--> Skip to main content

Memahami Empat Sumber Sumber Hukum Islam

Memahami sumber hukum islam adalah hal yang sangat penting terutama bagi kita sebagai seorang muslim. Dengan memahami sumber hukum islam, maka segala yang kita lakukan baik dalam hal ibadah maupun dalam perkara muamalah akan bisa dipertanggungjawabkan. Berbeda halnya jika sumber hikum islam tidak kita pahami, segala perbuatan kita akan menimbulkan keraguan karena dasarnya tidak kita ketahui.

A. Pengertian Sumber Hukum Islam

Sumber hukum islam adalah sesuatu yang dijadikan sebagai dasar atau acuan dalam menetapkan sebuah hukum dalam islam. Sebagai perkara yang sangat penting dalam pengambilan keputusan hukum, sumber hukum islam memiliki sifat yang mutlak dan dinasmis sehingga dalam penerapannya terhindar dari kesalahan.
Sumber hukum islam adalah rujukan atau pedoman dalam menetapkan syariat islam yang bersifat tetap dan mengingat serta memiliki kekuatan hukum islam yang jika dilanggar akan menimbulkan konsekuensi bagi pelakunya.
Memahami Empat Sumber Sumber Hukum Islam

Sumber hukum islam mengarahkan seorang muslim dalam bertindak dalam segala aspek kehidupannya, baik dalam perkara akidah, ibadah, dan muamalah. Setiap keputusan yang diambil dalam kehidupan seorang muslim tidak boleh bertentangan dengan sumber hukum islam yang disepakati oleh mayoritas ulama. Dengan demikian kehidupan manusia kususnya umat islam akan selalu terarah pada jalan yang diridhoi oleh Allah SWT dan terhindar dari perkara yang dimurkai-Nya.

B. Sumber-Sumber Hukum Islam

Sebagai dasar acuan dalam pengambilan keputusan dalam syariat islam, sumber hukum islam yang disepakati mayoritas ulama, terdapat empat sumber hukum. Adapun empat macam sumber hukum islam yang dimaksud, yaitu:

1. Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah sumber hukum islam yang pertama dan merupakan rujukan dari sumber hukum islam yang lainnya. Segala permasalah yang terjadi dalam kehidupan manusia baik secara individu maupun secara sosial harusnya diselesaikan berdasarkan Al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama dan pertama. Hal tersebut dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah An Nisa ayat 59.
Al-Qur’an sebagai sumber hukum islam yang menjadi petunjuk bagi manusia terjaga kemurniannya sampai hari akhir. Dengan demikian, Al-Qur’an sebagai sumber hukum islam bersifat mutlak dan jauh dari kesalah. Allah SWT telah menurunkan Al-Qur’an dan akan dijaganya sampai hari kiamat sehingga tidak ada keraguan daripadanya bagi orang yang beriman.


2. Al-Hadis

Menurut mayoritas ulama, hadis adalah segala ucapan Rasulullah SAW, perbuatan dan takrirnya baik yang berhubungan dengan perkara hukum maupun yang tidak berkaitan dengan hukum. Mayoritas ulama sepakat bahwa hadis merupakan sumber hukum islam yang kedua setelah Al-Qur’an dan setingkat di bawahnya. Hadis sebagai sumber hukum islam, dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al-Hasyr ayat 7.
Selain itu, dasar rujukan bahwa hadis sebagai sumber hukum islam yaitu berdasarkan hadis riwayat Imam Malik dan Al-Hakim, bahwa Rasulullah telah meninggalkan dua perkara kepada umatnya yang jika mereka berpegang kepada keduanya maka mereka selamanya tidak akan tersesat. Kedua perkara yang dimaksud adalah Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.
Meskipun hadis sebagai sumber hukum islam yang kedua setelah Al-Qur’an, akan tetapi kemurnian hadis berbeda dengan kesucian Al-Qur’an dari segala bentuk pemalsuan. Dalam hadis terdapat banyak tingkatan kemurnian sehingga perlu pendalaman dalam menetapkan hadis sebagai sumber hukum islam.


3. Ijma’

Menurut mayoritas ulama, Ijma’ adalah sumber hukum islam ketiga yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam menetapkan hukum dalam islam. Ijma’ adalah kesepakatan para ulama dalam menetapkan sebuah hukum dalam islam yang secara jelas tidak disebutkan dalam Al-Qur’an maupun hadis. 
Sebagai contoh, hukum imunisasi yang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an secara jelas dan tidak terdapat penjelasan dari Rasulullah SAW sebab pada masa itu perkembangan ilmu pengetahuan belum semaju saat ini, sehingga tidak ada penetapan hukum tentang permasalahan tersebut.
Kemudian para ulama berkumpul dan membahas tentang hukum imunisasi tersebut dimana para ulama melihat bahwa terdapat banyak manfaat dari imunisasi dan dianggap sebagai ikhtiar dalam hal kesehatan. Dari perkumpulan para ulama tersebut kemudian menghasilkan kesepakatan bahwa hukum imunisasi diperbolehkan.
Adapun dasar Ijma’ dapat dijadikan sebagai sumber hukum islam yaitu berdasarkan hadis Rasulullah SAW riwayat Tirmidzi dan Abu Daud, bahwa umat Rasulullah SAW tidak akan mengadakan kesepatan dalam hal kesesatan.
Selain itu, terdapat pula hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Lainnya, bahwa Rasulullah SAW memerintahkan membunuh orang yang meninggalkan Jama’ah atau ingin memecah belah umat jika dalam perkara tersebut mereka sepakat. 


4. Qiyas

Sumber hukum islam terakhr yang disepakati mayoritas ulama adalah Qiyas. Qiyas adalah menyamakan sesuatu dengan sesuatu yang lain karena adanya persamaan diantara keduanya sementara hukumnya belum ditemukan. 
Sebagai contoh qiyas sebagai sumber hukum islam, yaitu:
  1. Hukum minuman keras seperti wisky, brendy dan sejenisnya disamakan dengan Khamr karena sama-sama memabukkan
  2. Padi dan gandum karena keduanya adalah makanan pokok
  3. Kerbau dan sapi karena keduanya satu rumpun sementara di Arab tidak terdapat kerbau.
  4. Dan Lain sebaginya
Adapun dasar hukum Qiyas sebagai sumber hukum islam yaitu berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Suarah An-Nisa ayat 59 dan Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi terkait pelantikan Mu’adz Bin Jabal sebagai gubernur Yaman.
Sebagai sumber hukum islam yang keempat, Qiyas bisa dijadikan dasar hukum dalam segala hal, kecuali dalam perkara akidah dan ibadah. Sebab dalam perkara tersebut dikhawatirkan tergolong sebagai perkara bid’ah yaitu mengada-adakan sesuatu yang baru dalam agama islam. 
Itulah penjelasan tentang macam-macam sumber hukum islam yang disepakati mayoritas ulama sebagai referensi bagi kita dalam mendalami ajaran islam.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar