Skip to main content

Pentingnya Pendidikan Karakter di Rumah

Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting diterapkan di rumah. Pentingnya pendidikan karakter terkait dengan perilaku generasi yang sudah mulai melupakan nilai-nilai luhur bangsa tentang tata karma dan sopan santun.

Pentingnya Pendidikan Karakter di Rumah

Rumah adalah lingkungan pendidikan pertama bagi anak dalam perkembangan otak dan karakternya. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam menanamkan karakter bagi anak. Pendidikan karakter yang dilakukan oleh orang tua di rumah akan menjadi penentu keberhasilan pendidikan karakter di sekolah dan masyarakat.
Pendidikan Karakter di Rumah

Penerapan pendidikan karakter di rumah oleh orang tua dapat dilakukan dengan pembiasaan positif dan perlakuan sikap yang baik terhadap anak. Pembiasaan yang diterapkan dirumah secara konsisten dan berkelanjutan akan membentuk karakter kuat bagi anak. Kebiasaan yang dilakukan oleh anak di rumah akan menjadi kepribadiannya di kemudian hari.


Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah

Sementara itu, sikap orang tua terhadap anaknya juga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak di rumah. Sikap baik dan positif orang tua terhadap anaknya akan membentuk watak dan kejiawaan anak. Sebagai contoh, orang tua senantiasa berbicara lembut kepada anaknya, maka anak pun akan cenderung berbicara lembut kepada orang lain.


Selain itu, pendidikan karakter anak di rumah yang paling penting adalah keteladanan dari kedua orang tua dan anggota keluarga yang lain. Keteladanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan karakter anak. Seperti diketahui bahwa, anak pada usia emas yaitu usia 1-5 tahun cenderung melakukan sesuatu dari apa yang ia lihat dan didengar. Sebelum mengintruksikan sesuatu kepada anak, orang tua terlebih dahulu harus melakukannya. Sebagai contoh, orang tua menginginkan anaknya salat berjamaah di masjid, maka ayah harus terlebih dahulu melakukannya. Pendidikan karakter anak di rumah akan dengan mudah dilakukan jika didahului dengan keteladanan.


Dengan demikian, keberhasilan pendidikan karakter anak di rumah paling tidak harus melakukan tiga hal, yaitu: 

  1. Pembiasaan
  2. Sikap
  3. Keteladanan
Dengan ketiga strategi pendidikan karakter di rumah tersebut, maka keberhasilan pendidikan karakter terhadap anak akan berhasil seiring waktu. Perlu dipahami bahwa, pendidikan karakter tidak seperti mengajarkan anak tentang sesuatu yang harus diketahui secara teoritis dan pengetahuan, akan tetapi pendidikan karakter berkaitan dengan sikap dan perilaku. Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan karakter terhadap anak di rumah memiliki rentang waktu yang lama dan berproses.

Baca Juga: Penerapan Pendidikan Karakter di Kelas

Orang tua harus bersabar dalam menanamkan karakter kepada anaknya. Orang tua perlu memahami perkembangan psikologi anaknya, sebab mental anak senantiasa berkembang sehingga pendekatan yang digunakan dalam menananmkan karakter harus sesuai dengan kondisinya.


Dari penjelasan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan strategi pendidikan karakter anak di rumah tersebut ditambah dengan pemahaman orang tua terhadap perkembangan mental anak, maka keberhasilan pendidikan karakter anak akan mudah tercapai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar