Skip to main content

Pengertian SIG Secara Umum dan Menurut Pendapat Para Ahli

SIG adalah singkatan dari Sistem Informasi Geografis yang merupakan suatu system dengan kemampuan membangun dan menginterpretasi serta menyajikan informasi berdasarkan sumber geografis. SIG telah menjadi media dengan pengaruh positif yang luar biasa terkait proses perencanaan pengembangan program yang berbasis komunitas dan pengambilan keuputusan ilmiah.

Pengertian SIG Secara Umum

Pengertian SIG atau Sistem Informasi Geografis secara umum adalah sebuah sistem informasi yang penggunaanya dirancang dengan memakai data yang bersifat referensi keruangan  dan berbasis komputer.

SIG mampu mengambil dan mengintegrasikan, menampilkan serta menganalisa data secara perkelompok yang mendasarkan kepada kondisi bumi.
Pengertian SIG secara umum selanjutnya adalah system informasi yang secara khusus mengolah data dari sumber informasi keruangan dengan kemampuan membangunm menyimpan, mengolah, dan menyajikan informasi berdasarkan keadaan geografis seperti identifikasi data pada data base.

Pengertian SIG Menurut Pendapat Para Ahli

Setelah memahami pengertian SIG secara umum, selanjutnya akan dijelaskan pengertian SIG menurut pendapat para ahli. Pada referensi makalah kali ini, disebutkan beberapa ahli yang menjelaskan pengertian SIG berdasarkan konsepnya masing-masing.
Pengertian SIG berdasarkan pendapat Marbel adalah system penanganan data keruangan. Sedangkan Berry menjelaskan pengertian SIG sebagai system informasi dan referensi internal serta pengolahan data secara otomatis berdasarkan data keruangan.
Sementara itu, Burrougt menjelaskan pengertian SIG adalah system yang berbasis computer yang dimanfaatkan untuk menginput, menyimpan, mengolah, menganalisa, dan menampilkan data yang memiliki sumber keruangan dengan tujuan untuk memetakan dan merencanakan.
Pengertian SIG menurut pendapat ahli yang lain, yaitu Arronoff dan Gistut. Menurut pendapat Arronoff, SIG adalah system berbasis computer yang mempunyai kapabilitas dalam menangani data berbasis geografi menyangkut input, manajemen, manipulasi, dan analisis serta output data sebagai dasar dalam pengambilan keputusan pada persoalan yang berkaitan dengan geografi. 
Sedangkan Gistut menjelaskan pengertian SIG sebagai  sistem pendukung penetapan keputusan pasrsial dan dapat menghubungkan deskripsi lokasi dengan karakteristik peristiwa yang terjadi di lokasi tersebut. SIG atau Sistem Informasi Geografis mencakup metodologi dan teknologi yang dibutuhkan terkait  data spasial perangkat keras dan perangkat lunak serta struktur organisasi.

Dari penjelasan tentang pengertian SIG secara umum dan menurut pendapat para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan pengertian SIG adalah system informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan menampilkan data yang berefeensi keruangan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar