Skip to main content

Sekolah Islam Terpadu Lembaga Pendidikan Karakter Terbaik Saat Ini

Sekolah Islam terpadu merupakan lembaga pendidikan yang sangat banyak diminati masyarakat saat ini. Masyarakat melihat bahwa pada Sekolah Islam Terpadu seluruh aspek terintegrasi dalam satu kesatuan termasuk di dalamnya pendidikan karakter yang menjadi salah satu poin penting pendidikan Nasional saat ini.

Pentingnya Pendidikan Karakter Saat Ini

Pendidikan karakter diartikan sebagai segala usaha yang secara sadar dan terencana dilakukan manusia untuk mengembangkan potensi anak agar karakter pribadinya tercipta sehingga dapat bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.


Pendidikan karakter merupakan sistem pendidikan yang tujuannya adalah penanaman nilai-nilai karakter kepada anak yang mencakup aspek pengetahuan, kesadaran, dan perbuatan  dalam menerapakan nilai karakter tersebut.
Sekolah Islam Terpadu Lembaga Pendidikan Karakter Terbaik Saat Ini
Pendidikan karakter berfungsi sebagai pembentuk perilaku seorang anak  sehingga mereka menjadi pribadi yang berakhlak mulia sehingga dalam masyarakat akan menjadi manusia yang menebarkan manfaat bagi yang lainnya.
Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan kepada anak sejak dini, karena pendidikan karakter berperan besar pada pembangunan masa depannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fungsi pendidikan karakter bagi perkembangan anak, yaitu:
  1. Potensi diri anak berkembang sehingga menjadikannya pribadi yang baik.
  2. Membangun sikap toleran dalam msyarakat yang majemuk.
  3. Membangun peradaban bangsa sehingga mampu bersaing dalam dunia internasional.
Seperti diketahui bersama arus globalisasi yang terus mengalir berdampak pada karakter masyarakat yang juga cenderung mengalami perubahan. Dalam keadaan seperti ini, krisis moral akan melanda msyarakat sehingga perilaku negatif dan penyimpangan sosial akan terjadi dimana-mana, Seperti minuman keras, pergaulan berbas, pencurian, dan yang lainnya. 
Untuk menghadapi kondisi masyarakat tersebut, maka sejak dini pendidikan karakter sudah seharunya ditanamkan kepada mereka pada setiap lembaga pendidikan yaitu lembaga pendidikan informal yaitu di rumah tangga, Lembaga pendidikan non formal yaitu masyarakat, dan lembaga pendidikan formal yaitu sekolah.

Sekolah Islam Terpadu Lembaga Pendidikan Karakter Terbaik Saat Ini

Seperti dijelaskan sebelumnya akan pentingnya pendidikan karakter sejak dini pada setiap lembaga pendidikan, terutama pada lingkungan pendidikan formal. Maka dalam artikel ini dijelaskan salah satu lembaga formal sebagai pilihan terbaik bagi orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter kepada anaknya secara formal, yaitu Sekolah Islam Terpadu.

Apa Itu Sekolah Islam Terpadu?

Sekolah Islam Terpadu adalah lembaga pendidikan formal pada setiap jenjang yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam kurikulum pembelajarannya. Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan harus dirumuskan dengan nilai agama sebagai penyeimbang dan pengarah.
Pada prinsipnya, Sekolah Islam Terpadu menerapkan konsep pendidikan islam dimana Al-Qur’an dan Hadis sebagai landasannya. Makna terpadu pada konsep pendidikan ini, bahwa dalam islam tidak diajarkan sesuatu secara parsial dan terpisah-pisah, akan tetapi islam mengajarkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan termasuk di dalamnya penerapan sistem pendidikan harus berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah. Dengan demikian, dalam pelaksanaan kurikulum Nasional ditambah dengan nilai-nilai ajaran islam.
Pendidikan karakter berlandaskan agama pada sekolah islam terpadu menjadi prioritas utama untuk dikembangkan pada diri anak. Seperti kejujuran, Bertanggungjawab, Mandiri, Cinta Lingkungan, dan lain sebagainya sudah dikenalkan dan diterapkan serta dilakukan pengawasan dan evaluasi secara terencana dan terukur sehingga nilai-nilai karakter tersebut membuadaya.

Kuirkulum Sekolah Islam Terpadu

Pada Sekolah Islam Terpadu tidak dikenal istilah dikotomi pendidikan yang memisahkan antara ilmu umum dengan agama, Sekolah Islam Terpadu mengkombinasikan kedua konsep pendidikan tersebut menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh, Pelajaran matematika diintegrasikan dengan kewajiban berzakat bagi seorang muslim. Anak dapat memahami matematika lewat perhitungan zakat sementara itu mereka paham akan kewajiban berzakat.
Selain kurikulumnya yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam, Sekolah Islam Terpadu juga mengintegrasikan metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan terkait pemahaman anak, sikap, dan keterampilannya. Metode pembelajaran yang diterapkan memacu otak anak untuk memahami pembelajaran seiring dengan penanaman rasa kesadaran.
Selain itu, Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan Aqliah, Ruhiah, dan Jasadiah. Hal tersebut berarti bahwa Sekolah Islam Terpadu berupaya untuk menciptakan generasi yang cerdas secara inteltual, memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat, serta menciptakan masnusia yang kuat secara fisik sehingga mereka terampil dan bermanfaat bagi lingkungannya.
Sekolah Islam Terpadu juga memadukan semua lingkungan pendidikan secara aktif yaitu sekolah dengan masyarakat, masyarakat dengan rumah, dan sekolah dengan rumah. Dengan keterpaduan tersebut, tercipta singkronisasi antara sekolah, rumah, dan masyarakat.



Dari semua keunggulan Sekolah Islam Terpadu tersebut di atas, maka dapat dikatan bahwa Sekolah Islam Terpadu merupakan solusi terbaik dalam pengembangan pendidikan karakter saat ini. Nilai-nilai religius yang dientgrasikan pada setiap aktifitas merupakan sumber pendidikan karakter yang akan membudaya pada diri anak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar