Skip to main content

Pengertian Komunikasi Publik dan Metodenya

Komunikasi Publik merupakan gabungan dari dua kata yaitu publik dan komunikasi. Kata publik berasal dari bahasa Latin yaitu publikus yang berarti populasi massal. Kata komunikasi  digambarkan sebagai Penyampaian atau pertukaran informasi dengan berbicara, menulis, atau menggunakan media lain.

Pengertian Komunikasi Publik

Dalam istilah yang lebih luas, komunikasi publik diartikan sebagai komunikasi yang dilakukan dalam skala besar yang melibatkan sejumlah besar orang yang memenuhi syarat sebagai komunikasi publik seperti pidato yang disiarkan televise, siaran radio, kolom surat kabar, dan pidato di rapat umum. 
Komunikasi Publik

Ada juga yang mengunakan frasa komunikasi publik secara spesifik pada lingkaran media seperti bisnis, merek, politisi, dan sebagainya dengan mengirim pesan untuk memengaruhi pikiran publik dengan menggunakan komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam konteks ini, komunikasi publik sebagai alat strategis yang terdiri dari penggunaan berbagai media, pelepasan teks dan gambar yang dikuratori dan kampanye distribusi informasi yang komprehensif untuk menyampaikan pesan spesifik kepada audiens pada target tertentu. 
Komunikasi publik terkadang memiliki peran yang berbeda  yaitu sebagai iklan untuk mempopulerkan suatu produk untuk mendorong peningkatan penjualan dan keuntungan. Tujuan dari kampanye komunikasi publik adalah untuk menyampaikan informasi dari individu atau organisasi kepada masyarakat luas untuk membantu pihak tertentu dalam mendapatkan perhatian publik tanpa pembayaran langsung ke saluran media yang membagikan informasi tersebut. Motivasi di balik kampanye komunikasi publik sangat bervariasi dan sangat individual bagi pihak-pihak yang menerapkannya. Mereka umumnya berupaya untuk mempengaruhi opini para pemangku kepentingan seperti investor, mitra, pemangku kepentingan, masyarakat umum atau bahkan karyawan. 
Dari beberapa penjelasan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan pengertian komunikasi publik adalah komunikasi ide ke publik yang lebih luas dari kelompok organisasi atau personal melalui metode  tertentu untuk membagikan informasi baru terkait program, gagasan, atau propaganda kepada publik. 

Metode Komunikasi Publik

Metode paling umum yang biasa dilakukan dalam kampanye komunikasi publik untuk menjangkau masyarakat luas yaitu : 
Konferensi
Pernyataan publik
Siaran Pers
Praktek komunikasi karyawan
Penghubung pers
Acara, upacara dan peringatan
Kampanye komunikasi publik untuk menjual produk atau layanan bertujuan untuk mempromosikan ideologi atau keputusan tertentu atau bahkan etos perusahaan secara keseluruhan dan tanpa menggunakan alat pemasaran dan periklanan konvensional. Ini adalah upaya untuk mendapatkan cakupan dan validasi yang tidak biasa dan kredibel serta berfungsi di luar individu perusahaan yang menjalankan operasi komunikasi tersebut. Tim hubungan masyarakat memastikan bahwa saluran komunikasi dengan pemangku kepentingan dan pihak yang berkepentingan selalu terbuka dan klien mereka memegang posisi yang menguntungkan di mata publik. Hal tersebut pada dasarnya merupakan pembentukan citra atau kesan tertentu dalam benak masyarakat.
Saat ini dengan kemajuan teknologi dan perkembangan saluran komunikasi yang begitu pesat, metode komunikasi publik yang memanfaatkan saluran media dilakukan oleh personel hubungan masyarakat untuk mendistribusikan komunikasi publik melalui media berikut:
Radio
Televisi
Media cetak yaitu koran dan majalah
Situs web
Media sosial
Komunikasi publik merupakan komunikasi antara orang-orang secara bersama terkait penerimaan dan pertukaran pesan, ide, dan pendapat. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, media komunikasi juga mengalami perubahan yang cukup signifikan.  Demikian juga opini publik, kebijakan dan ide berkembang seiring dengan perubahan sikap dan opini masyarakat. Namun pertukaran atau transaksi gagasan tetap konstan. Orang merespons dan bereaksi dalam kelompok publik, sehingga berkontribusi dan membentuk wacana publik. Misalnya, pertukaran ide publik setelah pidato politik kemungkinan besar akan menjadi cerminan dari berbagai pandangan politik. Wacana publik mungkin positif sesuai dengan pidato atau dapat pindah ke wilayah negatif karena anggota audiensi yang tidak setuju juga berbagi posisi mereka.
Tejadinya komunikasi publik saat adanya keterlibatan melalui dialog di ruang publik antara individu dan kelompok dalam menyampaikan pesan kepada audiens seperti berbicara di depan umum, editorial surat kabar, papan iklan dan sebagainya.
Publik dalam teori komunikasi mengacu pada bagaimana kita sebagai pendengar, konsumen, dan khalayak berperan dalam menentukan sejauh mana orang lain akan mempengaruhi kita. Metode komunikasi publik yang harus dipahami terkait dengan audiens terkait: 
Analisis audiens
Efektivitas bicara
Integritas pembicara
Kredibilitas
Karakter
Sebagai contoh Patrick Stewart mungkin salah satu suara yang paling dikenal dan beragam dari satu generasi. Dari pekerjaannya bersama Royal Shakespeare Company, dimana perannya yang lama sebagai Kapten Picard di Star Trek The Next Generation, hingga perannya yang kurang dikenal dalam pertunjukan animasi komedi, Family Guy dan American Dad. Tetapi karena interpretasinya tentang karya-karya Shakespeare tidak ada duanya. Shakespeare sendiri mungkin sulit untuk dipahami, tetapi Stewart memiliki cara untuk mengeluarkan kredibilitas, karakter, integritas, efektivitas, dan pemahaman tentang analisis kata-kata penulis naskah hebat. Itulah salah satu contoh pemahaman metode komunikasi publik yang disajikan kepada audiens tentang kedalaman dan pemahaman sebagai seorang aktor dan memberi kita contoh hebat tentang kekuatan komunikasi publik
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar