Skip to main content

Dampak Negatif dan Positif Virus Corona Terhadap Masyarakat

Dampak virus corona sudah semakin terasa dalam kehidupan masyarakat. Virus corona telah menjadi influenser paling kuat hampir pada semua sektor kehidupan masyarakat saat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari informasi yang beredar akan bahaya virus corona apabila menjakiti seseorang. Virus corona telah mengalihkan perhatian masyarakat terhadap isu-isu yang sebenarnya tidak kalah penting untuk diperhatikan.

A. Dampak Negatif Virus Corona Terhadap Masyarakat

Virus corona telah menjadi teror yang sangat menakutkan yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dalam aspek sosial, Virus corona telah membatasi masyarakat bersilaturrahmi dengan kerabatnya. Hal tersebut harus dilakukan sebagai bentuk partisipasi terhadap kebijakan pemerintah yang menghimbau seluruh masyarakat tinggal di rumah dengan tujuan untuk membatasi penyebaran virus corona yang apabila terjadi maka dampaknya tentu jauh lebih besar.
Dampak Negatif dan Positif Virus Corona

Pada sektor spiritual, virus corona telah menjadi tirai penghalang seseorang melaksanakan ritual di tempat ibadah. Dengan melihat situasi dan kondisi saat ini, pemerintah dengan terpaksa menghimbau masyarakat untuk melaksanakan salat berjamaah di rumah termasuk salat jum’at.


Selain itu, dalam aspek ekonomi, masyarakat sudah mulai kesulitan mendapatkan kebutuhan yang mereka perlukan ditambah harga yang sudah mulai melonjak. Hal tersebut akibat berhentinya beberapa sektor ekonomi pada masyarakat. Pasar yang merupakan tempat perputaran ekonomi pada masyarakat, kini sepi  karena masyarakat khawatir melakukan transaksi di tempat umum. 

Para pekerja mandiri seperti ojek online, sopir taksi, tukang becak, dan yang lainnya kesulitan mendapatkan penumpang sehingga penghasilan mereka turun drastis dari biasanya. Akibatnya, mereka kesulitan menafkahi keluarga apalagi bagi mereka yang memiliki cicilan rumah dan kendaraan. Virus corona telah menjadikan para pekerja mandiri seperti pekerja rodi peras keringat banting tulang hasil dikali nol.

Sementara itu pada sektor pendidikan, virus corona telah membatalakan berbagai agenda besar yang seharusnya dilakukan beberapa waktu kedepan. Ujian Nasional dan Ujian Kenaikan Kelas telah resmi ditiadakan oleh pemerintah sebagai bentuk antisipasi merebaknya virus corona kepada guru dan siswa serta mereka yang terlibat langsung dengan dunia pendidikan.

B. Dampak Positif Virus Corona Terhadap Kehidupan Masyarakat

Dalam menyikapi dampak virus corona pada masyarakat, maka tidak adil rasanya jika pembahasan hanya berkisar sekitar dampak negative wabah tersebut. Paling tidak, kita juga harus melihat dampak positif penyebaran virus corona pada masyarakat. Adapun dampak positif virus corona pada masyarakat yang bisa dilihat, yaitu:
  1. Masyarakat lebih waspada terhadap berbagai hal yang dapat menimbulkan penyakit
  2. Masyarakt lebih perhatian tehadap kebersihan diri dan lingkungan.
  3. Beberapa diantara masyarakat dapat beristirahat dari berbagai kejenuhan kerja yang selama ini menekannya.
  4. Masyarakat akan lebih meningkatkan kualitas ibadah untuk mempersiapkan kemungkinan besar yang menimpa dirinya.
  5. Menghindari perkumpulan yang kurang bermanfaat yang hanya sekedar nongkrong
  6. Masyarakat akan menjadi lebih intstropeksi diri tentang pola hidup sehat.
  7. Senantiasa mengkoreksi keimanan kita dalam menyikapi penyebaran virus corona.


Demikian beberapa dampak positif penyebaran virus corona pada masyarakat yang setidaknya menjadi pelipur lara diantara ketakutan masyarakat terhadap teror virus corona yang setiap hari menelan korban. Dengan demikian, kita akan senantiasa melihat sebuah peristiwa pada aspek yang berbeda baik aspek negatif maupun aspek positif virus corona.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar