai pelengkap dari pendidikan formal yang diselenggaran oleh pemerintah dan swasta. Selain itu, pendidikan non formal juga berfungsi sebagai barometer keberhasilan pendidikan formal yang ada. Semakin banyaknya masyarakat yang yang menggunakan jasa lembaga kursus untuk mengembangkan potensi anak mereka menjadi salah satu indikator ketidak puasan masyarakat terhadap pendidikan formal.

Sementara itu, pendidikan non formal pada ranah agama berfungsi sebagai wadah untuk mendukung kehidupan beragama masyarakat yang terkadang tidak mampu dipenuhi oleh lembaga formal. Majelis taklim adalah salah satu lembaga non formal pada masyarakat yang menjadi sarana untuk membangun pemahaman keagamaan pada masyarakat.

Tujuan Lembaga Pendidikan Non Formal

Adapun tujuan lembaga pendidikan non formal pada masyarakat dapat dilihat dari jenis masing-masing lembaga. Dalam hal agama, pendidikan non formal bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan pelaksanaan keagamaan pada masyarakat.
Dalam hal sosial budaya, lembaga pendidikan non formal bertujuan u ntuk membangun masyarakat yang mampu memahi dirinya sebagai mahluk sosial yaitu kemampuan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, meningkatkan rasa kepedulian antar sesasama, dan saling menerima perbedaan budaya dan adat-istiadat.

Baca Juga: Pengertian Pendidikan dan Unsur-Unsurnya

Dalam ranah ekonomi dan politik, lembaga pendidikan non formal bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyakat tentang pentingnya hidup berbang pada suatu Negara. Membangun ekonomi sebagai langkah awal kemajuan bangsa dan Negara.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa pendidikan non formal pada masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat baik dari segi pendidikan umum, keagamaan, politik, sosial dan budaya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar