--> Skip to main content

Meningkatkan Daya Ingat Dengan Vitamin

Daya ingat adalah kemampuan seseorang dalam mengemukakan kembali yang pernah diterima oleh indera baik berupa penglihatan, pendengaran, sentuhan,  maupun rasa. Semua yang diterima oleh indera tersebut akan tersimpan dalam memori berupa ingatan yang suatu waktu ketika menerima rangsangan akan mampu diutarankan kembali.
Kemampuan seseorang dalam mengingat sesuatu merupakan salah satu kelebihan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Ingatan seseorang berpungsi sebagai diari tentang perjalan hidupnya dan orang lain. Dengan demikian, menjaga dan meningkatkan daya ingat harus dilakukan.

Meningkatkan Daya Ingat Dengan  Vitamin

Pada dasarnya, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan ingatan mereka. Seperti makanan untuk menambah daya ingat, olah raga, dan pola hidup. Akan tetapi, pada tulisan kali ini khusus membahas tentanf vitamin yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

Vitamin apa saja yang dapat meningkatkan daya ingat anak. Berikut beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan daya ingat anak, yaitu:

1. Vitamin E 

Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat menjaga rusaknya sel saraf. Fungsi tersebut sekaligus mampu menjaga daya ingat seseorang tetap terjaga karena sel-sel otaknya tetap terjaga. Vitamin E bisa didapatkan dengan mengkonsumsi beberapa makanan, diantaranya:

a. Telur dan Daging Ayam

Telur dan daging ayam merupakan sumber vitamin E yang mudah didapatkan. Bahkan, tanpa disadari kita sudah mengkonsumsi vitamin E hampir setiap waktu. Jika, anda ingin memperkuat daya ingat, maka pastikan sering mengkonsumsi telum ayam. Tapi perlu diingat bahwa, telur ayam yang baik adalah telu ayam yang alami dan terhindar dari bahan kimia yang berlebiahan.

b. Kacang Tanah

Salah satu makan yang dapat meningkatkan daya ingat dengan kan dungan vitamin E yaitu kacang tanah. Terdapat 570 kilokalori nutrisi yang terkandung pada kacang tanah termasuk di dalamnya Vitamin E. Dengan demikian, mengkonsunsi  kacang tanah dapat meningkan daya ingat anda. 

c. Alpukat

Salah satu buah yang digemari banyak orang adalah alpukat. Dengan kandungan vitamin E yang terkandung di dalamnya, ingatan andan dapat meningkat. Anda dapat mengolah buah alpukat menjadi beberpa macam makanan dan minuman yang dapat meningkatkan selera.

2. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga otak tetap sehat dengan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kehilangan daya ingat yang disebabkan rusaknya otak dapat dicegah dengan banyak mengkonsusi vitamain C. 

Baca Juga: Klasifikasi Sistem Saraf


Mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya ingat pada dasarnya sangat mudah. Terdap banyak buah dan sayuran yang dapat ditemukan di sekitar dengan mudah. Vitamin C terdapat pada buah jeruk, cabai, buah-buahan, dan lain-lain.

3. Vitamin D

Selain vitamin E dan C, Vitamin D juga dapat meningkatkan daya ingat. Kemampuan otak dalam memproses ingatan akan terganggu jika kekurangan vitamin D. Beberapa makanan berikut mengandung vitamin D yang dapat menjaga memori dan meningkatkan daya ingat, yaitu: minyak ikan, telur, dan ikan tuna. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut, maka ingatan anda akan terjaga dan meningkat.

Itulah beberapa vitamin yang dapat meningkatkan daya ingat. Dengan mengetehui vitamin peningkat daya ingat tersebut, diharapakan anda mempertimbangkan untuk mengkonsumsinya selain cara lain untuk meningkatkan daya ingat seperti, mengatur pola hidup dan berolah raga secara teratur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar