Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 10, 2019

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Gambar
A. Pengertian PancasilaIstilah pancasila yang kita kenal sejak sebelum Indonesia merdeka dan yg waktu ini telah resmi sebagai ideologi negara kita dalam awalnya disadur dari bahasa India yakni bahasa Sansekerta (bahasa berdasarkan gerombolan  kasta Brahmana) yang pada bahasa masyarakat jelata disebut prakerta. Pengertian pancasila bisa dibahasakan dari berasal-usulnya berasal dari istilah panca yang berarti 5 dan syila yang menggunakan “i” biasa berarti alas atau dasar sedang yang menggunakan “y” berarti peraturan tingkah laris yg krusial atau baik. Dengan demikian, Pancasila berarti 5 dasar atau 5 alas (consisting of five rocks, aus funf felsen bestehen). Kemudian pengertian pancasila dikukuhkan dalam lepas 18 agustus 1945 sebagai dasar negara pada sidang PPKI yang isi sidang tadi diantaranya merupakan sebagai berikut: Mengangkat presiden Soekarno menjadi presiden RI & M. Hatta menjadi wakilnya.Mengesahkan Pancasila menjadi dasar Negara Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 sebag…

Sejarah Psikologi Sosial Secara Singkat

Gambar
Kumpulanmakalah.com-Bidang psikologi sosial berkembang pesat dan memiliki pengaruh yang semakin penting pada bagaimana kita berpikir tentang perilaku manusia. Surat kabar, majalah, situs web, dan media lain sering melaporkan temuan psikolog sosial, dan hasil penelitian psikologi sosial memengaruhi keputusan di berbagai bidang. Mari kita mulai dengan sejarah singkat bidang psikologi sosial dan kemudian beralih ke ulasan tentang prinsip-prinsip dasar ilmu psikologi sosial.


Sejarah Psikologi SosialIlmu psikologi sosial dimulai ketika para ilmuwan pertama kali mulai secara sistematis dan formal mengukur pikiran, perasaan, dan perilaku manusia (Kruglanski & Stroebe, 2011). Eksperimen psikologi sosial paling awal pada perilaku kelompok dilakukan sebelum 1900 (Triplett, 1898), dan buku teks psikologi sosial pertama diterbitkan pada tahun 1908 (McDougall, 1908/2003; Ross, 1908/1974). Selama tahun 1940-an dan 1950-an, psikolog sosial Kurt Lewin dan Leon Festinger memperbaiki pendekatan eksp…

Pengertian Organisasi dan Bentuknya

Gambar
A. Pengertian OrganisasiOrganisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .

Dasar-Dasar Pendidikan Islam dan Ruang Lingkupnya

Gambar
A. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam Berbicara tentang dasar ilmu pendidikan islam, maka secara umum dibagi menjadi dua kelompok, yaitu dasar ideal dan dasar operasional. Adapun penjelasan tentang kedua dasar ilmu pendidikan islam tersebut, yaitu sebagai berikut: 1. Dasar Ideal Berbicara tentang dasar ilmu pendidikan Islam berarti juga berbicara tentang kitab suci Alquran dan Hadistt Rasul. Karena semua aspek kehidupan yang terkandung di dalam ajaran Islam berasaskan kepada kedua sumber pokok, yaitu Alquran dan Hadis. a. Alquran Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik pertama pada masa awal pertumbuhan Islam telah menjadikan Alquransebagai dasar pendidikan Islam di samping Hadistt beliau sendiri. Kedudukan Alquransebagai sumber pokok pendidikan Islam dapat dipahami firman Allah: Artinya: “Dan Kami tidak menurunkan kepadamu (Alquran) ini melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka perselisihan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (QS. Al-Nahl: 64) Sehubungan dengan…

Sejarah Kelahiran Komunis dan Ideologinya

Gambar
A. Sejarah Kelahiran KomunisPada dasarnya, sosialisme muncul sebagai bentuk penolakan dari kapitalisme. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa, kapitalisme telah berimplikasi buruk terhadap nasib kaum buruh Eropa pada abad ke 19. Di satu sisi, industrialisasi dengan kapitalisasinya telah mendorong dengan pesat laju produksi barang dan jasa, akan tetapi, di sisi yang lain, keduanya juga bertanggung jawab terhadap kesenjangan dan krisis sosial yang merugikan kaum buruh. Upah kerja rendah, jam kerja panjang, eksploitasi tenaga anak dan wanita, serta pabrik yang kurang --bahkan tidak-- memperhatikan keamanan kerja dan kesejahteraan kaum buruh telah mendorong para pemikir untuk meninjau kembali paradigma dasar kapitalisme.
Muncul kemudian Robert Owen (1771-1858) di Inggris, Saint Simon (1760-1825) dan Fourier (1772-1837) di Perancis. Mereka berusaha memperbaiki kondisi buruk akibat sistem kapitalisme dan mulai menyerukan gagasan sosialisme. Namun, usaha mereka tidak dibarengi dengan tindakan n…

Penyebab Penyakit Kelamin dan Cara Mengatasinya

Gambar
A. Penyebab Penyakit KelaminPenyakit kelamin disebabkan oleh empat hal berikut: 1.  Bakteri Bakteri adalah suatu organisme yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas dibandingkan dengan organisme lainnya di bumi. Bakteri umumnya merupakan organisme uniseluler (bersel tunggal), prokariota/prokariot, tidak mengandung klorofil, serta berukuran mikroskopik (sangat kecil).

Bakteri berasal dari kata bahasa latin yaitu bacterium. Bakteri memiliki jumlah spesies mencapai ratusan ribu atau bahkan lebih. Mereka ada di mana-mana mulai dari di tanah, di air, di organisme lain, dan lain-lain juga berada di lingkungan yang ramah maupun yang ekstrim. Dalam tumbuh kembang bakteri baik melalui peningkatan jumlah maupun penambahan jumlah sel sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni seperti ph, suhu temperatur, kandungan garam, sumber nutrisi, zat kimia dan zat sisa metabolisme. Ciri-Ciri Bakteri :
Umumnya tidak berklorofilHidupnya bebas atau sebagai parasit / pathogenBentuknya beraneka ragamMemil…

Pengertian Filsafat Hukum dan Objek Kajiannya

Gambar
A.  Pengertian Filsafat HukumPurnadi Purbasraka dan Soerjono Soekanto mengatakan “filsafat hukum adalah perenungan dan perumusan nilai-nilai, filsafat hukum juga mencakup penyerasian nilai-nilai misalnya penyerasian antara ketertiban dan ketenteraman, antara kebendaan dengan keakraban, dan antara kelanggengan konservatisme dengan pembaharuan”.

Menurut Muhadi berpendapat: filsafat hukum adalah falsafah tentang hukum, falsafah tentang segala sesuatu di bidang hukum secara mendalam sampai ke akar-akarnya secara sistematis. 

Soedjono Dirdjosisworo mengatakan filsafat hukum adalah pendirian atau penghayatan kefilsafatan yang dianut orang atau masyarakat atau negara tentang hakikat ciri-ciri serta landasan berlakunya hukum. Van Apeldoorn menguraikan sebagai berikut: “filsafat hukum menghendaki jawaban atas pertanyaan : apakah hukum itu? Ia menghendaki agar kita berpikir secara mendalam tentang tanggapan kita dan bertanya pada diri sendiri, apa yang sebenarnya kita anggap tentang hukum”.

Rumusa…

Departemen Sumber Daya Manusia : Pengertian dan Fungsinya

Gambar
Pengertian Sumber Daya ManusiaSumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi. Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebaga…