--> Skip to main content

Batas Akhir Penyebaran Virus Corona Pada Masyarakat

Sampai saat ini, penyebaran virus corona masih tetap mengantui masyarakat bahkan penyebarannya pun semakin meluas ke berbagai daerah di Indonesia. Berbagai dampak yang ditimbulkan oleh virus tersebut semakin terasa bagi masyarakat terutama bagi mereka dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Keterbatasan bahan pokok sudah mulai terlihat akibat berhentinya pergerakan ekonomi pada beberapa sektor. Kondisi tersebut juga menjadi pemicu melabungnya harga beberapa bahan pokok dari sebelumnya. 


Ketersediaan kebutuhan bahan pokok yang terbatas tersebut, juga disebabkan oleh panic buying yang dilakukan oleh segelintir orang yang mampu secara ekonomi. Kekhawatiran akan keterbatasan kebutuhan bahan pokok yang semakin besar menjadi pemicu orang-orang kaya melakukan penimbunan untuk persediaan mereka selama kebijakan pembatasan aktivitas di luar rumah masih diberlakukan.

Batas Akhir Penyebaran Virus Corona Pada Masyarakat

Dibalik kekhawatiran akan dampak penyebaran virus corona yang semakin besar tersebut, timbul dihati kecil masing-masing orang, sampai kapan penyebaran virus corona akan berakhir?. Mungkin bisikan hati kecil tersebut terdapat pada diri setiap warga Negara saat ini.
Batas Akhir Penyebaran Virus Corona Pada Masyarakat

Sampai saat ini, belum ada informasi terkait batas akhir penyebaran virus corona pada masyarakat. Meskipun demikian, informasi terkait pembatasan kegiatan di luar rumah selama 14 hari dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Empat Belas Hari merupakan masa inkubasi yaitu durasi waktu antara awal masuknya virus corona ke dalam tubuh sampai timbulnya penyakit akibat virus tersebut.

Dengan kebijakan pemerintah tersebut, paling tidak batas penyebaran virus corona tidak akan berlangsung lama apalagi sampai bertahun-tahun. Dengan melihat Negara cina sebagai sumber awal munculnya virus corona, maka harapan kita adalah penyebaran virus corona maksimal sampai lima bulan sejak munculnya di Indonesia, seperti Negara asalnya yang hari ini dinyatakan 0% sejak awal munculnya.


Terlepas dari harapan masyarakat tentang batas akhir penyebaran virus corona tersebut, menjaga kebersihan dan imunitas diri adalah hal yang harus dilakukan agar penyebaran virus corona terhadap diri dan orang-orang yang ada di sekeliling kita dapat dibatasi. Perlu diingat bahwa selain menjaga interaksi dengan orang lain, kebersihan dan daya tahan tubuh adalah salah satu faktor virus tersebut cepat menyebar.

Dengan demikian, tentang batas akhir penyebaran virus corona pada masyarakat tidak perlu terlalu dikhawatirkan asalkan himbauan dari pemerintah dilaksanakan dengan benar.  Partisipasi setiap masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas dapat dilakukan dengan mentaati kebijakan tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar