Skip to main content

Cara Orang Tua Menjaga Anak Berkebutuhan Khusus Tetap Aman

Kita semua ingin menjaga anak kita aman dan aman dan membantu mereka untuk menjadi bahagia dan sehat. Mencegah cedera dan bahaya sama halnya bagi anak berkebutuhan khusus dibandingkan anak normal. Namun, menemukan cara yang tepat tentang menjaga anak berkebutuhan khusus yang mungkin dihadapi anak pada usia yang berbeda sering tidak mudah bagi orang tua untuk memahaminya. Setiap anak berbeda dan rekomendasi umum yang tersedia untuk menjaga agar anak tetap aman harus disesuaikan agar sesuai dengan keterampilan dan kemampuannya.

Menjaga Anak Berkebutuhan Khusus Tetap Aman

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua dan pengasuh untuk menjaga agar anak berkebutuhan khusus tetap aman. Adapun yang harus dilakukan oleh orang tua atau pengasuh, yaitu:
  1. Memahami masalah dan kondisi khusus yang dimiliki anak.
  2. Merencanakan cara untuk melindungi anak tersebut.
  3. Memahami bahwa kebutuhan anak berkebutuhan khusus akan berubah seiring berjalannya waktu.

Orang tua atau pengasuh dapat berbicara dengan dokter anak  atau profesional kesehatan tentang bagaimana menjaga anak mereka tetap aman. Selain itu, Guru atau penyedia perawatan anak tersebut mungkin juga memiliki beberapa ide yang baik. Setelah memiliki ide tentang menjaga anak tetap aman, selanjutnya adalah membuat rencana keselamatan dan menjelaskannya kepada anak tersebut serta berbagi dengan orang dewasa lain yang mungkin dapat membantu.

Apa Yang Bisa Orang Tua dan Pengasuh Lakukan?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan saat membuat rencana keselamatan untuk anak berkebutuhan khusus:

1. Melakukan Aktifitas Disekitar Anak

Terkadang anak dihadapkan pada situasi yang tidak aman, terutama di tempat baru. Anak yang memiliki kemampuan terbatas untuk bergerak, melihat, mendengar, atau membuat keputusan, dan anak yang tidak merasakan atau memahami rasa sakit mungkin tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak aman, atau mungkin mengalami kesulitan untuk menjauh.
Cara Orang Tua Menjaga Anak Berkebutuhan Khusus Tetap Aman

Lihatlah di sekitar di mana mereka bergerak dan pastikan setiap tempat aman dari hal-hal yang tidak dapat diatasi oleh anak tersebut. Periksa pakaian dan mainannya, Apakah sudah sesuai dengan kemampuannya, bukan hanya usia dan ukuran. Sebagai contoh, pakaian dan mainan yang diperuntukkan bagi anak yang lebih tua mungkin tidak aman bagi anak yang belum mandiri.

2. Menyiapkan Peralatan Keselamatan

Menyiapkan peralatan keselamatan adalah hal yang sangat penting bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika anak diluar pemantauan meskipun dalam waktu yang singkat. 
Sebagai contoh, penyebab utama kecelakaan anak berkebutuhan khusus adalah kendaraan bermotor. Menjaga keamanan anak di dalam mobil adalah hal yang penting. Ketika memilih kursi mobil yang tepat, perlu mempertimbangkan apakah anak tersebut memiliki kesulitan duduk diam di kursi, juga perlu mempertimbangkan usia anak, tinggi, dan berat badannya. Jika Anda memiliki anak berkebutuhan khusus, Bicaralah dengan profesional kesehatan tentang jenis kursi mobil terbaik atau penguat kursi dan posisi kursi yang tepat untuk anak tersebut. 

3. Senantiasa Berkomunikasi

Apakah anak tersebut memiliki masalah dalam berbicara atau memahami? Anak yang memiliki masalah berkomunikasi mungkin memiliki kemampuan terbatas untuk belajar tentang keselamatan dirinya.
Misalnya, anak yang tidak dapat mendengar mungkin melewatkan petunjuk lisan. Anak yang memiliki kesulitan memahami atau mengingat mungkin tidak belajar tentang keamanan semudah anak normal lainnya. Anak yang memiliki kesulitan berkomunikasi mungkin tidak dapat mengajukan pertanyaan tentang keselamatan. Orang dewasa mungkin berpikir bahwa anak berkebutuhan khusus tersebut menyadari bahaya di sekitarnya padahal sikap tersebut salah.
Orang tua dan pengasuh perlu menemukan cara yang berbeda untuk mengajari anak mereka tentang keselamatan dirinya, seperti:
  1. Menunjukkan kepada mereka apa yang harus dilakukan
  2. Berpura-pura bermain untuk berlatih
  3. Berlatih secara teratur
Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan oleh orang tua atau pengasuh agar anakny tetap aman yaitu berkomunikasi dengan simbol.  Misalnya, anak berkebutuhan khusus tersebut diajari  menggunakan peluit, lonceng, atau alarm yang dapat memperingatkan orang lain terhadap bahaya. Beritahu orang dewasa yang mengurus anak tersebut tentang cara untuk berkomunikasi dengan anak itu jika ada bahaya.

4. Mengajari Membuat Keputusan

Apakah anak tersebut memiliki masalah dalam membuat keputusan? Anak mungkin memiliki kemampuan terbatas untuk membuat keputusan baik karena keterlambatan perkembangan atau batas dalam keterampilan berpikir mereka atau dalam kemampuan mereka untuk menghentikan diri dari melakukan hal yang mereka inginkan yang tidak seharusnya dilakukan.
Beberapa anak mungkin juga memiliki masalah dalam membedakan situasi orang aman atau berbahaya dan mereka mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan. Orang tua dan pengasuh dapat memberikan petunjuk khusus kepada anak tentang bagaimana berperilaku dalam situasi tertentu yang mungkin berbahaya. 

5. Bergerak dan menjelajah

Apakah anak berkebutuhan khusus memiliki cukup kesempatan untuk bergerak dan mengeksplorasi? Anak tersebut tentu membutuhkan perlindungan ekstra. Tapi sama seperti semua anak, mereka juga perlu bergerak dan menjelajah sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan tubuh dan pikirannya.


Beberapa orang tua anak kebutuhan khusus tidak mampu melakukan perlindungan ekstra kepada anaknya dengan alibi bahwa tidak mungkin untuk melindungi anak dari setiap benjolan dan memar. Menjajaki dapat membantu anak mempelajari apa yang aman dan apa yang mungkin sulit atau berbahaya. Menjadi bugar dan sehat dapat membantu anak tetap aman, dan gaya hidup aktif penting untuk kesehatan jangka panjang.
Anak berkebutuhan khusus mungkin merasa sulit untuk mengambil bagian dalam olahraga dan bermain aktif, sehingga  peralatan perlu disesuaikan, pelatih memerlukan informasi tambahan dan dukungan untuk membantu anak dalam mengalami kesulitan.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua atau pengasuh agar anak mereka yang berkebutuhan khusus bisa tetap aman. Penting untuk diperhatikan, bahwa perlakuan sikap tehadap anak berkebutuhan khusus tetap sama dengan anak normal lainya meskipun pada situasi tertentu perlu penangan khusus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar