Skip to main content

Kategori Beasiswa Luar Negeri dan Persyaratannya

Kuliah di luar negeri merupakan kebanggaan tersendiri bagi anak bangsa selain reputasinya yang membanggakan yang pasti banyak pengalaman yang didapatkan di negara lain. Beasiswa merupakan salah satu cara untuk bisa kuliah di luar negeri meskupun hal tersebut bukanlah hal yang mudah tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Kategori Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa yang diberikan biasanya berlaku untuk program studi tingkat Master dengan durasi pendidikan selama 24 bulan sedangkan program beasiswa S3 akan diberikan maksimal 48 bulan. Untuk kategori beasiswa yang paling umum untuk belajar di luar negeri bisa anda lihat berikut ini.

Beasiswa Berdasarkan Prestasi 

Beasiswa kuliah ini umumnya diberikan kepada siswa dengan sejarah akademik yang luar biasa di tingkat studi sebelumnya. Persyaratan registrasi yang diperlukan bervariasi dari CPI hingga skor IELTS minimum. Selain itu, beasiswa berbasis prestasi juga terbuka untuk siswa dengan bakat dan minat khusus seperti olahraga, seni, dan sebagainya. Ini adalah alasan mengapa serangkaian kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan berbasis masyarakat juga dapat dipertimbangkan untuk menjadi penerima beasiswa berdasarkan prestasi.
Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa Berdasarkan Tujuan

Beberapa lembaga publik, pemerintah atau universitas di luar negeri memberikan beasiswa parsial kepada siswa internasional yang memenuhi persyaratan. Ada berbagai dukungan keuangan yang tersedia di negara tujuan. 

Beasiswa Berdasarkan latar belakang siswa

Jenis ini akan tergantung pada kriteria seperti profesi, usia, asal daerah, status ekonomi, tingkat studi terakhir, riwayat kesehatan, dll. Misalnya, perusahaan yang mempekerjakan Anda dapat memberikan sejumlah dana studi di luar negeri jika Anda menunjukkan potensi sebagai pemimpin muda yang cakap dalam profesi Anda. Peluang ini juga terbuka di kalangan pegawai negeri seperti Program Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Bidang studi khusus

Universitas, lembaga penelitian, dan bahkan perusahaan swasta sering menyediakan sejumlah dana studi untuk siswa yang berencana untuk melanjutkan kuliah di bidang studi tertentu. Ini berarti mereka akan mendanai atau menghilangkan sebagian biaya studi Anda sesuai dengan syarat dan ketentuan. Program semacam itu juga disebut beasiswa parsial  dan hibah serta terbuka untuk siswa yang berencana untuk mengejar jurusan atau program studi tertentu.
Jika Anda adalah warga negara Indonesia dan memerlukan beasiswa penuh untuk belajar di luar negeri, maka Anda dapat mencoba program Beasiswa LPDP yang disediakan oleh Kementerian Keuangan Indonesia.  Anda dapat mengajukan permohonan beasiswa secara langsung di setiap universitas di luar negeri atau mendaftar di penyedia beasiswa. 

Berdasarkan kebutuhan

Ini ditargetkan untuk siswa yang mampu secara akademis tetapi terbatas dalam hal keuangan. Salah satu contoh program berbasis kebutuhan yang tersedia adalah Beasiswa Afirmasi LPDP. Beasiswa dari Kementerian Keuangan Indonesia sepenuhnya mendukung dan mendanai siswa dari daerah berkembang di Indonesia untuk belajar di luar negeri. Harap dicatat bahwa pihak berwenang dapat meminta dokumen seperti penghasilan keluarga.

Beasiswa Untuk Para Atlet

Disediakan untuk olahragawan dan siswa terbaik yang berprestasi dalam olahraga, beasiswa ini dapat membantu membiayai studi Anda. Sebagai gantinya, Anda diminta untuk berkontribusi dengan berlatih secara disiplin dan mewakili universitas pada bidang olahraga.

Persyaratan Beasiswa Luar Negeri

Persiapkan semua persyaratan beberapa minggu sebelum program beasiswa S1 luar negeri ditutup. Setelah siap, kirim persyaratan segera ke penyelenggara lalu tunggu kabar baiknya. Adapun persyaratan yang harus anda penuhi jika berencana melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa yaitu:

a. Persyaratan Umum

Persyaratan Umum untuk Pendaftaran Beasiswa harus memenuhi persyaratan pendaftaran berikut:
1. Warga Negara Indonesia
2. Telah menyelesaikan program studi sebelumnya
3. Tidak sedang menempuh program studi baik di dalam negeri maupun di luar negeri
4. Lampirkan izin untuk berpartisipasi dalam seleksi
5. Lampirkan sertifikat kesehatan
6. Lampirkan surat rekomendasi
7. Memilih program studi dan Tujuan Pendidikan Tinggi
8. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan ketentuan
9. Memenuhi persyaratan bahasa sesuai dengan ketentuan
10. Lampirkan salinan ijazah sebagai pengganti persyaratan bahasa
11. Lampirkan rencana studi untuk program master
12. Menulis proposal studi untuk pelamar magister dan doktor.
13. Lampirkan Proposal Penelitian untuk pelamar program doktor

b. Persyaratan Khusus

Persyaratan Khusus untuk Pendaftaran Beasiswa luar negeri harus memenuhi persyaratan khusus berikut:
1. Bersedia menandatangani pernyataan
2. Memenuhi persyaratan batas usia pendaftar pada tanggal 31 Desember di tahun pendaftaran
3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan ketentuan
4. Memiliki LoA Tanpa Syarat dari institusi tersier
5. Memiliki sertifikat keterampilan bahasa Inggris yang valid dan masih berlaku
6. Pelamar Beasiswa harus menyelesaikan masa studi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Itulah kategori beasiswa luar negeri dan persyaratan yang harus dipenuhi jika anda benar-benar mengharapkan melanjutkan studi ke luar negeri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar