Skip to main content

Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Hukum

Hukum merupakan objek kajian ilmu pengetahuan yang terus bergerak dan dinamis sejalan dengan kondisi zaman yang senannatiasa berubah. Ilmu hukum sebagai salah satu disiplin ilmu yang berkembang sangat cepat penting untuk dikaji secara akademik maupun secara sosial kemasyarakatan.

Untuk itu, perlu dipahami lebih jauh tentang pengertian ilmu hukum dan ruang lingkupnya. Dengan memahami hal tersebut, akan menjadi dasar pengembangan dari ilmu hukum  itu sendiri. 

A. Pengertian Ilmu Hukum

Ilmu hukum adalah ilmu yang membahas tentang masalah yang berkaitan dengan hukum secara keseluruhan. Dalam ilmu hukum, pembahasannya mencakup segala bentuk objek dan subjek hukum itu sendiri.  Subjek hukum  adalah segala sesuatu yang memiliki hak dan kewajiban untuk berbuat atau bertindak berdasarkan hukum. Adapun subjek hukum  yang menjadi kajian dalam ilmu hukum  mencakup manusia dan badan hukum.

Baca Juga: Pengertian Hukum dan Macam-Macamnya

Sementara itu, objek hukum  yang menjadi kajian dalam ilmu hukum  adalah segala sesuatu yang dapat menjadi pendukung bagi subjek hukum . Objek hukum  terdiri dari benda bergerak dan tidak bergerak, serta benda berwujud dan tidak berwujud.

Dengan demikian, dapat dipahami pengertian ilmu hukum  yaitu ilmu yang pembahasannya mencakum seluruh aspek hukum  yang secara umum mencakup subjek dan obejek hukum.

B. Ruang Lingkup Ilmu Hukum

Ruang lingkup ilmu hukum  mencakup seluruh perspektif manusia tentang hukum . Dengan demikian, ruang lingkup ilmu hukum  sangat luas mencakup seluruh aspek kehidupan manusia dalam berbangsa dan bernegara. Adapun Ruang lingkup ilmu hukum  yang dimaksud, yaitu:

1. Hukum sebagai norma

Hukum sebagai norma mengandung arti bahwa hukum  merupakan pedoman manusia dalam bertindak sehingga terwujud keharmonisan dan ketertiban dalam berbangsa dan bernegara. Dengan kata lain, segala bentuk perilaku manusia dalam sebuah Negara harus berdasarkan kesepakatan hukum  yang ada.

2. Sebagai bentuk perilaku masyarakat

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa hukum  pada dasarnya bersifat dinamis dan bergerak seiring dengan tuntutan zaman yang mempengaruhi perilaku masyarat. Dengan adanya hukum  sebagai pengontrol, maka perilaku masyarakat dalam berbangsa dan bernegara akan senantiasa terarah.

3. Hukum sebagai disiplin ilmu

Selain sebagai dasar dalam bertindak bagi warga Negara, hukum  juga merupakan disiplin ilmu yang menjadi kajian secara akademik. Dengan dasar ini, maka hukum  dapat dikatakan sebagai bagian dari disiplin ilmu tersendiri yaitu ilmu hukum.

Baca Juga: Pengertian Filsafat Hukum dan Objek Kajiannya

Dengan demikian, ruang lingkup ilmu hukum  mencakup seluruh bentuk perilaku warga Negara yang berkaitan dengan hukum  sekaligus hukum  sebagai bagian dari kajian ilmu pengetahuan yang kemudian disebut sebagai ilmu hukum.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan ruang lingkup ilmu hukum  sebagai bahan referensi untuk memperdalam ilmu hukum  yang dikaji. Perlu dipahami bahwa ilmu hukum  pernting untuk dipahami bagi setiap warga Negara karena berkaitan dengan seluruh aktivitas kehidupan bernegara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar