Skip to main content

Sejarah Nabi Isa : Kelahiran, Kerasulan, dan Wafatnya

Salah satu Nabi yang wajib diimani diantara 25 Nabi dalam Al-Qur’an yaitu Nabi Isa a.s. Nabi Isa a.s diutus oleh Allah swt khusus kepada Bani Israi. Kitab injil merupakan kitab yang diturunkan Allah swt kepada Nabi Isa a.s untuk menyampaikan dakwah. Sejara Nabi Isa a.s dijelaskan berikut.

Kelahiran Nabi Isa a.s

Nabi Isa a.s. dilahirkan pada tahun 1 masehi di wilayah Palestina dari Ibu yang bernama Maryam binti Imran. Nabi Isa a.s lahir tanpa Ayah, hal ini merupakan keistimewaan sekaligus kekuasaan Allah swt. Pada suatu hari, maryam sangat terkejut dan takut karena malaikat datang menghampirinya dan menyampaikan kabar tentang kelahirannya. 
Tidak lama kemudian, Maryam mengandung. Untuk menghindari ejekan orang, Marya meninggalkan Baitul Maqdis. Pada saatnya, lahirlah bayi yang dikandung maryam dengan selamat. Tempat lahirnya nabi Isa a.s bernama Betlehem. Maryam gembira karena bayinya lahir dengan selamat dan sehat sementara itu, Maryam juga merasa sedih karena orang orang pasti akan mencemooh bahwa anaknya lahir tanpa ayah.
Sejarah Nabi Isa

Kemudian, Maryam membawa bayinya pulang. Melihat Maryam membawa Bayi, Mereka menanyakan tentang bayi tersebut. Untuk menghadapi pertanyaan dan ejekan dari keluarga dan orang-orang sekitar, Maryam hanya diam tidak menjawab, ia hanya menunjuk bayinya, memberi isyarat agar menanyakan hal itu kepada bayinya. Mereka merasa dipermainkan oleh Maryam, Bagaimana mungkin kami disuruh bertanya kepada bayi yang baru lahir? kata mereka. Alangkah terkejutnya mereka, ketika bayi mungil itu berbicara dengan suara lantang dengan jelas, Aku Nabi memberikan keberkahan di mana aku berada. Allah swt. mewajibkan agar aku mengerjakan salat dan membiarkan berbuat baik kepada orang tua atau tidak menjadikan aku kasar dan kejam.

Masa Kerasulan Nabi Isa a.s

Nabi Isa diangkat oleh Allah menjadi Rasul pada usia 30 tahun memimpin kaum Bani Israil. Kaum Bani Israil banyak mengubah susunan Kitab Taurat sehingga kitab taurat sudah tidak murni lagi. Banyak syariah dirubah dan diganti dengan syariah yang menurut kemauan mereka sendiri. Jika ada syariat di dalam Taurat itu bertentangan dengan perbuatan mereka yang tidak baik lalu diubah Syariah itu. Demikian kebiasaan orang-orang Bani Israil pada zaman nabi-nabi terdahulu. Allah swt menurunkan kitab Injil kepada Nabi Isa a.s. injil artinya kabar yang baik. Injil  berisi ajaran untuk mentauhidkan Allah dan juga memberi kabar akan datangnya Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad saw. Setelah diangkat menjadi rasul, Nabi Isa a.s mulai berdakwah menyebarkan agama Allah, namun sedikit sekali bangsa Yahudi yang mempercayainya. Untuk meyakinkan orang-orang kafir dan sebagai bukti kenabian, Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Isa a.s..
Beberapa mukjizat Nabi Isa a.s yaitu antara lain dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal, menyembuhkan penyakit kusta, membuat burung dari tanah, mengetahui keadaan orang lain dan lain sebagainya. Akan tetapi, orang-orang Yahudi tidak mau percaya akan kerasulan Nabi Isa a.s dan merasa iri hati, karena mukjizat Nabi Isa a.s melebihi keahlian mereka. Nabi Isa a.s dituduh pengkhianat yang telah memecah belah umat Yahudi.

Wafatnya Nabi Isa a.s

Pada suatu hari bisa mendengar bahwa dirinya akan dibunuh. Nabi Isa keudian mengamankan diri di sebuah rumah yang sunyi dan aman. Akan tetapi seorang pengikut Nabi Isa a.s yang bernama Yudas Iskariot berkhianat. Yudas memberitahukan tempat persembunyian Nabi Isa kepada raja Yahudi yaitu Pontius Pilatus. Tentu saja orang-orang Yahudi yang akan membunuh nabi Isa langsung menuju tempat persembunyian tersebut. Yudas Iskariot yang lebih dahulu masuk. Kemudian Allah  swt menunjukkan kekuasaannya, wajah Yudas iskariot diubah seperti wajah nabi Isa a.s. Begitu melihat Yudas Iskariot, yang wajahnya telah diubah menyerupai wajah Nabi Isa a.s, orang-orang Yahudi segera menangkapnya. Akhirnya Yudas Iskariot dibunuh di bukit Golgota, sementara Nabi Isa a.s diselamatkan oleh Allah swt dan diangkat ke langit.

Demikianlah penjelasan tentang sejarah Nabi Isa terkait kelahiran, kerasulan, dan wafatnya. Sebagai referensi dalam memahami lebih dalam terkait kisah Nabi Isa a.s.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar