Skip to main content

Pengertian dan Macam-Macam Simbiosis

Simbiosis adalah salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu biologi. Seperti diketahui bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup, sementara simbiosis adalah bagian perilaku dari mahluk hidup. Pada dasarnya, terdapat banyak perilaku mahluk hidup dalam kehidupan sehari-hari yang tidak bisa terlepas dari istilah simbiosis. Apa sebenarnya simbiosis tersebut? Untuk lebih jelasnya, akan diuraikan pada penjelasan berikut.

Pengertian Simbiosis

Simbiosis adalah interaksi antara dua mahluk hidup berbeda yang saling mempengaruhi satu sama lain baik dalam masa yang lama maupun singkat.  Pengaruh dari interaksi mahluk hidup tersebut terkadang memberikan dampak yang positif antara kedua mahluk hidup tersebut, namun terkadang memberikan dampak yang buruk bagi mahluk hidup yang lain.
Macam Simbiosis

Hubungan saling mempengaruhi antara beberapa mahluk hidup berbeda tidak dapat dihindari dalam kehidupannya. Hal tersebut terjadi, karena kehidupan mahluk hidup seperti sirkus yang saling tergantung antara mahluk yang satu dengan yang lainnya. 

Baca Juga: Perbedaan Ekosistem Laut dan Darat

Dalam kenyataannya, simbiosis tersebut memiliki beberapa jenis yang akan diuraikan dalam penjelasan selanjutnya.

Jenis-Jenis Simbiosis

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa saling mempengaruhi antara dua atau lebih mahluk hidup berbeda dalam jangka waktu yang lama dan cepat tidak dapat dihindari dalam siklus kehidupan biologi. Perilaku saling mempengaruhi tersebut tergantung dari jenisnya masing-masing. Adapun jenis-jenis simbiosis yang dimaksud, yaitu:

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan saling mempengaruhi antara mahluk hidup yang berbeda dimana keduanya mendapatkan keutungan. Jenis simbiosis ini memberikan manfaat bagi mahluk hidup yang lain sekaligus memdapatkan manfaat untuk dirinya sendiri. Sebagai contoh simbiosis mutualisme, antara kumbang dan bunga. Keduanya medapatkan keuntungan, kumbang menikmati saripati dari bunga sementara bunga mengalami penyerbukan. Antara kumbang dan bunga sama-sama untung. Dan contoh lain yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan saling mempengaruhi antara mahluk hidup berbeda dan salah satu diantara keduanya mendapatkan keuntungan sementara yang satu mengalami kerugian.  Contoh simbiosis parasitisme yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari  adalah tanaman benalu dan inangnya. Benalu mendapatkan manfaat dari sari makanan inangnya sementara inangnya akan kehilangan sari makannya sehingga lama kelamaan inang dari benalu tersebut akan mati.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua mahluk hidup berbeda dimana yang satu mendapatkan keuntungan sedangkan yang satunya tidak dirugikan. Salah satu contoh simbiosis komensalisme dalam kehidupan sehari-hari yang sering dijumpai adalah ikan ramora dengan ikan paus. 

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Ekologi

Ikan ramora yang menempel pada paus mendapatkan manfaat dengan sisa makan paus, sementara ikan paus tidak rugi dengan makanan yang dimakan ikan ramora karena makanan tersebut sisa makanan paus.

4. Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalisme adalah hubungan saling mempengaruhi antara mahluk hidup berbeda yang satu dirugikan sementara yang satu tidak mendapatkan keuntungan.  Salah satu contoh simbiosis amensalisme adalah jamur penicilium. Penicilin membunuh bakteri, akan tetapi tidak ada keuntungan yang didapatkan.

Demikian penjelasasan, tentang pengertian dan jenis-jenis simbiosis sebagai bahan referensi tambahan dalam memahami perilaku mahluk hidup.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar