--> Skip to main content

Cara Membaca Al-Qur’an Metode Ummi

Metode Ummi adalah salah satu metode belajar Al-Qur’an yang digemari banyak siswa atau santri saat ini. Sesuai dengan namanya yaitu “Ummi” yang kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia yang berarti ibu, maka metode ini menerapkan pendekatan ibu dalam pengajarannya.

Metode ummi sebagai salah satu cara membaca Al-Qur’an menerapkan prinsip yang disandarkan kepada karakter ibu dalam mendidik anaknya, yaitu dilakukan secara langsung, berulang-ulang, penuh kesabaran, dan kasih saying serta ketulusan.
Prinsip atau pendekatan pembelajaran ummi tersebut menciptakan situasi dan kondisi belajar Al-Qur’an yang menyenangkan dan menyentuh hati. Dalam kondisi seperti ini, metode ummi memberikan kemudahan kepada siswa atau santri dalam memahami cara membaca Al-Qur’an.

Cara Membaca Al-Qur’an Metode Ammi

Dalam penerapannya, membaca Al-Qur’an metode Ummi dilakukan dengan dua cara yaitu secara klasikal atau berkelompok dan secara individual atau perorangan. Penerapan cara membaca Al-Qur’an dengan metode Ummi tersebut, akan memberikan pengalaman belajar bagi siswa atau santri pada dua situasi belajar yaitu secara kooperatif dan mandiri.
Dalam pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi, terdapat dua saran pendukung yang akan memacu kemampuan anak untuk memahami cara membaca Al-Qur’an dengan lebih cepat, yaitu alat peraga yang berupa lembaran materi pembelajaran yang dipasang di depan anak untuk dibaca secara klasikal. 

Selanjutnya, terdapat buku materi yang dipegang oleh masing-masing siswa atau santri untuk dibaca secara individual. Dengan dua instrument tersebut, siswa akan menunjukkan kemampuannya secara umum dan secara khusus.

Sementara itu, pembelajaran metode ummi dilakukan secara terstruktur dan terukur melalui evaluasi yang dilakukan secara berkala, baik evaluasi harian melalui buku prestasi siswa, evaluasi pekanan dengan melihat perkembangan siswa diakhir pekan, evaluasi bulanan, dan evaluasi kenaikan jilid yang dilakukan oleh coordinator Qur’an pada lembaga yang menerapkan cara membaca Al-Qur’an metode Ummi.

Selain itu, cara membaca Al-Qur’an metode Ummi dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur. Adapun langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi, yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Apresepsi
  3. Penanaman konsep
  4. Pemahaman konsep
  5. Latihan
  6. Evaluasi
  7. Penutup

Dengan langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi tersebut, maka pencapaian target cara membaca Al-Qur’an akan dapat dicapai sesuai waktu yang ditetapkan.

Demikian penjelasan tentang cara membaca Al-Qur’an metode Ummi sebagai referensi bagi bapak/ibu yang ingin belajar membaca Al-Qur’an dengan cepat, mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar