Skip to main content

Akibat Pergaulan Bebas Bagi Masyarakat

Saat ini, pergaulan bebas yang terjadi di masyarakat bukan lagi menjadi hal yang tabuh bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi kalangan tertentu. Pergaulan bebas adalah salah satu ancaman terbebar bagi peradaban bangsa pada masa yang akan datang. Generasi bangsa hari ini adalah cerminan kondisi bangsa kedepannya. 
Akibat Pergaulan Bebas Bagi Masyarakat


Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi setiap warga Negara untuk mengambil peran dalam menjaga generasi bangsa teruma dalam hal pergaulan bebas.

Akibat Pergaulan Bebas Bagi Masyarakat

Kalau kita sadari, pergaulan bebas yang terjadi pada masyarakat memiliki akibat yang sangat besar terhadap keberlangsungan kehidupan bangsa yang bermoral. Pergaulan bebas menjadi sumber rusaknya tatanan kehidupan masyarakat yang beradap. Hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh globalisasi yang menyerap berbagai budaya luar ke dalam budaya lokal.





Akibat dari adanya pertukaran budaya antar bangsa tersebut, sehingga gaya hidup masyarakat juga ikut berubah termasuk di dalamnya pergaulan bebas dalam kehidupan sehari-hari. Adapun akibat pergaulan bebas bagi masyarakat, yaitu:

1. Akan Terjadi pergeseran budaya

Maraknya pergaulan bebas akan mengakibatkan pergeseran nilai pada masyarakat. Sebagai contoh, interaksi antar lawan jenis yang sudah kehilangan batas dimana para pemuda menjadikan pacaran sebagai gaya hidup. Hidup bersama dalam satu atap sebelum menikah sudah dianggap biasa seperti kehidupan orang-orang barat. Padahal, budaya timur sebagai identitas bangsa kita menjadikan semua itu sebagai hal yang tabuh dan aib. Namun saat ini, hal tersebut sudah terjadi pada masyarakat akibat pergaulan bebas yang mangadopsi budaya barat yang notabene bertentangan dengan budaya kita sebagai sebagai bangsa yang bermartabat.

2. Akan Tumbuh Sikap Materialisme dan Individualme

Pergaulan bebas juga berakibat pada kehidupan masyarakat yang materialistis dan individulalis. Budaya gotong royong dan kebersamaan perlahan mulai memudar dan hilang. Segala sesuatu akan diukur dengan materi tanpa memperhatikan sikap simpati dan empati kepada orang lain. Pergaulan bebas akan menjadikan masyarat mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Pergaulan bebas mengakibatkan pemikiran masyarakat serba materi.

3. Akan Hilang Sikap Sopan Santun

Sopan santun adalah salah satu nilai luhur bangsa yang menjadi identintas tersendiri sehingga disegani bangsa lain. Akan tetapi, keluhuran bangsa tersebut nampaknya sudah mulai pudar seiring dengan pergaulan bebas yang terjadi pada masyarakat. Generasi muda sudah tidak memahami etika dan tata krama dalam pergaulan. Akabitnya, nilai sopan santun pun sudah hilang karena pergaulan remaja yang sudah tidak mengenal batas.

4. Akan Berkembang Sikap Anti Agama

Akibat pergaulan bebas pada remaja selanjutnya adalah berkembangnya sikap anti agama. Seperti diketahui bahwa agama merupakan sumber akhlak pertama dalam mengatur kehidupan  berbangsa dan bernegara. Pergaulan bebas yang sudah marak terjadi pada masyarakat akan menimbulkan sikap anti agama. 





Hal tersebut terjadi karena agama melarang pergaulan bebas pada masyarakat tersebut sehingga mereka yang sudah menjadikan pergaulan bebas sebagai gaya hidup akan memandang agama sebagai ancaman dalam kehidupannya.



Itulah beberapa akibat pergaulan bebas pada masyarakat yang harus diwaspadai oleh kita sekalian, dimana kita sebagai bangsa yang beradab dan relegius senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa sebagai warisan dari para pendiri bangsa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar