Skip to main content

Pentingnya Pelajaran Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pelajaran matematika mungkin dianggap pelajaran yang susah bagi beberapa orang. Hal tersebut tidak telepas dari cakupan materi yang terkandung di dalamnya yang memuat rumus dengan pola dasar logika. Namun, dari sebagian orang yang menganggap pelajaran matematika merupakan hal yang sulit, sebagian lainnya menyadari bahwa matematika adalah suatu pelajaran yang harus dipahami dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya Pelajaran Matematika

Pada dasarnya, setiap orang baik disadari maupun tidak telah menerapkan teori matematika dalam kehidupan sehari-hari. Bagi mereka yang menyadari hal tersebut, akan memahami betapa pentingnya pelajaran matematika untuk dikuasai.

Untuk lebih jelasnya, berikut diuraikan beberapa alasan pentingnya pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Alasan tersebut, yaitu:

1. Membentuk Pola Pikir Yang Sistematis

Pelajaran matematika akan membentuk pola pikir seseorang bekerja secara sistematis. Hal tersebut terjadi karena pelajaran matematika membuat seseorang terbiasa menghitung sehingga pola pikirnya secara otomatis bekerja secara runtut dan terstruktur.

Baca Juga: Cara Agar Siswa Menyukai Pelajaran Matematika

Dengan pola pikir yang sistematis, seseorang akan mudah mengorganisasikan tugas dan pekerjaan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan tersebut, seseorang akan menjadi pemimpin yang baik pada setiap lingkungannya.

2. Mengembangkan Logika Berpikir

Pelajaran matematika akan menjadikan seseorang mampu berpikir secara logis. Seperti diketahui bahwa dalam pelajaran matematika, seluruh jawaban dari permasalahan yang diberikan harus diselesaikan secara tepat dan terukur tanpa melalui asusi dan presepsi subyektif.

Dengan dasar pembuktian logika yang terdapat pada pelajaran matematika, seseorang akan terbiasa menyelesaikan masalah dengan menggunakan nalar yang dasarnya adalah logika. Dengan demikian, pelajaran matematika akan membentuk seseorang senantiasa berpikir logis.


Dalam kehidupan sehari-hari, berpikir logis adalah mutlak dilakukan seoleh setiap orang dalam menyimpulan sebuah konsep. Dengan dasar logika, keputusan yang diambil tidak dapat terbantahkan oleh asumsi dan selama tidak ada solusi baru yang lebih logis.

3. Melatih Berhitung Akurat

Berhitung secara cepat dan akurat adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang akan bersentuhan langsung dengan aktivitas berhitung baik dalam skala besar maupun dalam skala kecil.

Kemampuan menghitung secara tepat dan cepat akan membantu memutuskan tindakan benar pada waktu yang tepat. Pelajaran matematika merupakan pondasi awal bagi setiap orang dalam mengembangkan kemampuan menghitungnya. 


Dengan demikian, pejaran matematika tidak hanya terkait konsep akademik yang terdapat pada buku pelajaran yang bersifat teoritik, akan tetapi pelajaran matematika sangat berpengaruh terhadap segala bentuk kegiatan seseorang terutama yang berhubungan langsung dengan kegiatan hitung-menghitung.

4. Membentuk Kemampuan Berpikir Obyektif

Pelajaran matematika sering disebut sebagai ilmu pasti, artinya hasil yang diciptakan tetap dan tidak berubah. Kemampuan berpikir obyektik akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan latihan menyelesaikan soal yang terdapat pada pelajaran matematika. 

Berpikir obyektif dalam kehidupan  sehari-hari akan membuat tindakan seseorang senantiasa berada pada jalur yang benar dan adil. Dengan dasar tersebut, seseorang harus mampu mengembangkan kemampuannya dalam berpikir secara obyektif yang salah satu cara terbaik adalah mendalami pelajaran matematika.

5. Menumbuhkan Perliaku Sabar dan Teliti

Seperti diketahui bahwa pelajaran matematika memuat materi yang sulit dan harus diselesaikan melalui rumus dengan dasar logika. Tanpa ketelitian dan kesabaran dalam menyelesaikan soal tersebut, seseorang akan merasa jenuh dan bosan dalam mempelajari matematika.

Ketelitian dan kesabaran adalah kuci sukses dalam menyelesaikan permasalahan yang terkandung dalam pelajaran matematika. Dengan kebiasaan menyelesaikan soal matematika, seseorang akan terbiasa cermat dan sabar.


Baca Juga: Penyebab Anak Malas Belajar Matematika

Dengan demikian, orang yang mempelajari matematika secara serius akan cenderung tenang,  cermat, dan sabar. Kebiasaan tersebut akan tertular dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga setiap persoalan hidup akan mampu diselesaikan dengan baik.


Demikian beberapa alasan pentingnya pelajaran matematika dalam kehipan sehari-hari. Setelah memahami beberapa alasan tersebut, setidaknya memberikan motivasi kepada kita bahwa pelajaran matematika harus didalami dan menghilangkan segala presepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang susah dan membosankan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar