Skip to main content

Panduan Dasar Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Bagi kalian yang ingin ternak bebek atau hanya ingin memahami informasinya kali ini akan dijelaskan tentang ternak bebek petelur. Seiring dengan kebutuhan pasar yang semakin meluas, semakin banyak yang menggeluti ternak bebek saat ini, baik itu ternak bebek petelur maupun ternak bebek pedaging.
Meskipun peternak bebek petelur jumlahnya semakin bertambah saat ini, akan tetapi setiap hari permintaan pasar selalu meningkat yang menyebabkan supply telur di pasaran belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, akibatnya harga telur yang semakin naik.
Berbeda dengan ayam petelur, bebek petelur adalah bebek betina dewasa yang dapat menghasilkan telur. Telur yang dihasilkan jumlahnya banyak dan secara terus-menerus, dengan begitu bebek jenis petelur ini bisa di budi daya kan untuk di manfaatkan telur nya untuk dijual.
Bebek Petelur

Mengolah masakan berbahan telur juga sangat populer di masyarakat, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan elit pun juga mengkonsumsi nya karena sangat banyak varian nya. Selain itu, telur mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi yang bisa bermanfaat bagi tubuh manusia.

Cara Ternak Bebek Petelur

Buat kalian yang berminat untuk ternak bebek petelur, masih mempunyai peluang di pasaran yang tetap besar untuk memulai usaha di bidang ini. Akan tetapi jika kalian berniat untuk ternak bebek petelur, kalian harus tahu cara-cara yang baik dan benar, supaya ternak bebek petelur memperoleh hasil yang maksimal dan tidak merugi.
Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian ketahui untuk diperhatikan dan dipersiapkan tentang ternak bebek petelur.

Persiapan Kandang Ternak Bebek Petelur

Langkah pertama sebelum memulai usaha ternak bebek petelur adalah harus membuat atau mempersiapkan kandangnya, lokasi kandang harus diperhatikan. Agar tidak menimbulkan masalah untuk kedepannya, usahakan lokasi kandang jauh dari permukiman warga agar bau yang timbul dari kotoran bebek tidak mengganggu warga.
Selain itu lokasi yang jauh dari keramaian juga bisa mengurangi resiko stress pada bebek yang di ternak, serta mencegah penyebaran wabah penyakit terhadap manusia apabila timbul penyakit pada ternak bebek petelur. Akan tetapi meskipun jauh dari pemukiman warga atau keramaian lokasi dapat di jangkau alat transportasi, untuk memudahkan operasioanal ternak bebek petelur.
Dalam usaha ternak, modal cukup besar untuk membuat kandang. Semakin baik bahan yang digunakan untuk membuat kandang bebek modern, maka modal juga semakin besar. Karena, kandang dengan bahan yang baik dapat mencapai seumur hidup hingga 10 tahun. Cara membuat kandang bebek dari bambu cukup mudah dan murah. Namun, kandang Bebek dengan bahan bambu modern hanya dapat digunakan hingga 5 tahun.
Contoh kandang bebek bertelur yang baik yang memenuhi beberapa persyaratan, yang mencakup lokasi yang jauh dari keramaian atau kebisingan, transportasi mudah, mudah untuk menemukan air dan aman dari gangguan hewan liar. Untuk kandang bebek ukuran 100 ekor harus disesuaikan dengan besar kecilnya bebek serta kondisi tanah yang digunakan. 

Jenis Kandang  Untuk Ternak Bebek Petelur

Berikut merupakan jenis kandang bebek petelur yang perlu kalian ketahui.

1. Kandang Boks

Di kandang dari kotak anak, usia 1-30 hari dapat ditempatkan di kandang berbentuk kotak ini. Kandang ini dibuat menggunakan bambu dengan lantai dari kawat kasa atau dari anyaman bambu dengan jarak anyaman 1-1,5 cm, dengan jarak yang tidak terlalu lebar ini akan membuat kotoran bebek langsung jatuh ke bawah dan tidak akan membuat kaki bebek menjadi terperangai.
Untuk kandang ini tidak perlu diberi tempat pakan, cukup pakan menyebar di kandang. Sebelum digunakan untuk menyebarkan pakan tikar di kandang dilapisi dengan karung atau kain sehingga pakan bebek tidak jatuh ke bawah.

2. Kandang Bebek Panggung

Kandang bebek tahap cukup baik untuk memberi makan bebek, karena kandang cenderung tetap kering sehingga risiko penyakit lebih kecil. Namun, Selain itu tahap kandang bebek juga memiliki kelemahan yaitu bebek kekurangan mineral yang biasanya diperoleh dari tanah. 

3. Kandang Bebes Sistem Baterai

Jenis kandang hampir sama dengan kandang baterai untuk peletakan bebek setiap kandang. Kandang baterai dikumpulkan di satu tempat dan kemudian diberi atap dan dinding diberi pagar dengan anyaman bambu atau kawat. Pembuatan kandang ini dibuat menggunakan partisi – partisi dan setiap Tile hanya berisi bebek. Di lantai kandang sedikit miring sehingga telur baru keluar dari Bebek rindu dapat langsung digulung ke tempat penampungan di depan atau belakang.

4. Kandang Koloni Postal

Jenis pos kandang semua bagian ditutup Rapat tidak ada ruang terbuka yang dapat dipakai bebek untuk bermain. Kandang ini dibuat dengan partisi-partisi di mana partisi ditempati oleh bebek dari berbagai usia. Lantai kandang berupa semen, tandu atau bilah bambu atau kayu.

5. Kandang Ren

Kandang adalah kandang yang terdiri dari tempat beratap dan beberapa tempat terdiri dari tempat yang tidak beratap pada bentuknya dan hanya dikelilingi oleh pagar. Bentuk kandang ini cocok diaplikasikan untuk bebek dewasa. Di dalam bagian beratap biasanya diblokir-sebuah partisi lagi untuk membagi bebek oleh kelompok usia.
Di dalam kandang yang ditutupi oleh atap yang digunakan untuk tidur dan bertelur, pembuatan kandang lantai kandang perlu diberikan sekam, jerami atau bahan lunak lainnya.

6. Kandang Sistem Kering

Kandang bebek petelur sistem kering adalah salah satu jenis kandang yang banyak digunakan di daerah perkotaan. Hal ini menyesuaikan kondisi lokasi yang tidak terlalu jauh dari pemukiman sehingga tidak menyebabkan polusi bau akibat kotoran bebek.

Pemilihan Bibit Ternak Bebek Petelur

Sebelum memulai usaha ternak bebek petelur, kalian perlu memilih jenis bibit yang akan kalian pilih untuk diternakkan. Berikut empat jenis bibit bebebek petelur yang bisa kalian jadikan sebagai pilahan.

1. Bebek Petelur Mojosari

Produktivitas bebek petelur mojosari tidak perlu diragukan lagi. Bebek petelur Mojosari dapat mencapai 200-220 butir per ekor dalam setahun. Untuk telur juga ukurannya cukup besar dan bisa mencapai berat 65-70 gram/butir. Telur yang dihasilkan berwarna biru kehijauan sehingga sangat menarik untuk digunakan sebagai telur asin.
Masa produksi bebek petelur Mojosari adalah sekitar 11 bulan dalam setahun. Jadi sebagian besar hari ternak bebek Mojosari aktif bertelur. Bebek Mojosari sudah mulai bertelur pada usia 6 bulan.

2. Bebek Alabio

Bebek Alabio merupakan bebek petelur Superior. Habitat asli bebek Alabio berasal dari Kalimantan Selatan. Bebek memiliki bentuk segitiga postur, warna paruh kuning cerah. Untuk berat badan cukup tinggi berkisar dari 1,6 -1,8 kg per ekor.  Sementara produksi telur itik Alabio sekitar 220-250 butir/ekor di tahun. Untuk berat telur per item cukup besar sekitar 59-65 gram/butir. Warna telur putih adalah kehijuan. Alabio bebek termasuk Bebek dengan kategori dwibahasa yang meletakkan dan Broiler.

3. Bebek Cirebon 

Bebek Rambon termasuk bebek lokal yang merupakan Persilangan antara Bebek Tegal dengan Bebek Alabio. Peternak melakukan persilangan untuk mendapatkan bibit bebek Cirebon dengan berbagai keuntungan yaitu memiliki produktivitas telur tinggi. Jenis bebek ini banyak ditemui di Cirebon, Subang, Majalengka, Bekasi dan Banten. Telur yang dihasilkannya berwarna biru kehijauan. Berat bebek cirebon mencapai 1,2-1,4 kg per ekor.

4. Bebek Champbell Khaki

Bebek Khaki Champbell merupakan Persilangan antara bebek Jawa dan bebek Rouan dari Perancis. Bebek Roun di Eropa memiliki produktivitas tinggi telur sekitar 350 butir. Sementara itu, bebek Champebell khaki yang ada di Indonesia dapat menghasilkan 280 butir/ekor dalam setahun. 

5. Bebek Magelang

Bebek ini berasal dari Jawa Tengah yaitu secang. Bebek magelang mudah dikenali dari lehernya yaitu memiliki garis putih di sekitar leher seperti kalung. Begitu banyak yang menyebut bebek Magelang sebagai kalung bebek. Bebek Magelang mampu memproduksi 170 butir telur/ekor. Telur berat 69,5 gram/butir sehingga cukup besar. Bebek Magelang pada usia 8 minggu memiliki berat hampir 1,9 kg per ekor. 

Cara Memilih Bibit Bebek Petelur

Pilihlah bibit bebek petelur yang berkualitas bagus karena dapat mempengaruhi hasil produksi telur. Berikut beberapa cara memilih bibit bebek petelur.
1. Bibit bebek petelur harus sehat dan tidak cacat
2. Bulu bibit bebek petelur menutup rata
3. Pertumbuhan bibitnya normal
4. Bibit bebek petelur berasal dari indukan yang unggul, usahakan di peroleh dari penjual yang sudah terpercaya.
5. Anak bebek petelur di peroleh dihasilkan dari induk yg sehat
6. Bulu pada anakan menutup rata dan halus
7. Bibit bebek petelur tidak cacat
8. Memiliki nafsu makan yang baik
9. Ukuran tubuhnya normal
10. Beratnya ideal dan sesuai
11. Duburnya bersih dari fases atau kotoran
Itulah beberapa hal yang penting ketika memilih bibit untuk ternak bebek petelur yang perlu kalian perhatikan karena sangat berpengaruh pada hasil panen dan menghindari resiko kerugian saat ternak bebek petelur.

Pemberian Pakan Ternak Bebek Petelur

Saat ternak bebek petelur, kalian perlu memperhatikan pakan, karena ini sangat penting juga dalam ternak bebek, agar mendapatkan hasil produksi telur yang maksimal. Pakan yang diberikan harus berkualitas yaitu mempunyai unsur kandungan protein, karbohidrat, mineral, kalsium serta vitamin, Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Untuk pakan bebek ternak petelur yang biasa diberikan adalah konsentrat, dedak, dan jagung yang sudah digiling. Pakan diberikan setiap dua kali sehari saat pagi dan sore, dengan takaran yang pas, jangan sampai kurang, atau pun lebih karena bisa berdampak pada hasil produksi telur dan biaya pemeliharaan ternak bebek tersebut agar tidak membengkak.

Pemberian Nutrisi dan Vitamin Ternak Bebek Petelur

Sama seperti ternak ayam, pemberian nutrisi dan vitamin ini juga sangatlah perlu dilakukan pada bebek petelur, karena agar kebutuhan pada tubuh bebek tercukupi yang berpengaruh pada pertumbuhan bebek dan kualitas telur yang di hasilkan.
Nutrisi dan vitamin ini bisa berupa obat-obatan yang di campur kan dengan pakan bebek ternak, yang bisa membuat bebek lebih sehat dan lebih produktif untuk menghasilkan telur. Jangka waktu untuk memberikan vitamin dan nutrisi tambahan pada ternak nya bisa sampai 30 hari sekali. Atau malah lebih pendek tergantung dari tingkat keefektifan pada bebek  ternak dalam menghasilkan telur.

Pemberian Vaksinasi Ternak Bebek Petelur

Merawat kesehatan pada bebek petelur adalah dengan memberikan vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh bebek ternak. Dalam pemberian vaksinisasi sebaiknya di lakukan dengan para ahli agar pemberian vaksin lebih tepat.
Selalu periksa  kondisi bebek ternak tentang kesehatan nya, jika ada salah satu dari bebek yang kita miliki memiliki indikasi terkena serangan virus atau penyakit,. Segera pisahkan dahulu dari bebek lain nya. Hal ini untuk mencegah bebek yang lain nya agar tidak tertular penyakit. Inilah fungsi cahaya sinar matahari bisa untuk mencegah penyakit pada bebek, karena akan memberikan sistem metabolisme tubuh yang baik bagi bebek ternak.

Perawatan Kebersihan Lingkungan Ternak

Selain perawatan kesehatan pada bebek ternak yang harus diperhatikan, juga adalah perawatan kebersihan kandang. Ini juga sangat pentingnya karena bertujuan agar bebek ternak terhindar dari segala penyakit serta virus yang timbul dari kandang.
Kondisikan kandang selalu kering,  tidak ada genangan air dan harus segera dibersihkan jika ada kotoran yang menumpuk , bisa juga di semprot dengan desikfetan atau cuci kutu, agar kandang lebih steril.

Panen Ternak Bebek Petelur

Bebek petelur akan memulai produksi telur saat menginjak usia 4 bulan, dan akan menghasilkan telur setiap hari, sehingga kita bisa mengambil dan mengumpulkan nya setiap hari. Sebelum telur-telur yang di hasilkan bebek ternak tersebut di pasarkan, sebaik nya di sortir terlebih dahulu.
Dengan cara memisahkan telur yang mempunyai kualitas bagus dengan hasil telur yang abnormal. Ciri telur abnormal yaitu bentuknya lonjong atau gepeng dan ukuran nya lebih besar atau bisa lebih kecil. Jika telur yang mempunyai kualitas bagus sudah terkumpul, telur hasil ternak bisa di pasarkan langsung ke pasar atau pada tengkulak.

Itulah hal yang berkaitan dengan cara ternak bebek petelur yang kemungkinan berpengaruh besar, dan akan memberikan hasil panen yang maksimal serta meminimalisir kerugian saat beternak bebek petelur. Sehingga kalian mendapatkan keuntungan yang memuaskan seperti halnya orang yang ternak ayam joper dengan pendapatan yang cukup menggiurkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar