Skip to main content

Jenis-Jenis Perilaku Abnormal

Perilaku manusia pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perilaku normal dan abnormal. Perilaku normal adalah perilaku wajar yang dilakukan seseorang. Sebalinya perilaku abnormal adalah perilaku yang dianggap aneh atau tidak wajar pada seseorang. Untuk lebih jelasnya, akan diuraikan lebih lanjut.

Pengertian Perilaku Abnormal 

Perilaku abnormal adalah sikap pada diri seseorang yang memperlihatkan ketidakwajaran dalam kehidupan sosial. Perilaku abnormal berbeda dengan sikap orang lain secara umum dalam kesehariannya, meskipun terkadang tidak dapat dibedakan secara sekilas.
Perilaku Abnormal

Perilaku abnormal yang dilakukan oleh seseorang terkadang mendapatkan perlakuan berbeda dari masyarakat pada umumnya karena perilaku aneh yang diperlihatkannya. Seseorang yang berperilaku abnormal terkadang dikucilkan dan mendapatkan perlakuan kasar dari orang yang tidak memahaminya.

Baca Juga: Perilaku Menyimpang

Perilaku abnormal dapat terjadi pada seseorang karena faktor dari dalam dirinya yang disebabkan oleh genetik dan juga pengaruh dari luar yaitu pergaulan dalam kehidupannya. Selain genetika dan pergaulan, kebiasaan dan pola hidup seseorang juga menjadi penyebab terjadinya perilaku abnormal. Pergaulan dan kebiasaan merupakan faktor yang paling berpengaruh pada perilaku seseorang termasuk perilaku abnormal tersebut.

Jenis-Jenis Perilaku Abnormal

Terdapat beberapa jenis perilaku abnormal yang terjadi pada seseorang. Untuk mengenali perilaku abnormal tersebut, berikut penjelasannya.

1. Psikopat

Psikopat adalah salah satu perilaku abnormal yang secara langsung merugikan diri sendiri dan orang lain. Psikopat adalah perilaku yang memperlihatkan sikap anti sosial yaitu kecenderungan untuk tidak memperdulikan orang lain. Orang yang mengalami psikopat mementingkan keinginan diri sendiri dan menjauhi orang lain.

2. Kelainan Seksual

Kelainan seksual adalah perilaku seksual menyimpang dari dorongan seksual normal. Jenis kelainan seksual menyimpang yang terdapat pada masyarakat, yaitu :
  • Homoseksual
  • Lesbian
  • Fedofilia
  • Fetisisme
  • Nekrofilia
  • Bestiality
  • Gerontoseksualitas
  • Incest
Untuk mengatasi perilaku abnormal ini, maka perlu mengenalkan pendidikan seksual kepada generasi muda sejak dini dengan menggunakan pendekatan agama. Perilaku seksual menyimpang dapat mempengaruhi suasana lingkungan dimana mereka tinggal dan meresahkan lingkungan sekitarnya.

3. Psikoneurosis

Psikoneurosis adalah gangguan mental yang dialami oleh seseorang yang disebabkan karena peristiwa masa lalu atau faktor genetika yang diturunkan kepadanya. Jenis perilaku abnormal tersebut sifatnya ringan dan bisa diatasi dengan terafi yang berkelanjutan. Meskipun demikian, psikoneurosis akan tetap dialami oleh seseorang jika tidak ada usaha yang nyata dan pendampingan yang baik.

Baca Juga: Pengertian Penyakit Sosial dan Macam-Macamnya

Psikoneurosis dapat dideteksi pada seseorang jika ia memperlihatkan kecemasan berlebihan tanpa alasan yang jelas. Kecenderungan untuk mempertahankan diri akan senantiasa diperlihatkan meskipun tidak terdapat ancaman yang mengarah kepadanya. Beberapa jenis psikoneurosis yang dialami oleh seseorang, yaitu:
  • Selalu ingin meninggalkan rumah yang dikenal sebagai fugue
  • Tidur sambil berjalan atau somnabolisme
  • Kepribadian ganda
  • Ketakutan tanpa sebab yang disebut fobia
  • Keinginan terhadap sesuatu yang tidak rasional atau obsesi
  • Perilaku emosional dan dramatis berlebihan atau disebut hysteria

4. Psikosis

Psikosis adalah perilaku abnormal yang terjadi karena adanya gangguan kejiwaan pada seseorang yaitu ketimpangan antara pikiran dan kenyataan yang ada. Gangguan mental tersebut berupa halusinasi yang senantiasa dialami.

Psikosis dapat disebabkan karena penyakit yang diderita oleh pengidap perilaku abnormal tersebut. Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan menjadi pemicu paling besar terjadinya psikosis pada seseorang. Psikosis menjadikan seseorang hidup pada alamnya sendiri dan tidak mampu menjalin hubungan dengan orang lain.

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis perilaku abnormal yang terdapat pada masyarakat. Memahami hal tersebut, mejadikan kita lebih waspada terhadap dampak yang ditimbulkan sekaligus menjaga diri agar terhindar dari perilaku abnormal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar