Program Puasa Sunnah SDIT Ikhtiar Makassar

Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar adalah salah satu sekolah di Makassar yang sangat diminati masyarakat di Makassar. Tingginya minat masyarakat untuk mensekolahkan anaknya di SDIT Ikhtiar tidak terlepas dari beberapa program unggulan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan tersebut. Salah satu program unggulan yang terdapat di SDIT Ikhtiar Makassar adalah puasa sunnah sekaligus buka puasa bersama.

Puasa Sunnah SDIT Ikhtiar Makassar

Puasa sunnah yang dilakukan oleh seluruh guru dan siswa SDIT Ikhtiar adalah salah satu program kesiswaan yang merupakan bagian dari program sadar ibadah yaitu salah satu QA (Quality Assurance) yang merupakan jaminan mutu SDIT Ikhtiar.

Puasa sunnah yang diprogramkan dua kali sebulan sekaligus buka puasa bersama sekali sebulam bertujuan untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam melaksanakan ibadah-ibdah sunnah khususnya ibadah puasa yang dikemas dalam program sadar puasa. Sementara itu, buka puasa bersama yang diadakan pada  puasa sunnah kedua bertujuan untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebersamaan sehingga mampu menyebarkan nilai-nilai ukhuwah antara generasi bangsa yang berkarakter, cerdasa, dan kompetitif.

Baca Juga: Syarat Menjadi Guru SDIT

Pada kegiatan buka puasa bersama, terdapat beberapa kegiatan yang diikuti oleh siswa dan guru. Sementara menunggu buka puasa, baik guru maupun siswa bersama-sama mendengarkan ceramah pengantar buka puasa yang disampaikan oleh guru atau ustaz yang telah dijadwal sebelumnya. Kegiatan tersebut menjadi nilai tambah tersendiri bagi guru dan siswa untuk lebih meningkatkan semangat ibadahnya.

Selain itu, menjelang berbuka seluruh siswa dengan sendirinya mengatur posisinya masing-masing tanpa mendahului siswa yang lain untuk mengambil menu berbuka puasa. Pembiasaan tersebut dilakukan untuk melatih siswa berperilaku disiplin dan menghargai orang lain. 

Program puasa sunnah dan buka puasa bersama sudah menjadi budaya yang diterapkan sejak lama oleh lembaga tersebut. Antusiasme siswa dan orang tua/wali siswa semakin tahun semakin tinggi dengan melihat nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada program puasa sunnah tersebut. Bahkan dalam perkembangannya, bukan hanya siswa dan guru yang ikut secara langsung berpartisipasi pada program tersebut, tetapi juga orang tua siswa dan masyarakat. 

Baca Juga: Keunggulan Sekolah Islam Terpadu

Dengan demikian, Program puasa sunnah sekaligus iftor jama’I harus terus mendapatkan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dalam segala bentuk. Hal tersebut tidak terlepas dari nilai-nilai spiritual dan karakter yang terdapat pada kegiatan tersebut agar tetap berlanjut dan dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu.