Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 13, 2019

Strategi Mengajar Siswa Hiperaktif di Rumah dan di Sekolah

Gambar
Strategi Mengajar Siswa Hiperaktif Menurut Learning Disabilities Association of America Attention Deficit Hyperactivity (Hiperaktif) Disorder tidak dianggap sebagai ketidakmampuan belajar. Tetapi kenyataannya adalah bahwa banyak siswa yang memiliki Hiperaktif  memiliki masalah terkait lainnya yang menghambat kemampuan mereka untuk belajar sesuai dengan rencana pendidikan tradisional yang ada di sebagian besar sekolah umum. Bahkan tanpa ketidakmampuan belajar tambahan siswa dengan Hiperaktif dan guru mereka sering membutuhkan strategi adaptif untuk membuat belajar lebih sulit.
Tiga dari masalah yang harus dihadapi oleh guru, dan ini termasuk orang tua / guru homeschooling pada siswa dengan Hiper Aktif adalah: 1. DistractibilitySiswa dengan Hiperaktif merasa sulit untuk berkonsentrasi pada satu mata pelajaran untuk waktu yang lama. Salah satu cara orang tua / guru dapat menangani hal ini adalah dengan membuat pelajaran singkat. Bantu siswa untuk memecah tugas yang lebih besar menjadi sera…

Pengertian dan Aliran-aliran Seni Lukis

Gambar
A. Pengertian Seni LukisSeni Lukis merupakan salah satu cabang seni. Atas dasar pengertian yang sama, seni lebih lengkap daripada evolusi awan. Lukisan adalah cara untuk kegiatan data atau 2-dimensi permukaan tubuh 3 dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu dari pengobatan. Hal ini menggambar bentuk bias yang sedang, seperti kanvas, kertas, piring, dan bahkan bias film fotografi sebagai alat lukis. Bisa juga menjadi alat yang digunakan bervariasi, asalkan pemberian imajinasi bias dipastikan bahwa media yang digunakan. lukis modern dimulai dengan munculnya kolonialisme di Indonesia. Membuat satu mil dari seni pada waktu itu banyak pelukis yang mengalir ke Indonesia yang terlibat dalam pengembangan aliran ini. 
Raden Saleh adalah salah satu asisten yang cukup beruntung untuk belajar bias yang diperaktekkan lukisan Eropa pelukis Belanda. Kemudian Raden Saleh pergi untuk belajar melukis dan Belanda berhasil menjadi seorang pelukis dan menjadi hormat Indonesia untuk pelukis istana di beber…

Pengertian dan Macam-macam Seni Rupa

Gambar
A. Pengertian Seni Rupa Seni rupa adalah sebuah konsep atau namauntuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Bentuk karya merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa y6ang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna, akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Makana bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya.
Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu : karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau ka…

Konsep Pendidikan Sekolah Islam Terpadu

Gambar
A. Pengertian Sekolah Islam TerpaduSekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan islam berlandaskan Al-Quran dan As sunnah. Dalam aplikasinya Sekolah Islam Terpadu diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraannya dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Sekolah Islam Terpadu juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah. Dalam penyelenggaraannya memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah dan masyarakat.
Dengan sejumlah pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Sekolah Islam Terpadu adalah sekolah islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integrative nilai dan ajaran islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan ya…

Fungsi dan Manfaat NUPTK Bagi Guru PNS dan Non PNS

Gambar
NUPTK merupakan harapan bagi setiap guru PNS dan Non PNS untuk mereka miliki sebab dengan memiliki NUPTK, terdapat banyak peluang yang bisa didapatkan termasuk kesejahteraan secara finansial.
Pengertian NUPTKNUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan. NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan NUPTK
Terdapat 16 angka nomor NUPTK yang tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat, stastus kepegawaian, atau terjadi perubahan data lainnya. Fungsi NUPTK dan Manfaat NUPTKTerdapat banyak fungsi dan manfaat NUPTK bagi guru PNS dan Non PNS untuk mereka pergunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi d…

Pengertian Al Qur'an dan Fungsinya

Gambar
Pengertian Qur’an adalah bentuk masdhar dari kata kerja Qara’a yang berarti bacaan. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Pengertian Al-Qur'anAl-qur'an sebagai kitab suci umat islam adalah sumber petunjuk untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Sebagai sumber pegangan dalam bertindak, tentu sebagai seorang muslim harus memahami apa yang dimaksud dengan Al-Qur'an.
Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Ajaran Pokok, dan Klasifikasi Al-Qur'an Pengertian  Al Qur’an Secara EtimologiKata Al-Qur’an adalah isim mashdar (kata benda) dari kata (قرأ) dengan makna isim Maf’ul, sehingga berarti “bacaan”. Al-Qur’an Merupakan mashdar (kata benda) dari kata kerja Qoro-’a (قرأ) yang bermakna Talaa (تلا) keduanya bererti: membaca, atau bermakna Jama’a (mengumpulkan, mengoleksi). Anda dapat menuturkan, Qoro-’a Qor’an Wa Qur’aanan (قرأ قرءا وقرآنا) sama seperti anda menuturkan, Ghofaro Ghafran Wa Qhufroonan (غفر غفرا وغفرانا). Berdasarkan makna pertama (Yakni: Talaa) maka ia adalah …

Menjaga Kesehatan Psikologi Ibu Hamil

Gambar
A. Kesehatan Psikologi Ibu HamilKehamilan membawa campuran perasaan, dan tidak semuanya baik. Jika Anda merasa khawatir, Anda tidak sendirian. Kekhawatiran adalah umum, terutama selama kehamilan pertama wanita atau yang tidak direncanakan. Ini bisa menjadi lebih sulit jika Anda berurusan dengan depresi atau kecemasan. Untuk kesehatan dan bayi Anda, jagalah diri Anda sebaik mungkin. Pastikan untuk makan dengan baik, berolahraga, cukup tidur, dan minum vitamin sebelum melahirkan. Jika Anda merasa khawatir, sedih, atau gugup, bicarakan dengan seseorang tentang hal itu dan ketahui kapan harus mencari bantuan. Perubahan suasana hati adalah normal selama kehamilan. Tetapi jika Anda merasa gugup atau sedih sepanjang waktu, itu bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih dalam terjadi. Stres karena hamil, perubahan dalam tubuh Anda selama kehamilan, dan kekhawatiran sehari-hari dapat membebani Anda.
Beberapa wanita hamil mungkin mengalami masalah kesehetan psikologi seperti: 1. Depresi  Depresi  adala…

Biografi dan Pemikiran Tasawuf Al-Hallaj

Gambar
A. Biografi Singkat al-Hallaj Nama lengkapnya ialah Abu Mughisy Al-Husein bin Manshur al-Hallaj. Lahir dinegeri Baida bagian Selatan Persi tahun 244 H/857-858M dibesarkan di kota Wasit (Irak). Selain terkenal sebagai seorang sufi juga ia seorang Teolog. Nama Hallaj merupakan julukan yang diberikan kepadanya karena ayahnya seorang tukang tenun wool. Nashabnya berhubungan Ibn Ayub sahabat Nabi. Dalam usia 16 tahun ia belajar tasawuf pada sufi terkenal Sahl bin Abdullah at-Tustur di negeri Ahwaz, selanjutnya kepada seorang sufi terkenal di Bashrah Amr al-Makki. Pada tahun 264 H dia ke kota Baqdad belajar tentang Tasawuf pada seorang sufi al-Junaid, kemudian pada saat ketanah suci naik haji selama tiga kali. Dengan riwayat singkat ini bisa dipahami bahwa al-Hallaj memiliki dasar pengetahuan kesufian yang kuat. Perjalanan hidup selanjutnya, ia pernah masuk penjara sebanyak 2 kali.
Pada kali pertama sebagai akibat konflik dengan ulama Fiqhi mengenai pandangan-pandangan tasawuf menyebabkan ul…