Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 21, 2019

Perbedaan Antara Profesi dengan Profesionalisme

Gambar
A. Pengertian ProfesiProfesi adalah pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan adalah sebuah profesi. Profesi memiliki karakteristik mereka sendiri yang membedakan mereka dari pekerjaan lain.
Istilah profesi telah dipahami oleh banyak orang bahwa sesuatu yang terkait dengan bidang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, bahwa banyak orang yang bekerja adalah tepat. Tetapi dengan hanya keterampilan yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, itu juga tidak cukup untuk disebut profesi. Tetapi membutuhkan penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek, dan hubungan antara teori dan aplikasi dalam praktek. Kami tidak hanya tahu istilah profesi untuk bidang pekerjaan seperti kedokteran, guru, militer, pengacara, dll, tetapi juga meluas ke bidang-bidang seperti manajer, wartawan, pelukis, penyanyi, seniman, sekretaris dan sebagainya. 
Oleh karena itu, menurut DE GEORGE, kebingungan muncul pada gagasan profesi itu sendiri, berkenaan dengan istilah profesional dan profesional. Kebingunga…

AlQuran Sebagai Obat Penyakit Rohani dan Jasmani

Gambar
A. Alquran Sebagai Obat Penyakit Rohani Alquran di mana ada penyembuhan dan belas kasih tidak berlaku untuk semua orang, tetapi hanya untuk orang-orang percaya yang mengizinkan ayat dan pengetahuan dengannya." Bagi para penindas yang tidak mengijinkan atau mempraktekkannya, ayat ini tidak hanya menambah kehilangannya, yang membuatnya menjadi bukti dari ayat-ayatnya. "dan Kami turunkan dari setiap Quran penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan semua Al-Quran tidak menambahkan orang-orang yang bersalah dan orang-orang lain. Rugi" (Al Isra ': 82) Interpretasi beberapa ayat dari ayat Kami ke turun.

"Kami menurunkannya." Mayoritas biarawati membaca untuk menjadi siswa. Abu Amr membaca tanpa kesulitan (kita turun). Ketika membaca mujahid mulai dengan huruf ya dan tanpa menyebabkan tekanan (turun). Said Al Marwazi juga menceritakan tentang Hafs. (Tafsiran ayat, 10/315 dan Fathul yang mampu abu Syaukani, 3/253) Dari Al-Quran "Al Qur`ân." Ris…

Sejarah Awal Terbentuknya Bangsa Indonesia

Gambar
Terbentuknya Indonesia sebagai suatu bangsa yang kokoh melalui proses yang panjang dan pejuangan para tokoh-tokoh bangsa kala itu. Indonesia yang awalnya masih terpisah-pisah antara satu wilayah dengan wilayah yang lain dan masih dikenal sebagai Nusantara kemudian disatukan dalam satu wadah kebangsaan yaitu Indonesia. 
Latar Belakang Terbentuknya Bangsa IndonesiaPada tanggal 27-28 Oktober 1928 diadakan kongres pemuda II yang merupakan momen yang begitu berharga  bagi bangsa Indonesia. Dapat dikatakan bahwa awal mula terbentuknya bangsa Indonesia berawal dari titik ini.

Para pemuda dan pemudi berasal dari berbagai daerah mengingat sumpah secara bersama dengan kemauan dan kesadaran mereka sendiri menjadikan Indonesia sebagai satu kesatuan bangsa. Kini sumpah para pemuda tersebut dikenal sebagai sumpah pemuda. 
Dari sejak lama, perasaan sebagai satu bangsa memang sudah disadari oleh mereka yang mendiami pulau yang ketika itu masih dikenal sebgai Nusantara. Kala itu orang-orang nusantara sud…

Pengertian Guru Profesional dan Kriterianya

Gambar
A. Pengertian Guru ProfesionalGuru Profesional merupakan guru yg mempunyai komponen eksklusif sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan. Guru profesional senantiasa menguasai bahan atau bahan ajar yg akan diajarkan pada hubungan belajar mengajar, dan senantiasa menyebarkan kemampuan secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yg dimilikinya maupun pengalamannya.

Sementara Profesionalisme guru adalah kemampuan pengajar buat melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik serta guru mencakup kemampuan merencanakan, melakukan, dan melaksanakan penilaian pembelajaran.

Guru profesional hendaknya mempunyai empat kompetensi guru yang sudah ditetapkan pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Pengajar serta Dosen yaitu, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional serta sosial. Oleh karenanya, selain terampil mengajar, seseorang guru juga memiliki pengetahuan yang luas, bijak, dan bisa bersosialisasi menggunakan baik.
B. Kriteria Guru ProfesionalKitapun ten…

Pengertian Wihdatul Wujud dan Tokohnya

Gambar
A. Pengertian Wihdatul WujudWihdatul Wujud terdiri dari dua kata yakni  wahdat dan wujud, wahdah memiliki mempunyai makna  tunggal dan wujud ada, dengan begitu   wihdatul-wujud berarti kesatuan wujud. Pada kelanjutannya kata wahdah oleh ulama’ klasik dita’rifkan sebagai satu kesatuan yang Zatnya tak dapat dipecah  oleh sesuatu yang sekecil apapun. Di samping  dari dua definisi  diatas kata wahdah oleh para berpengalaman filsafat dan semua  sufistikditafsirkan  bahwa kata wahdah sebagai kesatuan antara pelajaran  dan roh, hakekat dan bentuk, bermunculan  dan batin, Allah dan alam. Pengertian yang ketiga berikut  yang dipakai  oleh semua  sufi yang memiliki  paham bahwa insan  dan alam ialah  satu kesatuan wujud.
Sebenarnya  wihdatul wujud memiliki  pemahaman yang paling  kompleks danpaling  sulit guna  ditangkap., untunglah Syekh Akbar Ibnu Arabi selaku pencetus paham ini mengilustrasikan  wihdatul wujud ( kesatuan jiwa ) dengan paling  jelas mengenai  hubungan tuhan dan alam dalam kons…

Perbedaan Pendapat Larangan Merayakan Tahun Baru

Gambar
A. Pendapat Yang Melarang Merayakan Tahun Baru Mereka yang melarang perayaan Malam Tahun Baru, memiliki beberapa argumen. a. Merayakan Malam Tahun Baru Menyembah Orang Bukan Yahudi Bahwa perayaan Malam Tahun Baru pada dasarnya adalah ritual agama bangsa-bangsa di Eropa, baik Kristen atau agama lain.
Sejak diperkenalkannya agama Kristen ke Eropa, berbagai kultus kafir (berhala) masuk ke dalam pengajaran. Salah satunya adalah perayaan Malam Tahun Baru. Bahkan menjadi persatuan dengan perayaan Natal meriah oleh orang Eropa sebagai hari kelahiran Yesus.
Sebagai hasilnya, perayaan Malam Tahun Baru adalah festival agama kafir. Jadi hukum ilegal dilakukan oleh umat Islam. b. Perayaan Malam Tahun Baru menyerupai orang bukan Yahudi Meski barangkali ada yang berpendapat bahwa perayaan malam tahun tergantung niatnya, namun paling tidak seorang muslim yang merayakan datangnya malam tahun baru itu sudah menyerupai ibadah orang kafir. Dan sama seperti itu telah ilegal, seperti Nabi berkata: "Siapa ya…