Skip to main content

Cara Agar Siswa Menyukai Pelajaran Matematika

Pelajaran matematika adalah salah satu bidang studi yang diajarkan di sekolah dengan prioritas yang tinggi. Bahkan, matematika merupakan pelajaran yang menjadi syarat kelulusan siswa secara nasional. Akan tetapi, pada kenyataannya pelajaran matematika adalah momok yang menakutkan bagi kebanyakan siswa.

Cara Agar Siswa Menyukai Pelajaran Matematika

Pada dasarnya, setiap mata pelajaran memiliki tingkat kesulitan tersendiri bagi siswa temasuk pelajaran matematika. Kesulitan tersebut akan dapat diatasi asalkan guru yang mengajar matematika memahami karakteristik matematika tersebut. Demikian halnya psikologi siswa dalam memandang pelajaran matematika harus bisa dipahami oleh guru.

Dengan demikian, pada tulisan kali ini akan dijelaskan cara agar siswa menyukai pelajaran matematika agar siswa bisa mengembangkan kemampuannya pada pelajaran tersebut. Perlu dipahami bahwa mindset yang baik tentang pelajaran matematika akan menimbulkan ketertarikan kepada siswa untuk mempelajarinya.

1. Ajarkan Matematika Melalui Permainan

Melalui permainan, siswa akan merasa nyaman dalam belajar matematika, segala bentuk ketegangan yang berhungan dengan rumus dan logika akan cair seiring dengan aktivitas game yang dilakukan. Selain itu, pemberian materi pembelajaran matematika melalui game, akan menguatkan ingatan siswa tentang materi ajar yang telah diberikan. Dengan demikian, guru matematika harus mampu mengembangkan kreativitasnya dalam menerapkan metode pembelajaran di kelas.

2. Mengajarkan Matematikan Melalui Nyanyian

Selain game, nyanyian juga dapat membuat siswa jadi nyaman dan bersemangat. Pelajaran matematika yang diajarkan dengan nyanyian akan membuat siswa terhindar dari stress akibat menghapal rumus dan angka secara menoton dan menjenuhkan. Biasakan mengajarkan matematika kepada siswa dengan nyanyian untuk membangkitakan gairah dan semangatnnya.

3. Jangan Paksakan Siswa Cepat Selesai

Ada pepatah mengatakan “Biar lambat asal selamat”. Seperti itulah matematika diajarkan kepada siswa. Jangan paksakan siswa mengerjakan dan memahami konsep secara cepat dan terburu-buru. Biarkan mereka memahami secara bertahap asalkan melekat dalam pikirannya. Pelajaran matematika berkesinambunga dari tingkatan rendah sampai tingkatan tinggi sehingga pemahaman konsep awal akan mempengaruhi konsep selanjutnya.

Selain itu, mengulur siswa berdasakan kemampuannya akan membuat mereka tidak tertekan sehingga pelajaran matematika akan dipahami seiring waktu.

4. Ajarkan Matematika Dengan Praktek Langsung

Salah satu faktor pelajaran matematika kurang menarik bagi siswa, yaitu karena hanya berputar pada ranah teoritis berdasarkan apa yang terdapat di buku. Seringkali guru lupa bahwa hampir seluruh aspek kehidupan manusia bersentuhan langsung dengan pelajaran matematika.
Mengajarkan matematika kepada siswa dengan praktek langsung dilapangan, akan memberikan presepsi bahwa matematika adalah hal mutlak yang harus mereka pahami sehingga siswa akan termotivasi untuk mempelajarinya.

Selain itu, pelajaran yang diberikan secara langsung dalam kehidupan nyata akan menguatkan ingatan meraka terkait teori-teori yang diberikan di kelas. Dengan demikian, mengajarkan matematika dalam kehidupan nyata sangatlah penting untuk meningkatakan semangat belajar siswa sekaligus meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami rumus yang diberika.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru matematika agar siswa tidak lagi menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang susah. Dengan pemahaman tersebut, siswa akan senang dan bersemangat untuk belajar matematika.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar