--> Skip to main content

Persyaratan dan Biaya Nikah Tahun Ini

Nikah adalah akad atau perjanjian yang dilakukan seseorang berdasarkan syarat yang telah ditentukan. Nikah adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad saw yang memiliki peran penting dalam kehidupan seorang muslim. Melalui pernikahan seorang muslim dapat memabangun keluarga bahagia sesuai dengan hak dan kewajiban antara suami, istri, dan anak.

A. Persyaratan Nikah Tahun Ini

Pernikahan yang dilakukan oleh seseorang harus sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh agama dan Negara. 
Persyaratan dan Biaya Nikah
Sumber: pixabay

Oleh karena itu, pernikahan yang terjadi tetapi tidak sesuai dengan ketententuan baik Negara ataupun agama, maka pernikahannya tidak sah.
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi agar sah dalam pandangan Negara, yaitu:

1. Melengkapi dokumen domisili

Persyaratan pertama jika ingin melaksanakan pernikahan adalah dokumen tempat dimana anda tinggal harus lengkap. Adapun kelengkapan tersebut, yaitu:

  1. Potocopy Kartu Tanda Penduduk
  2. Potocopy Kartu Keluarga
  3. Potocopy Kartu Tanda Pengenal Orang Tua
  4. Keterangan Diri
  5. Poto sebanyak 3 lembar ukuran 3x2

2. Mengurus Surat Pengantar Pernikahan

Surat pengantar pernikahan harus dilampirkan dalam dokumen pernikahan yang diajukan. Adapun surat pengantar pernikahan tersebut meliputi:

  1. Surat pengantar dari RT atau RW
  2. Surat pengantar kelurahan
  3. Surat Keterangan Nikah
  4. Surat keterang kedua orang tua
  5. Surat persetujuan orang tua apabila umur anda belum mencapai 21 Tahun.

Itulah persyaratan yang harus dipenuhi jika kalian berencana menikah tahun ini. Pastikan semua dokumen yang tertulit tersebut di atas kalian lengkapi agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

B. Biaya Nikah Tahun Ini

Selain persyaratan yang harus dilengkapi, kalian juga perlu mempersiapkan anggaran untuk biaya pernikahan.  Pada dasarnya biaya nikah tergantung dari kebijakan masing-masing daerah. 

Baca Juga: Pengertian Pernikahan, Hukum, Syarat, dan Rukunnya 

Namun secara umum biaya tersebut tidak berbeda jauh satu sama lain kecuali dalam hal pesta dan budaya masing-masing daerah. Adapun rincian biaya pernikahan secara umum yang harus kalian persiapkan, yaitu:

1. Biaya Administrasi

Biaya wajib adalah biaya harus harus anda persiapkan dalam pernikahan. Adapun biaya tersebut termasuk: 

  1. Biaya pencatatan nikah sebesar Rp. 30.000
  2. Biaya nikah diluar jam kerja KUA Rp. 600.000
  3. Biaya mahar tergantung dari mempelai

2. Biaya Acara

Biaya acara nikah pada dasarnya tergantung dari kalian yang akan menikah. Jika acara pernikahan besar, maka pastinya biaya yang dibutuhkan juga tergolong besar. 

Baca Juga: Pernikahan Dalam Islam

Adapun biaya pesta pernikahan yang umum diadakan, diantaranya:

  1. Sewa tenda
  2. Sewa kursi
  3. Biaya gedung jika dilaksanakan di gedung
  4. Transfortasi
  5. Catering
  6. Hiburan
  7. Dokumentasi
  8. Undangan

Itulah beberapa poin biaya pernikahan yang harus kalian persiapkan. Meskipun demikian, biaya bukanlah sebuah halangan bagi pernikahan kalian jika memiliki tekad yang kuat untuk menikah pada tahun ini. Sekali lagi bahwa biaya nikah yang disebutkan di atas bersifat relative dan tergantung kalian yang ingin menikah serta adat dan budaya masing-masing daerah.

Demikian penjelasan tentang persyaratan dan biaya menikah tahun ini. Semoga memberikan sedikit informasi yang akan menumbuhkan sengat kalian untuk mulai membina rumah tangga yang bahagia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar