Skip to main content

Pengertian Al Quran Secara Umum dan Menurut Para Ulama

Pengertian al quran adalah pemahaman teoritis tentang kitab suci umat muslim sebagai sumber hukum dalam beramal. Allah swt telah menurunkan al quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para Nabi dan Rasul sebagai petunjuk bagi manusia secara keseluruhan. Tidak satupun yang dapat menandingi al quran karena merupakan firman Allah SWT bukan karya manusia. Nabi Muhammad SAW menerima al quran melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur berdasarkan kejadian ketika itu. 

Untuk memahami dengan lebih jelas tentang apa itu al quran, maka pada artikel ini akan dijelaskan pengertian Al-Quran secara umum dan menurut pendapat para ulama.

Pengertian Al-Quran Secara Umum

Secara umum, pengertian Al quran dapat dipahami pada dua aspek, yaitu dari segi bahasa dan istilah. Berikut penjelasan menyangkut pengertian al quran secara umum dilihat dari kedua aspek tersebut.

Pengertian al quran Secara Bahasa

al quran secara bahasa berasal dari kata Qara’a, Yaqrau, dan Qurana yang arinya bacaan. Kata tersebut merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. al quran dikatakan sebagai bacaan, karena dalam prakteknya al quran dibaca secara berulang-ulang.
Baca Juga : Fungsi Al Quran dan Kedudukannya
Sejak pertama kali al quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, diawali dengan surah Al-Alaq ayat 1-5 yang menununjukkan betapa pentingnya membaca dan belajar sekaligus menandakan bahwa al quran adalah bacaan yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian al quran Secara Istilah 

Secara istilah, pengertian al quran adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan mailakat Jibril yang secara mutawatir atau bersambung periwayatannya serta membacanya adalah ibadah sekaligus sebagai mukjizat bagi Nabi yang dimulai dari surah Al-Fatihah dan ditutup oleh surah An-Nas.

Selain sebagai ibadah bagi seorang muslim yang membacanya, al quran juga merupakan petunjuk bagi manusia secara keseluruhan. al quran memuat beberapa prinsip-prinsip hidup yang bisa menuntun manusia kepada tujuan hidupnya yaitu kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dengan demikian, dari penjelasan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan pengertian al quran secara umum, yaitu firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi manusia dan membacanya adalah ibadah sekaligus sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang diawali oleh surah Al-Fatihah dan diakhri oleh surah An-Nas.

Pengertian Al-Quran Menurut Para Ulama

Setelah memahami pengertian al quran secara umum, selanjutnya akan dijelaskan pengertian Al-Quran menurut pendapat para ulama, diantaranya sebagai berikut:

Pengertian al quran menurut ulama yaitu Muhammad Ali ash-Shabuni, bahwa al quran adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai penutup Nabi-Nabi yang tidak tertandingi melaui malaikat Jibril yang ditulis dalam mushaf dan penyampaiannya secara mutawatir sampai pada kita dimana mempelajari dan membacanya bernilai ibadah yang permulaannya surah Al-Fatihah dan Penutupnya surah An-Nas.

Sementara itu, Pengertian al quran menurut ulama yang lain yaitu pendapat dari Subhi As-Salih. Beliau menjelaskan pengertian al quran sebagai Kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad yang ditulis dalam bentuk mushaf, periwayatannya secara mutawatir, membacanya sebagai ibadah, dan sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW.

Pengertian al quran menurut ulama selanjutnya adalah Syekh Muhammad Khudari Beik. Menurut beliau, al quran adalah firman Allah SWT yang diturunkan dalam bahasa Arab kepada Nabi Muhammad SAW untuk dimengerti yang disampaikan kepada kita secara mutawatir dalam bentuk mushaf yang dimulai dari surah Al-Fatihah dan Surah An-Nas sebagai akhirnya.
Baca Juga : Pengertian Al-Qur'an dan Fungsinya
Dari beberapa penjelasan tersebut di atas, baik pengertian al quran secara umum maupun pengertian al quran menurut  para ulama, maka dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan al quran harus memiliki sifat-sifat tertentu, yaitu:
  • al quran adalah Firman Allah SWT
  • Diturunkan hanya kepada Nabi Muhammad SAW
  • Merupakan mukjizat
  • Diriwayatkan secara mutawatir
  • Merupakan kitab yang tidak tertandingi
  • al quran adalah sesuatu yang bernilai ibadah jika dibaca dan dipelajari
  • Dimulai dari surah Al-Fatihah dan diakhri dengan surah An-Nas.
Demikian penjelasan tentang pengertian al quran secara umum dan menurut para ulama sebagai referensi bagi kita dalam memahami al quran secara jelas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar