Skip to main content

Kelebihan Berwirausaha Daripada Menjadi Karyawan

Berwirausaha adalah pilihan banyak orang pada zaman yang serba modern saat ini. Pola pikir masyarakat mengalami pergeseran dari keinginan mereka menjadi pekerja atau karyawan pada sebuah perusahaan. Hal tersebut tidak terlepas dari presepsi masyarakat akan kelebihan menjadi seorang wirausahawan.
Kelebihan Berwirausaha

Wirausaha adalah kegiatan untuk mendapatkan pemasukan dengan mengelola barang sendiri dengan system manajemen sendiri. Sebaliknya, menjadi karyawan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh perusaan tempat mereka bekerja. Meskipun demikian, menjadi seorang wirausahawan ataupun karyawan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan Berwirausaha

Pada artikel kali ini, akan dibahas tentang kelebihan berwirausaha daripada menjadi seorang karyawan yang perlu diketahui oleh setiap orang. Adapun kelebihan berwirausaha yang dimaksud, diantaranya:

1. Memiliki Kebebasan Waktu

Menjadi seorang wirausahawaan adalah kebahagiaan tersendiri dibandingakan menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan. Berwirausaha paling tidak memberikan kebebasan waktu dan tidak terikat. Seorang wirausahawan tidak perlu masuk pagi untuk absen seperti yang ditetapkan perusaan. Seorang wirausahawan bebas mengatur waktu mereka sendiri.

Baca Juga: Wirausaha :Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Syarat

Terikat dengan waktu adalah salah satu penderitaan tersendiri bagi setiap orang. Bayangkan jika kalian memiliki acara keluarga, berkumpul bersama mereka yang dicintai dan dirindukan adalah momen kebahagiaan bagi setiap orang. Akan tetapai, bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan, momen tersebut mungkin hanya bisa dituliskan dalam bentuk tinta di atas kertas kecil yang disebut diari. Dan mungkin ia sesali dikemudian hari. Sebaliknya, sebagai seorang wirausaha ia akan menikmati kebahagiaan tersebut tanpa beban waktu yang senantiasa menghantui pikirannya.

Selain itu, tugas keluarga akan mampu dimaksimalkan bagi mereka yang berwirausaha. Sebagai contoh, anak sakit akan bisa diurus dan didampingi dengan perhatian penuh. Sebaliknya, mereka yang berada di bawah bayang-bayang perusahaan akan kehingan waktu penuh untuk keluarga yang sakit. Hal tersebut terjadi karena perusaan biasanya memiliki peraturan batasan izin untuk keluarga yang sakit.

2. Tekanan Pekerjaan Lebih Minim

Berwirausaha sama saja dengan menghilangkan separuh beban pikiran dan kejiwaan. Hal tersebut karena berwirausaha artinya menjadi bos dan karyawan diri sendiri. Dengan demikian, tekanan dari atasan bisa dipastikan tidak ada. Saya teringat dengan petuah salah seorang pengusaha sukses Indonesia, Almarhum Bob Sadino bahwa sebaik-baik pekerja anda tetap karyawan dan serendah-rendahnya berwirausaha anda adalah bos.

Baca Juga: Jenis Bisnis Online yang Paling Potensial Saat Ini

Hal tersebut memberikan makna hidup yang begitu dalam bagi kita jika dicermati lebih dalam. Bahwa pada prinsipnya hidup itu bukan hanya mencari uang, akan tetapi hidup adalah memaksimalkan ketenangan batin.

3. Peluang Sukses Lebih Besar

Wirausaha adalah pilihan bagi mereka yang ingin sukses dikemudian hari. Berwirausaha ibarat menanam pohon durian yang harumnya akan dirasakan ketika menanam dan manisnya akan dinikmati saat berbuah. Wirausaha yang dibangun seiring waktu akan mengalami perkembangan berbekal pengalaman yang didapatkan selama menjalankan roda usaha tersebut.

Sebalikinya menjadi seorang karyawan akan redup digilas zaman. Mungkin hari ini berpenghasilan besar, akan tetapi dikemudian hari anda akan pensiun dan gaji besar yang dibanggakan hari ini tinggal cerita penyemangat hidup dimasa yang akan datang. Tidak heran jika hari ini generasi milineal sudah mulai merubah alur pikirnya menjadi seorang wirausahawan

Pada dasarnya, terdapat banyak peluang usaha yang kalian bisa lakukan untuk mencapai harapan yang diinginkan setiap orang. Sedikit penggerak asa bahwa “jika sukses itu hanya karena berpikir maka tidak ada orang miskin di belantara alam ini, karena sukses itu tindakan maka hanya mereka yang berbuat yang bisa meraihnya (AZ)”. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar