--> Skip to main content

Menjadi Guru Profesional Bagi PNS dan Non PNS

Menjadi guru profesional adalah keharusan bagi mereka yang yang berprofesi sebagai guru PNS dan Non PNS. Sebagai tenaga pendidik, guru merupakan ujung tombak peradaban bangsa pada masa yang akan datang. Kualitas generasi penerus bangsa ditentukan oleh kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya dalam menanamkan pengetahuan dan karakter kepada siswanya.

Menjadi Guru Profesional

Menjadi guru profesional pada dasarnya telah dilakukan oleh beberapa guru di Indonesia. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terlalu banyak guru yang jauh dari label profesional seperti yang diharapkan oleh Negara. 
Guru Profesional

Perkembanga teknologi yang begitu cepat hari ini, menuntut guru baik PNS dan Non PNS untuk mengikuti ritme perkembangan tersebut. Perubahan media pendidikan akan menggilas guru yang tidak mampu meningkatkan kemampuannya. Salah satu dilema Negara adalah mempertahankan guru yang sudah stagnan dalam mengembangkan disiplin ilmunya dalam ranah pendidikan. Faktor usia dan minimnya pelatihan tentang pemanfaatan media pendidikan terbaru adalah beberapa faktor sulitnya pendidikan berkembang terutama di daerah-daerah pedalaman.

Meskipun demikian, sebagai seorang guru yang mengemban amanah Negara, harus tetap terbuka untuk menerima perubahan pekembangan pendidikan tersebut. Menjadi guru profesional adalah kalimat yang harus tetap menyala dalam hati setiap guru di Indonesia. 
Selain kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, nilai-nilai karakter juga harus ada pada pribadi seorang guru. Untuk menjadi guru profesional, karakter adalah pondasi dasar yang harus dimiliki oleh setiap guru. Tantangan anak bangsa pada masa yang akan datang adalah pergeseran nilai etika, akhlak, dan moral. Untuk mengantisipasi ancaman tersebut, mulai saat ini para tenaga pendidik baik PNS maupun Non PNS harus benar-benar menjadi guru profesional dengan menjadi tauladan bagi siswanya.

Pada dasaranya, syarat menjadi guru profesional telah disebutkan dalam undang-undang keguruan No. 20 Tahun 2005. Indikator guru profesinal tersebut merupakan dasar bagi Negara untuk mengangkat tenaga pendidik pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Meskipun demikian, Negara hanya bisa mengatur secara penuh pengangkatan guru profesional pada sekolah Negeri. Sementara itu, sekolah-sekolah swasta ditentukan oleh memilik yayasan yang terkadang tidak mengikuti dasar syarat guru profesional.

Pada kenyataanya dilapangan, tidak sedikit juga guru swasta yang bisa dikatakan sebagai guru profesional, bahkan jauh lebih unggul daripada sekolah negeri. Sekolah Islam Terpadu adalah satu contoh sekolah swasta yang memiliki tenaga pendidik yang sangat mumpuni dalam segala bidang. Hal tersebut tidak terlepas dari syarat menjadi guru SIT sudah mencakup seluruh syarat yang di tetapkan oleh Undang-Undang tentang menjadi guru profesional.

Demikian penjelasan singkat tentang menjadi guru profesional yang merupakan keharusan setiap guru yang ada di Indonesia baik yang berstatus sebagai PNS maupun Non Pns. Hal tersebut berkaitan dengan manusia yang akan dicetak hari ini untuk kualitas bangsa yang akan datang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar