--> Skip to main content

Konsep Dasar Pendidikan Islam: Pengertian dan Tujuannya

Pendidikan Islam segala usaha yang dilakukan untuk mengembangkan pribadi dan potensi anak didik baik potensi akal, rasa, dan perilakunya agar kehidupannya lebih dinamis berdasarkan nilai-nilai kehidupan yang mulia.

A. Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikan islam adalah segala upaya yang dilakukan secara sadar untuk membimbing peserta didik berdasarkan nilai-nilai islam baik yang berkaitan dengan jasmani maupun rohani agar kepribadian muslim dapat terbentuk.
Konsep Dasar Pendidikan Islam



Pendidikan Islam merupakan sistem yang dapat mengarahkan kehidupan peserta didik berdasarkan ideologi islam.

Pendidikan Islam adalah segala tindakan yang dilakukan untuk mengaktualisasikan perilaku yang baik sesuai dengan kemuliaan sifat manusia yang telah Allah anugerahkan kepadanya yang dilakukan semata-mata karena Allah swt. 
Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai pendidikan berdasarkan ajaran Islam. Dalam artian, bahwa pendidikan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai fundamental yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadis sebagai sumber utamanya. 
Pendidikan Islam adalah kegiatan membing dan mengasuh peserta didik sehingga dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam secara keseluruhan serta menjadikannya sebagai pandangan hidup untuk keselamatan dan kebahagiaan dirinya baik di dunia maupun diakhirat.
Pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang mampu memberikan tuntunan bagi seseorang untuk memimpin kehidupannya berdasarkan nilai-nilai Islam sehingga memberikan warna bagi kehidupannya. Seorang muslim yang telah memahami Pendidikan Islam harus mampu hidup dalam kedamaian seperti yang dicita-citakan Islam. 

B. Tujuan Pendidikan Islam

Tujuan merupakan sesuatu yang diharapkan tercapai setelah melakukan berbagai usaha untuk mencapainya. Pendidikan islam pastinya memiliki tujuan yang ingin dicapai agar kehidupan manusia senantiasa terarah pada jalur yang benar. Adapun tujuan pendidikan islam yang dimaksud yaitu: 

1.  Petunjuk bagi manusia

Pendidikan Islam memberi pemahaman bagi manusia manusia agar bisa melaksanakan tugasnya sebagai khalifah atau wakil Allah dimuka bumi dengan baik sesuai dengan kehendak Allah swt. 

2.  Menyadarkan manusia akan fungsinya sebagai khalifah

Tujuan pendidikan islam selanjutnya adalah menyadarkan manusia akan fungsinya sebagai khalifah. bahwa manusia harus senantiasa menyadari akan perbuatannya sebagai khalifah harus didasarkan pada prinsip dan niat ibadah karena Allah swt.

3. Mengarahkan umat manusia

Pendidikan Islam mengarahkan manusia agar senantiasa berperilaku mulia dalam segala sisi kehidupannya baik dalam bergaul dengan sesame manusia maupun dengan ciptaan Allah yang lainnya.

4.  Mengembangkan potensi manusia

Pendidikan Islam bertujuan mengembangan potensi yang dimiliki manusia baik jiwa, raga dan akal untuk menyokong fungsinya sebagai khalifah di muka bumi.
Dari beberapa tujuan pendidikan islam yang telah disebutkan di atas, secara sistematis, tujuan pendidikan islam dapat dirumuskan sebagai berikut: 
  1. Manusia akademik yang beriman dan bertaqwa dapat terwujud.
  2. Akhlakul karimah dapat terwujud sebagai manusia yang sempurna.
  3. Kepribadian muslim dapat terwujud.
  4. Lahirnya manusia cerdas secara agama dan ilmu pengetahuan.
  5. Bermanfaat untuk kehidupan orang lain.
  6. Terwujudnya manusia sehat baik jasmani maupun rohani.
  7. Terwujudnya karakter muslim  pendidik.
Uraian tersebut di atas, menjelaskan bahwa pendidikan semestinya berorientasi pada tujuan dan bukan  semata-mata karena materi yang ingin dicapai. Dengan demikian, pendidikan Islam sebagai salah satu komponen pendidikan harus dirumuskan sebelumnya  kemudian komponen pendidikan yang lain dirumuskan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar