Cara Merawat Laptop Baru Agar Tetap Awet

Merawat laptop baru adalah hal yang perlu kalian lakukan agar laptop yang baru saja kalian beli tetap awet dan tahan lama. Kinerja laptop akan tetap terjaga apabila kalian merawatnya dengan baik dan teratur. Sebaliknya, laptop baru yang kalian miliki tidak akan bertahan lama dan akan memiliki kinerja yang buruk jika kalian tidak merawatnya dengn baik.

Oleh karena itu, kalian harus memahami cara merawat laptop baru agar tetap awet dan tahan lama. Kalian bisa menjadikan informasi kali ini sebagai rujukan untuk menjaga laptop kalian agar tetap awet dan memiliki kinerja yang baik.  Bagaimana cara merawat laptop baru agar tetap tahan lama? Berikut penjelasannya.

Cara Merawat Laptop Baru Agar Tetap Awet 

Langsung saja ke topik pembahasan tentang cara merawat laptop baru agar tetap awet. Setelah kalian memiliki laptob baru, maka kalian harus merawatnya dengan baik seperti cara merawat laptop baru agar tetap tahan lama berikut.

Berhati-hatilah dalam Mengoperasikannya

Perlu kalian ketahui bahwa laptop adalah perangkat yang memiliki komponen yang sangat rapuh sehingga mudah rusak. Laptop baru yang kalian miliki harus terhindar dari benturan dan goncangan untuk menghindari kerusakan pada komponen laptop. Oleh karena itu, kalian harus berhati-hati dalam mengoperasikan laptop baru yang kalian baru beli.

Rutin Membersihkan Laptop

Laptop baru yang kalian miliki harus dirawat secara teratur dengan cara membersihkannya secara rutin. Kebersihan laptop adalah salah satu syarat utama laptop bisa bertahan lama. Debu yang menempel pada komponen laptop seperti kipas, keyboard, dan monitor akan mempengaruhi kinerja laptop kalian. 
Baca Juga : Mengenal Komponen Komputer
Dengan demikian, kebersihan laptop harus  kalian pastikan yaitu terbebas dari debu atau kotoran yang menenempel  secara berlebihan. Rutinlah membersihkan laptop kalian dengan alat pembersih laptop yang sudah banyak tersedia di took peralatan computer.

Sesuaikan Aplikasi dengan Kemampuan Laptop

Perlu kalian pahami bahwa kemampuan dan kapasitas laptop berbeda-beda. Kalian jangan coba-coba menginstal aplikasi yang sulit dijalankan oleh laptop yang baru kalian beli. Jika laptop kalian hanya memiliki kapasitas Ram 2 Gigabyte, maka hindari menginstal aplikasi berat seperti game bola, GTA, dan lain-lain. Jika kalian memaksakan menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan kemampuan system operasi laptop, maka jangan salahkan penjualnya kalau laptop baru yang kalian miliki hanya bertahan beberapa bulan saja. Hal ini perlu kalian perhatikan agar laptop baru kalian tetap awet dan tahan lama.
Sebaiknya, jika kalian mginginginkan beberapa aplikasi dapat terinstal pada laptop kalian, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum kalian membeli laptop baru. Jika kalian tidak memahami tentang laptop, silahkan bertanya pada orang-orang yang berpengalaman dalam hal laptop atau kalian bisa searcing di internet. Hal tersebut penting agar kalian tidak merasa menyeseal di kemudian hari.

Perbaharui Aplikasi Pada Laptop

Salah satu penyebab laptop tidak bertahan lama disebabkan karena apalikasi yang terinstal sudah kadaluarsa sehingga mempengaruhi kinerja laptop. Kalian harus memperhatikan permintaan update pada aplikasi yang tertanam pada laptop baru kalian. Sebisa mungkin, lakukan pembahruan aplikasi jika sudah ada pemberitahuan. Biasa aplikasi yang terinstal pada laptop, akan memberikan notofikasi update dan aplikasi versi lama akan eror. Tetap perhatikan pembaharuan aplikasi agar leptop kalian tetap tahan lama.

Tingkatkan Perangkat Keras atau Hardware

Salah satu cara terbaik untuk menjaga laptop kalian tetap awet dan tahan lama yaitu dengan mengupgrate pernagkat keras atau hardware pada laptop kalian. Selain untuk menjaga laptop tetap awet, meningkatkan hardware laptop juga akan meningkatkan kinerja laptop. Hardawere atau perangkat keras laptop yang bisa kalian tingkatkan menjadi lebih tinggi yaitu, Hardisk, Ram, dan Monitor.  
Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Pada Perangkat Keras Komputer
Perhatikan komponen laptop tersebut, jika kalian merasa kinerja komponen-komponen laptop tersebut sudah mulai bermasalah, maka segera ganti dan sekalian meningkatkan ke versi yang spesifikasinya lebih tinggi. Meningkatkan hardware laptop akan menjaga ketahan laptop kalian.

Itulah beberapa cara merawat laptop baru agar tetap awet dan tahan lama yang perlu kalian ketahui.  Pada dasarnya ketahanan sebuah laptop tergantung dari yang punya. Jika rutin merawat laptop baru yang dimilikinya, maka ia akan menggunakannya dalam waktu yang lama, sebaliknya jika hanya tahu makai tetapi malas merawat, maka jangan harap kalian hanya memakai satu laptop dalam setahun, mungkin saja kalian akan mengganti laptop setiap bulan bukan karena banyak uang tetapi karena keterpaksaan. hehehe