Skip to main content

Penyebab Anak Malas Belajar Matematika

Belajar matematika adalah tantangan tersendiri bagi anak. Sebagian menganggap bahwa belajar matematika adalah hal yang menyenangkan dan sebagian lainnya merasakan bahwa belajar matematika adalah hal yang membosankan.

Penyebab Anak Malas Belajar Matematika

Pada prinsipnya belajar apapun termasuk matematika adalah hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Perasaan malas dan bosan timbul karena presepsi awal tentang pelajaran matematika yang secara turun temurun diwariskan ke generasi berikutnya bahwa pelajaran matematika adalah hal yang sulit dan membosankan. 

Selain itu, anak malas belajar matematika dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut yang termasuk penyebab anak malas belajar matematika, yaitu:

1. Penyajian Materi Kurang Menarik

Penyebab pertama anak malas belajar matematika adalah penyajian materi yang disampaikan guru kurang menarik. Belajar matematika melalui variasi metode penyampaian materi dari guru matematika akan membangkitkan semangat anak untuk belajar. Guru matematika harus kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru matematika harus memberikan banyak porsi kepada siswa untuk aktif secara motorik dan kognitif.

2. Media Belajar Anak Kurang Memadai

Belajar matematika jika tidak didukung oleh media atau alat belajar yang memadai akan menimbulkan kemalasan bagi anak untuk belajar matematika. Orang tua di rumah harus memastikan ketersediaan media belajar matematika anak. 

Baca Juga: Karakteristik Matematika

Demikian halnya, media pembelajaran guru di sekolah harus lengkap untuk menunjuknya secara peraga materi yang disampaikan. Media pembelajaran akan menghilangkan rasa bosan pada anak yang mengakibatkan mereka malas untuk belajar matematika.

3. Presepsi Awal Anak

Pandangan pertama anak tentang pelajaran matematika, merupakan podasi awal bagi mereka untuk mengembangkan kemampuannya kedepan. Anak malas belajar matematika karena dari awal mereka sudah memandang bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang susah. Dengan pandangan awal tersebut, anak akan cenderung menghindari belajar matematika.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua dan guru adalah memastikan bahwa anak mereka terlepas dari presepsi negative tersebut. Mereka harus mampu memberikan motovasi bahwa belajar matematika adalah hal yang menyenangkan. Ini adalah pintu awal bagi anak untuk rajin belajar matematika.

4. Kurangnya Motivasi Dari Guru

Perlu dipahami bahwa motivasi adalah alat terbaik bagi guru dalam mengembangkan potensi diri yang dimiliki anak. Belajar matematika tanpa diikuti dengan motivasi dari guru akan membuat anak malas untuk belajar.

Baca Juga: Cara Agar Siswa Menyukai Pelajaran Matematika

Motivasi guru akan membangkitkan semangat anak untuk belajar matematika. Guru harus memotivasi anak dengan dengan memberikan pemahaman akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian beberpa penyebab anak malas belajar matematika yang perlu diketahui oleh guru sehingga mereka dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognisi dan motorik anak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar