Skip to main content

Susunan Makalah Yang Benar Berdasarkan Ketentuan

Makalah merupakan sebuah tulisan yang disusun berdasarkan struktur penulisan yang telah ditentukan. Menyusun makalah yang tidak sesuai dengan aturan, pastinya akan ditolak oleh dosen pembimbing dari mata kuliah tersebut. Oleh karena itu, menyusun makalah yang benar berdasarkan ketentuan yang berlaku harus dilakukan.
Susunan Makalah

Menyusun makalah yang bernar berdasarkan ketentuan, sebenarnya bukanlah pekerjaan yang begitu sulit apabila struktur penulisannya telah diketahui. Pengetahuan tentang susunan makalah yang benar seiring dengan seberapa seringnya makalah tersebut disusun. Artinya, kalian akan semakin paham membuat susunan makalah yang benar jika sudah sering melakukannya.

Susunan Makalah Yang Benar

Sebagai referensi dalam membuat makalah yang benar, maka berikut diuraikan secara rinci tentang susunan makalah yang benar berdasarkan aturan yang berlaku, yaitu:

1. Sampul Makalah

Sampul merupakan halaman paling depan pada sebuah makalah yang akan kalian buat. Sampul harus ada pada setiap makalah karena fungsinya sebagai identitas dari makalah yang kalian buat. Adapun unsur yang harus ada pada sampul makalah yaitu:
  • Judul Makalah
  • Logo Universitas 
  • Nama Penyusun
  • Jurusan Prodi
  • Tahun Ajaran

2. Kata Pengantar

Kata pengantar makalah adalah prolog terkait makalah yang kalian buat. Kata pengantar juga harus ada pada setiap makalah kalian buat yang mendeskripsikan bagaimana makalah tersebut kalian susun. Adapun isi dari kata pengantar makalah biasanya diawali dengan rasa syukur kepada sang pencipta atas segala nikmat yang diberikan kepada penulis sehingga makalah tersebut dapat disusun dengan benar sesuai ketentuan.
Selanjutnya, pada paragraph kedua, kata pengantar makalah biasanya berisi ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu dalam penyusunan makalah tersebut. Hal ini tidak bisa kalian abaikan sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang memberikan kontribusi sehingga makalah yang kalian susun dapat terselesaikan dengan baik.
Pada paragraf terakhir, kata pengantar makalah berisi kerendahan hati sang penyusun makalah sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalah. Kalian harus mengakui, bahwa makalah yang kalian susun masih jauh dari kesempurnaan, sehingga semua bentuk masukan dari semua pihak, kalian terima dengan baik untuk kesempurnaan penyusunan makalah selanjutnya.

3. Daftar Isi Makalah

Setelah kalian membuat kata pengantar makalah, saatnya kalian membuat daftar isi makalah. Daftar isi makalah memberikan informasi kepada pembaca tentang isi makalah yang anda susun secara keseluruhan. Seluruh susunan makalah dari awal sampai akhir disebutkan pada daftar isi yang dilengkapi dengan nomor halaman.
Nomor halaman pada daftar isi makalah sangat penting untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang poin-poin pembahasan makalah kalian. Nomor halaman pada daftar isi tidak boleh berbeda dengan halaman makalah yang dimaksud, sehingga kalian harus benar-benar memperhatikannya.

4. Pendahuluan

Pada dasarnya, poin penting dari setiap makalah yang disusun terdapat pada setiap bab makalah. Terdapat tiga bab pada makalah secara umum yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Bab I pada makalah yaitu pendahuluan yang merupakan dasar pengembangan pembahasan yang dijelaskan pada bab selanjutnya. Adapun unsur-unsur yang harus ada pada Bab I makalah yaitu:

  • Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah adalah dasar sehingga kalian memilih judul tersebut sebagai pembahasan dalam makalah kalian. Kalian harus menjelaskan mengapa kalian memilih judul tersebut diangkat dalam makalah kalian. Dengan demikian, pembaca akan memahami dasar pemikiran kalian dalam memilih judul tersebut sebagai pembahasan.

  • Rumusan Masalah

Setelah menjelaskan alasan memilih judul sebagai pembahasan makalah kalian, selanjutnya adalah menentukan rumusan masalah yang akan dijawab pada pembahasan makalah. Rumusan masalah merupakan pertanyaan tentang suatu konsep yang diambil dari latar belakang pemilihan judul. Nantinya, pertanyaan tersebut akan dijelaskan pada bab pembahasan. 

  • Tujuan Penyusunan Makalah

Tujuan penyususun makalah adalah target yang ingin kalian capai dari penyusunan makalah tersebut. Tujuan penyusunan makalah harus sinkron dengan rumusan masalah. Tujuan penyusunan makalah disusun dari rumusan masalah yang telah dibuat.

5. Pembahasan

Pembahasan merupakan salah satu susunan yang wajib ada pada setiap makalah. Pembahasan berisi penjelasan dari rumusan masalah yang telah kalian susun. Pada bab pembahasan tersebut, kalian harus menjelaskan dengan rinci terkait pertanyaan dari rumusan masalah.
Pembahasan yang baik pada makalah harus berisi semua jawaban dari pertanyaan yang ada. Dengan demikian, kalian harus memiliki banyak referensei tentang masalah yang kalian bahas pada makalah tersebut. Kekuarangan referensi akan berakibat kuarangnya informasi yang diharapkan ada pada pembahasan sehingga pengembangan konsep juga akan terbatas.

6. Penutup

Penutup adalah bagian akhir pada susunan makalah yang berdasarkan ketentuan. Setiap makalah yang dibuat harus berisi penutup yang berisi dua unsur yaitu:

  • Kesimpulan

Kesimpulan berisi rangkuman dari pembahasan yang terdapat pada makalah tersebut. Poin penting dari isi makalah, kalian tuliskan pada kesimpulan. Kesimpulan makalah tidak boleh berbeda isi makalah. Jika kesimpulan berbeda dengan isi makalah, maka rumusan masalah yang telah dibuat akan tidak akan terjawab sehingga tujuan dari penyusunan makalah pun tidak tercapai.

  • Saran

Saran pada susunan makalah yang benar berisi, keterbukaan kalian dalam menerima masukan yang sifatnya membangun. Sampaikan kepada pembaca bahwa kalian sangat membutuhkan masukan mereka baik berupa kritikan maupun pujian.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang kalian jadikan sebagai rujukan dalam menyusun makalah tersebut. Kalian harus menulis semua referensi yang kalian gunakan pada daftar pustaka. Hal tersebut akan memberikan keabsahan teoritis terkait pembahasan yang kalian angkat pada makalah yang kalian susun.

Itulah penjelasan tentang susunan makalah yang benar berdasarkan ketentuan sebagai referensi bagi kalian yang akan menyusun makalah. Meskipun demikian, susunan makalah yang benar terkadang tergantung dari ketentuan instansi di mana kalian menimba ilmu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar