Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 7, 2019

Masalah Kesehatan Jiwa Pada Masyarakat

Gambar
A. Pengertian Kesehatan JiwaOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai “keadaan sehat fisik, mental, dan sosial, bukan semata-mata suasana tanpa penyakit atau kelemahan.” Definisi ini menekankan kesehatan sebagai suatu suasana sejahtera yang positif, bukan sekedar suasana tanpa penyakit. Orang yang mempunyai kesejahteraan emosional, fisik, dan sosial dapat mengisi tanggung jawab kehidupan, bermanfaat dengan efektif dalam kehidupan sehari-hari, dan puas dengan hubungan interpersonal dan diri mereka sendiri. 
Tidak terdapat satupun pengertian universal kesehatan jiwa, tetapi saya dan anda bisa menyimpulkan kesehatan jiwa seseorang dari perilakunya. Karena perilaku seseorang dapat disaksikan atau ditafsirkan bertolak belakang oleh orang lain, yang bergantung untuk nilai dan keyakinan, maka penentuan pengertian kesehatan jiwa menjadi sulit.        Kesehatan jiwa ialah suatu situasi sehat emosional, psikologis, dan sosial yang tampak dari hubungan interpersonal yang m…

Sejarah Indonesia Pada Masa Kemerdekaan dan Orde Baru

Gambar
Mendengar keterangan bahwa Jepang nir lagi mempunyai kekuatan buat menciptakan keputusan seperti itu dalam 16 Agustus, Soekarno membacakan "Proklamasi" pada hari berikutnya.  A. Indonesia Pada Masa Kemerdekaan Kabar tentang proklamasi menyebar melalui radio serta selebaran ad interim pasukan militer Indonesia dalam masa perang, Pasukan Pembela Tanah Air (PETA), para pemuda, serta lainnya eksklusif berangkat mempertahankan kediaman Soekarno.
1. Proklamasi kemerdekaan IndonesiaPada 18 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) melantik Soekarno menjadi Presiden serta Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden dengan menggunakan konstitusi yg dibuat beberapa hari sebelumnya. Kemudian dibentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) menjadi parlemen ad interim hingga pemilu dapat dilaksanakan. Kelompok ini mendeklarasikan pemerintahan baru dalam 31 Agustus serta menghendaki Republik Indonesia yang terdiri berdasarkan 8 provinsi: Sumatra, Kalimantan (nir termasuk wilayah…

Sejarah Bangsa Indonesia Sebelum Masa Penjajahan

Gambar
A. Sejarah Bangsa Indonesia Sebelum Masa PenjajahanPada masa Pleistosen, saat masih terhubung dengan Asia Daratan, masuklah pemukim pertama. Bukti pertama yg memberitahuakn penghuni awal adalah fosil-fosil Homo erectus insan Jawa dari masa dua juta sampai 500.000 tahun kemudian. Penemuan sisa-sisa "manusia Flores" (Homo floresiensis) di Liang Bua, Flores, membuka kemungkinan masih bertahannya H. Erectus hingga masa Zaman Es terakhir.
Homo sapiens pertama diperkirakan masuk ke Nusantara semenjak 100.000 tahun yang lalu melewati jalur pantai Asia menurut Asia Barat, & pada kurang lebih 60 000 sampai 70 000 tahun yg lalu telah mencapai Pulau Papua dan Australia. Mereka, yg berfenotipe kulit hitam & rambut ikal kedap, menjadi nenek moyang penduduk orisinil Melanesia (termasuk Papua) sekarang dan membawa kultur kapak oval (Paleolitikum). Gelombang pendatang berbahasa Austronesia menggunakan kultur Neolitikum tiba secara bergelombang semenjak 3000 SM menurut Cina Selatan me…

Retorika :Pengertian, Sejarah, dan Gaya Bahasanya

Gambar
Retorika berasal dari bahasa Yunani “RHETOR” atau bahasa Inggris “ORATOR” yang berarti “kemahiran dalam berkata dihadapan umum”. I Gusti Ngurah Oka, memberikan pengertian sebagai berikut“Ilmu yang mengajarkan tindak dan usahayang guna dalam persiapan, kerjasama, serta kedamaian ditengah masyarakat”. Dengan demikian tergolong dalam jangkauan pengertian Retorika merupakan: Seni berbicara-Kemahiran dan kelancaran berbicara-Kemampuan memproduksi gagasan-Kemampuan mensosialisasikan sehingga dapat mempengaruhi audience.  A. Pengertian Retorika Dari jangkauan pengertian diatas, maka terdapat dua urusan yang butuh ditarik dan diperhatikan, yaitu keahlian atau seni dan ilmu. Retorika sebagai keahlian atau seni telah barang pasti berisi bagian bakat (nativisme), lantas retorika sebagai ilmuakan berisi unsur empiris (empirisme), yang bias digali, dipelajari dan diinventarisasikan.Hanya tidak banyak perbedaan untuk mereka yang sudah memiliki bakat akanberkembang lebih cepat, sedangkan untuk yang ti…

Aqidah Islam : Pengertian dan Sumbernya

Gambar
A. Pengertian Aqidah IslamDalam kamus Al-Munawwir, dilafalkan bahwa aqidah berakar dari kata ‘aqada-ya’qudu-‘aqdan-‘aqidatan, yang berarti simpul, ikatan, perjanjian dan kokoh. Setelah terbentuk menjadi aqidah berarti keyakinan. Relevansi antara makna kata ‘aqdan dan aqidah ialah keyakinan tersebut tersimpul dengan kokoh di dalam hati, mempunyai sifat mengingat dan berisi perjanjian.
Secara terminologis, terdapat sejumlah definisi mengenai aqidah, antara beda : a. Berdasarkan keterangan dari Hasan Al-Banna Aqa’id (bentuk jamak dari aqidah) ialah beberapa perkara yang wajib dipercayai kebenarannya oleh hati(mu), mendatangkan keamanan jiwa, menjadi kepercayaan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
Manusia dititipkan oleh Allah Swt. dua potensi secara umum, yakni potensi jasadiyah dan potensi rohaniah. Potensi jasadiyah bertolak pada apa-apa yang secara inderawi bisa disaksikan. Sementara pada potensi rohaniah terisolasi pada hal-hal yang sifatnya inderawi. Ruang lingkup dari …

Pengertian Globalisasi Serta Dampaknya Bagi Indonesia

Gambar
A. Pengertian GlobalisasiMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi merupakan proses masuk keruang lingkup dunia. Globalisasi berasal dari kata globe/global yaitu dunia atau bola dunia. Globalisasi sebetulnya adalah suatu kapitalisme dalam bentuknya yang paling mutakhir. Pemikiran Theodore Levitte  dalam bukunya yang berjudul “Who Coined the Therm Globalization is Dead” (1985), menjadikan ia orang yang pertama kali menggunakan istilah globalisasi pada tahun 1985. Berikut ini terdapat beberapa pengertian tentang globalisasi oleh para ahli :
Selo Sumardjan Globalisasi adalah terbentuknya system organisasi dan komunikasi antar masyarakat diseluruh dunia untuk mengikuti system dan kaedah-kaedah yang sama.
Robert O. Keohane dan Joseph S. Nye Globalisasi yakni Saling berhubungan, integrasi, dan saling keterkaitan antar masyarakat dan negara-negara seluruh dunia.
Emanuel Richter Globalisasi ialah suatu jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpeca…

Makalah Tentang Sejarah Kehidupan Manusia Masa Praaksara

Gambar
A. Pengertian Masa PraaksaraMasa praaksara adalah masa dimana insan belum mengenal goresan pena. Masa praaksara seringkali disebut menjadi masa prasejarah. Kehidupan manusia dalam masa praaksara diklaim menjadi kehidupan insan purba. Manusia muncul di permukaan bumi kira-kira tiga juta tahun yg lalu bersama menggunakan terjadinya berkali-kali pengesan atau glasiasi pada zaman yang dianggap kala plestosen.
Kurun waktu pada masa praaksara diawali sejak manusia terdapat & berakhir hingga insan mengenal tulisan. Berakhirnya masa praaksara setiap bangsa tidaklah sama. Bangsa Mesir telah mengenal tulisan. Sebaliknya, bangsa Australia baru mengenal goresan pena kurang lebih awal abad ke-20. Berarti penduduk orisinil bangsa Australia aru meninggalkan masa praaksara dalam awal abad ke-20.
Bangsa Indonesia meninggalkan masa praaksara kira-kira pada tahun 400 masehi. Hal ini diketahui menurut adanya batu bertulis yang masih ada Muara Kaman, Kalimantan Timur. Prasasti tersebut tidak berangkat t…

Pengertian Demokrasi dan Jenis-jenisnya

Gambar
A. Definisi DemokrasiKata demokrasi berasal dari Yunani yaitu "kekuatan rakyat", yang dibentuk dari demo yang berarti "rakyat" dan kratos yang berarti "kekuasaan" atau "kekuasaan" pada abad ke-5 SM untuk merujuk pada sistem politik kota Yunani -negara, salah satunya Athena; kata ini adalah antonim untuk ἀριστοκρατία (aristocratie) "elite power".

Dalam terminologi, Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negara memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi memungkinkan warga negara untuk berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi dan budaya yang memungkinkan praktik kebebasan politik yang bebas dan setara.

Sementara itu, definisi demokrasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Abraham Lincoln
Menurutnya, pengertian demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dipega…