Skip to main content

Mengenal Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa Nasional Bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam bahasa daerah yang terdapat di Negara Indonesia. Sebagai Bahasa Nasional, Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa. 
Sejarah Bahasa Indonesia

Dalam catatan sejarah, bahasa Indonesia lahir dari dari tekad yang kuat para pendiri bangsa untuk menciptakan satu bahasa persatuan yang kemudian dikenal sebagai Bahasa Indonesia. Awal mula dicetuskannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yaitu pada tanggal 28 Oktober oleh para pemuda dari setiap daerah di Indonesia. Para pemuda tersebut bersama-sama berikrar yang kemudian dikenal sebagai sumpah pemuda. Salah satu poin dari sumpah pemuda tersebut yaitu bahasa satu yaitu bahasa Indonesia.

Sejarah Bahasa Indonesia

Asal usul bahasa Indonesia yaitu dari bahasa melayu. Sebelum bahasa Indonesia resmi dijadikan sebagai bahasa nasional seperti yang dimuat dalam pasal 36 Undang-Undang Dasar 1945, bahasa yang digunakan oleh masyarakat nusantara kala itu adalah bahasa melayu. Bahasa melayu menjadi bahasa penyambung diantara kerajaan-kerajaan yang melakukan sosialisasi dengan kerjaan lain.

Selain itu, bahasa melayu yang merupakan induk dari bahasa Indonesia adalah bahasa resmi kerajaan pada masa itu. Setiap penduduk kerajaan menggunakan bahasa melayu dalam melakukan aktivitas keseharian. Bahasa melayu digunakan dalam melakukan hubungan kerjasama seperti perdagangan baik di dalam negeri maupun dari luar kerjaan. Dalam perkembangannya bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa kebudayaan.

Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa nasional Indonesia, adapun faktor-faktor tersebut, diantaranya:
  1. Sejak lama bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa pengantar dalam berkomunikasi
  2. Setiap suku di Indonesia telah mengenal bahasa melayu sehingga mereka mudah menerimanya
  3. Bahasa melayu mudah diserap karena struktur katanya yang sederhana
  4. Bahasa melayu sudah menjadi bahasa kebudayaan
Itulah beberapa faktor yang menjadikan para tokoh bangsa menjadikan bahasa melayu sebagai bahasa nasional Indonesia. 

Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia menyerap bahasa dari daerah maupun Negara lain. Dalam kondisi tersebut, bahasa Indonesia mengalami beberapa kali penyempurnaan ejaan. Adapun penyempurnaan ejaan bahasa Indonesia, yaitu:
  1. Ejaan Van Ophuijen
  2. Ejaan Republik
  3. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan  atau  EYD 
  4. Ejaan Bahasa Indonesia atau EBI
Demikian penjelasan singkat tentang sejarah bahasa Indonesia yang perlu diketahui oleh generasi saat ini. Sehingga pengetahuan generasi milenial tentang bahasanya dapat diketahui bukan hanya sebatas penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar